10 Fakta-Fakta Unik dan Menarik Seputar Aikido, Bela Diri Asal Jepang

  1. Aikido diciptakan oleh Morihei Ueshiba (Julukannya ialah “O sensei” atau Guru Besar dalam ilmu ini) antara dekade 1930 dan 1960, dimana sang master mempelajari seni bela diri lainnya dan menyempurnakan aikido.
  2. Aikido terdiri dari tiga huruf kanji 合(ai) yang berarti bergabung, menyatukan, menyelaraskan, 気(ki) yang berarti jiwa , energi kehidupan
    道(dō) yang berarti jalan, cara.
  3. Salah satu pelopor gerakan ini yang sangat berpengaruh terhadap dunia adalah aktor Steven Seagle yang menggunkan seni bela diri ini dalam beberapa filmnya di dekade 90.
  4. Aikido diminati oleh semua gender baik pria maupun wanita karena aman dan tidak terlalu berat seperti kebanyakan bela diri.
  5. Bela diri Jepang ini tidak membutuhkan tenaga yang besar dikarenakan bela diri satu ini sifatnya solutif, dan menfokuskan pada teknik lepasan dan kuncian yang dapat dimanfaatkan untuk melumpuhkan lawan ketika diserang oleh lawan.
  6. Aikido tidak mengenal batasan usia dikarenakan latihan yang tidak begitu berat. Bela diri ini menekankan keharmonisan dan keselarasan antara energi ki (prana) individu dengan ki alam semesta. Bela diri ini juga cocok dengan lansia diatas 50 tahun karena mengedepankan keseimbangan, dengan arahan instruktur arau pelatih.
  7. Pada dasarnya, seni bela diri Jepang ini menekankan pada penguasaan teknik sehingga cedera yang terjadi dalam Aikido sangat minim, biasanya hanya sejauh terkilir akibat teknik yang salah atau salah jatuh. Namun, cedera dalam berlatih adalah hal yang wajar bagi setiap seni bela diri karena hal itu sebanding dengan pengalaman dan kekuatan yang kita dapat yang akan berguna ketika melawan orang yang menyerang.
  8. Aikido sudah jelas aman untuk kaum wanita karena tanpa teknik pukulan, tendangan atau sapuan kaki. Kalaupun ada latihan memukul, meninju atau menendang hanya dilakukan sebagai sarana berlatih teknik yang benar secara berpasangan karena prinsip utama Aikido ialah bertahan dan mengunci lawan dengan bai, bukan menyerang.
  9. Bagi kalian yang sedang mencari cara untuk menurunkan berat badan, aikido bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan dengan baik dan benar. Mengapa? Karena gerakan dalam Aikido sangat membutuhkan tenaga dan membakar lemak serta kalori di dalam tubuh. Jika kamu melakukan gerakan Aikido terus-menerus dengan stabil dua kali dalam seminggu, bukanlah hal yang mustahil berat badanmu akan berkurang signifikan.
  10. Walaupun digolongkan ke dalam olahraga beladiri, Aikido merupakan ssalah satu bela diri yang membutuhkan ketenangan dan konsentrasi yang tinggi untuk mengatur strategi dan teknik dalam menghadapi lawan yang menyerang.

Referensi: