Latihan rutin online Aikido 2020

Latihan rutin Aikido kembali dimulai sejak Tanggal 15 September 2020, diadakan bersamaan dengan dimulainya perkuliahan semester ganjil Binus University. 

Latihan ini juga menjadi latihan perdana bagi para anggota baru, yaitu Binusian 2024. (Selamat datang Binusian 2024! Selamat bergabung di Aikido Binus!) 

Latihan diadakan melalui Zoom secara rutin setiap hari Selasa & Kamis pukul 17:00  19:00 WIB. 

Latihan dipimpin oleh Citra Sensei dan dibantu oleh Dedi Senpai. 

Dikarenakan kondisi physical distancing, gerakan dan seni bela diri Aikido yang sebenarnya memerlukan dua orang (uke dan nage) tidak dapat diterapkan. Sehingga latihan online Aikido Binus untuk sekarang akan berfokus pada latihan pengembangan diri secara individual. 

Sesi latihan dimulai dengan sesi peregangan (stretching)Stretching dilakukan untuk menghindari kemungkinan cedera peserta latihan. 

Sesi berikutnya dilanjutkan dengan High Intensity Interval Training (HIIT), yaitu latihan cardio. Latihan dilakukan untuk menambah stamina, menguatkan core muscle peserta dan mempersiapkan tubuh mereka untuk latihan rutin saat kondisi sudah memungkinkan untuk latihan secara offline. 

Sesi berikutnya, peserta melakukan sesi body combat yang melatih bentuk pukulan dan tendangan peserta. Peserta diharapkan dapat mengenal dasar dari gerakan serangan melalui sesi ini dan dapat digunakan untuk meng-counter gerakan seperti ini di teknik penerapan Aikido. 

Sesi terakhir diakhiri dengan mokuso, atau pengaturan nafas dan refleksi diri, dimana peserta diminta untuk melatih tempo nafas dan merilekskan otot tubuh. 

Para peserta mengikuti latihan ini dengan antusiasme yang tinggi.