Aikido, Lembut tetapi Mematikan


Aikido dan kata mematikan, terdengar sangat aneh, bukan? Tapi taukah kalian bahwa aikido termasuk ke dalam 10 besar beladiri yang paling mematikan? Aikido berada diperingkat 6 dalam 10 beladiri yang paling mematikan, disusul oleh Wingchun, Karate, Keysi Fighting Method dan yang terakhir, Taekwondo.

Salah satu ‘anak’ dari Jiu jitsu ini merupakan seni bela diri yang unik karena memiliki filosofi atau prinsip bahwa jika seseorang menyerang maka itu berarti ia membuat pertahanan penyerang melemah, tetapi jika seseorang yang bertahan tidak menyerang, maka itu berarti pertahanan yang bertahan tidak akan pernah melemah. Menggabungkan seni bela diri pedang (kenjitsu), tombak (sojitsu) dan Jiu Jitsu, dan dipertimbangkan sebagai seni bela diri paling mematikan di dunia.

Ide dari seni bela diri ini adalah mengetahui pergerakan musuh dan menggunakan tenaga dari serangannya untuk dibalikkan kembali ke si musuh. Penyebab mengapa seni bela diri ini disebut sebagai salah satu seni bela diri paling mematikan adalah karena ia berusaha mengontrol persendian musuhnya yang berarti juga dapat mematahkan persendian tersebut.

Sumber :
http://www.tahupedia.com/content/show/144/10-Seni-Bela-Diri-Paling-Mematikan