Kehidupan Sehat dan Bersejahtera

Rutin Bela Diri Untuk Meningkatkan Kebugaran

 

Penulis: Reyner Wongso & Muhammad Zuhair Yuliansyah

 

Di zaman yang serba digital dan instan, masyarakat menjadi semakin jarang beraktivitas fisik. Jarangnya masyarakat dalam beraktivitas fisik inilah yang menyebabkan menurunnya kebugaran secara umum. Dapat dilihat bahwa di tahun 2018, 14% dari penduduk Indonesia memiliki kelebihan berat badan, dan sekitar 22% memiliki obesitas. Hal ini tentunya akan berdampak buruk bagi kehidupan sehat dan bersejahtera Indonesia. Oleh karena itu, masyarakat yang ingin menjadi lebih bugar akan melakukan berbagai macam olahraga seperti jogging, berenang, basket, dan bahkan bela diri.

Seni bela diri adalah usaha untuk mengatasi perlawanan sebagai bentuk pertahanan diri dengan menggunakan teknik tertentu. Selain menggunakan kekuatan di lengan dan kaki, jenis seni bela diri ini mempromosikan keselarasan antara gerakan tubuh dan ketenangan mental. Berbagai seni bela diri sering berlatih meditasi untuk menyelaraskan pikiran dan tubuh.

Beberapa seni bela diri yang paling populer termasuk Taekwondo, Kempo, Judo, Aikido, Kung Fu, Aikido dan Karate. Masing-masing menekankan bentuk seni dari disiplin itu sendiri, dan siswa seni bela diri ini memperoleh keanggunan, kekuatan, dan disiplin mental melalui latihan gerakan, langkah, pukulan, dan tendangan yang berulang-ulang.

 

Manfaat Bela Diri Untuk Kesehatan

Bela diri merupakan salah satu bentuk olahraga yang sangat bermanfaat. Selain membuat kita dapat melindungi diri sendiri dari berbagai macam serangan, ternyata rutin latihan bela diri juga memiliki manfaat bagi kebugaran.

Salah satu manfaat dari bela diri adalah menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan oleh tingginya intensitas gerakan-gerakan yang dilakukan, yang menyebabkan tubuh membakar lebih bakar kalori dari biasanya. Bela diri juga dapat menyeimbangkan nafsu makan, sehingga konsumsi kalori tubuh tidak terlalu tinggi atau rendah. Jika kalori yang digunakan melebihi kalori yang dikonsumsi tubuh, maka berat badan akan turun.

Dalam bela diri, tentu saja tubuh kita dipersiapkan untuk melakukan gerakan-gerakan yang sangat jarang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti tendangan, pukulan, tangkisan, dan masih banyak lagi. Supaya tubuh manusia dapat melakukan gerakan tersebut tanpa cedera, harus sering melatih kelenturan tubuh yang biasa dilakukan dengan stretching.

Manfaat lain dari bela diri adalah menjaga kesehatan jantung. Menekuni bela diri mengharuskan kita untuk bergerak secara cepat dengan kekuatan tinggi, yang mengakibatkan jantung kita berpacu secara cepat juga untuk menyalurkan darah ke seluruh tubuh. Pacu jantung yang cepat inilah yang lama kelamaan akan membuat jantung menjadi semakin sehat.

Bela diri juga dapat meningkatkan stamina kita dalam beraktivitas. Ketika tubuh kita mulai lelah dalam melatih bela diri secara rutin, lama kelamaan stamina kita akan menjadi semakin besar. Semakin besar stamina kita, semakin lama tubuh kita menjadi lelah akibat tekanan fisik.

Meningkatkan ketajaman refleks juga merupakan salah satu manfaat dari bela diri. Gerakan yang dilakukan secara berulang kali dipercaya dapat meningkatkan refleks seseorang. Antisipasi dan gerakan menghindar dari serangan lawan juga dapat meningkatkan refleks.

Dikarenakan bela diri memiliki berbagai macam manfaat seperti yang tercantum diatas, akan sangat dianjurkan bagi masyarakat yang ingin menjadi lebih sehat untuk menekuni bela diri. Tetapi, ada beberapa tips yang dapat dilakukan sebelum memulai olahraga bela diri yang harus dilakukan guna mencegah cedera, seperti melakukan pemanasan sebelum latihan bela diri setidaknya 15 menit, mengatur jeda waktu istirahat latihan dan juga minum air secara teratur.

Seni bela diri juga memiliki risiko cedera jika tidak memahami tekniknya, jadi ada baiknya jika bergabung dengan organisasi seni bela diri untuk mendapatkan nasihat dari pelatih yang berpengalaman. Gunakan juga keterampilan bela diri secara bertanggung jawab. Jangan menyalahgunakannya untuk menyakiti orang lain yang tidak bersalah.

Setelah mengetahui manfaat dan cara mempersiapkan diri untuk bela diri dengan baik, semoga kita dapat menerapkannya di kehidupan sehari-hari untuk mewujudkan kehidupan yang sehat dan bersejahtera.

 

 

Referensi

Adzani, Fadli. (2020, Oktober 7). Olahraga Bela Diri dan Manfaatnya untuk Kesehatan Fisik Maupun Mental. Retrieved from: https://www.sehatq.com/artikel/olahraga-bela-diri-dan-manfaatnya-untuk-kesehatan-fisik-maupun-mental

Juliawan, Adi. (2019, Oktober 19). Obesitas di Indonesia, Satu dekade Pertambahan Berat Badan. Retrieved from: https://gizikesehatan.ugm.ac.id/obesitas-di-indonesia-satu-dekade-pertambahan-berat-badan/

Wulandari, Larastining Retno. (2022, Agustus 9). 10 Olahraga Bela Diri yang Bisa ditemukan di Indonesia. Retrieved from: https://hellosehat.com/kebugaran/kardio/olahraga-bela-diri/

Reyner Wongso & Muhammad Zuhair Yuliansyah