5 Manfaat Berlatih Beladiri yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Belajar beladiri bukanlah hal yang merugikan. Banyak orang masih memiliki persepsi bahwa, berlatih beladiri itu berarti berlatih kekerasan. Alasanya yang tidak lain adalah, karena bela diri mengajarkan cara memukul, menendang, membanting bahkan mengunci lawan. Yang dimana, gerakan gerakan tersebut sangat identik dengan perkelahian.

Namun, jika kita lihat dari sudut pandang yang berbeda, bela diri memiliki banyak hal yang dapat kita pelajari. Tidak salah juga jika orang lain yang masih awam terhadap beladiri memiliki anggapan seperti itu. Apapun jenis beladiri yang ditekuni, baik beladiri rumit maupun praktis, semuanya memiliki banyak manfaat.

Berlatih beladiri juga bukan hanya untuk agar memiliki kemampuan untuk membela diri sendiri. Berlatih beladiri juga merupakan suatu proses tekun berlatih secara terus menerus untuk mencapai kesempurnaan teknik. Maka dari itu, berikut akan dibahas apa saja manfaat yang dapat dimiliki seseorang setelah berlatih beladiri.

  1. SEHAT

    Sudah pasti belajar beladiri dapat memberikan benefit yang satu ini. Belajar gerakkan beladiri sama saja dengan fitness. Kalori yang dikeluarkan cukup setara dengan olahraga olahraga lainya. Selain itu, berlatih beladiri juga membakar lemak. Jika anda menginginkan olahraga menyehatkan yang murah, maka salah satu pilihannya adalah berlatih beladiri. Anda bisa berlatih sendiri gerakan-gerakan dasar beladiri maupun berlatih jurus yang terdiri dari rangkaian gerakan.

  2. TEKUN

    Percaya atau tidak, beladiri sangatlah melatih ketekunan seseorang. Berlatih dan menguasai gerakkan dengan flow yang tepat bukanlah hal yang mudah. Kemampuan dalam menciptakan gerakan yang sedemikian rupa haruslah melewati proses yang cukup rumit dimana kita juga harus memahami timing gerakan secara baik dan benar. Maka dari itu, belajar beladiri dapat menciptakan ketekunun terhadap setiap pribadi yang mempelajarinya.

  3. DISIPLIN

    Selain meciptaka ketekunan, belajar beladiri juga melatih kedisiplinan anda. Hal ini karena salam berlatih beladiri diperlukan serangkaian latihan yang rutin dan terus menerus. Berlatih beladiri yang paling baik adalah berltih secara rutin dan terus menerus secara disiplin. Di sisi lain, kedisiplinan berlatih beladiri ini juga akan memberikan efek kedisiplinan dalam keseharian seorang praktisi beladiri.

  4. PERCAYA DIRI

    Berlatih beladiri memerlukan penguatan mentalitas pantang menyerah pada diri praktisinya. Bagaimana seseorang dapat membela diri apabila kepercayaan diri saja belum punya. Maka dari itu, percaya diri akan muncul seiring anda berlatih beladiri yang dimana, saat anda berlatih, tingkat kepercayaan diri andapun dilatih.

  5. PANTANG MENYERAH

    Seorang praktisi beladiri tidak akan menyerah begitu saja dalam menghadapi suatu masalahan. Hal ini dikarenakan, sebagai seorang praktisi beladiri, ia pasti sudah mengerti bahwa ketika diabelum menguasai sebuah teknik bela diri. Dan pastinya, dia memiliki keinginan untuk berlatih dan berlatih. Maka dari itu, dia akan terus berlatih mengulang teknik tersebut hingga sempurna.

Sumber:

Vinnie Octavianty