AIESEC

SDG Level Up 2021

AIESEC in BINUS

SDG Level Up

“Building a Career and Staying Competitive in Uncertain Times”

SDG Level Up merupakan kampanye AIESEC di BINUS yang bertujuan untuk memobilisasi pemuda menuju implementasi Sustainable Development Goals (SDGs). Berlangsung selama 20 hari di bulan Agustus, SDG Level Up memberikan platform bagi peserta muda bertindak terhadap SDG 8 (Pekerjaan yang Layak dan Pertumbuhan Ekonomi). Dengan itu, peserta akan menyebarkan kesadaran tentang SDG 8 kepada publik melalui kampanye media sosial, serta menghadiri sesi pembicaraan virtual melalui Zoom di mana pembicara berbagi wawasan dan pengalaman  untuk mempersiapkan kaum muda agar tetap relevan di era pandemi yang mengancam ekonomi dan karier. 

Rangkaian acara SDG Level Up dimulai dengan opening ceremony yang dibawakan oleh dua master of ceremonies dari AIESEC in BINUS. Opening ceremony juga dibuka oleh Organizing Committee President (OCP) SDG Level Up yakni Elizabeth Abigail Tjong. Acara pembukaan dilanjutkan dengan pengenalan MC yakni Grace dan Winie, kepada para peserta SDG Level Up yang kemudian para MC menjelaskan detail lebih lanjut mengenai acara yang akan diselenggarakan selama 20 hari ke depan. Acara pembukaan SDG Level Up berjalan dengan lancar dan dapat dihadiri oleh lebih dari 300 peserta di platform Zoom dan lebih dari 800 peserta di platform Youtube.

Kegiatan kedua yakni pada 9 Agustus 2021, SDG Level Up mengadakan sebuah Masterclass dari dua pembicara yang bergerak di bidang bisnis dan finansial yang bertemakan “Investing in Knowledge & Upgrading Skills”. Pembicara yang bergerak di bidang bisnis Joe Vianly dan yang bergerak di bidang finansial Axel Jeremy. Joe membahas berbagai macam seluk beluk tentang kepemilikan bisnis dan cara untuk tetap relevan di masa-masa sulit seperti pandemi saat ini.  Setelah Joe, Axel membawakan sesi tentang pentingnya meningkatkan skill networking kita sehingga dapat mencapai beberapa orang dengan berbagai macam bidang keahlian. Selain itu, beliau juga memberikan pentingnya kerja keras di masa-masa seperti sekarang ini. Kesimpulannya adalah, sesi Masterclass ini membahas tentang pengetahuan dan keterampilan yang sedang dicari dan dibutuhkan agar lebih kompetitif pada era digital.

Kegiatan ketiga yakni sesi Panel Discussion dengan tema “Career Opportunities in Entrepreneurship, Employment & Self-Employment” yang diselenggarakan pada tanggal 16 Agustus 2021. Sesi ini dibawakan oleh dua pembicara yakni Andika Ramadhan dan Axel Efraim. Pembicara pertama yakni Andika Ramadhan, merupakan Founder dari Clorismen; sebuah brand perawatan wajah untuk pria. Sedangkan pembicara kedua yaki Axel Efraim, merupakan konsultan finansial independen yang juga bekerja sebagai analis riset di TernakUang dan penasehat finansial di AXA Indonesia. Sesi ini diselenggarakan dengan format Live Q&A dimana para peserta dapat menanyakan pertanyaan mereka kepada kedua pembicara yang nanti akan menjawab pertanyaan sesuai dengan pengalaman yang telah mereka alami. Secara garis besar, kedua pembicara memberikan wawasan yang luas mengenai berbagai jenis jalur karir dan kesempatan yang disediakan masing-masingnya.

Selanjutnya, kegiatan keempat yakni sesi Workshop yang dibawakan oleh Gezah Al Banna, bertemakan “Personal Branding & Digital Presence“. Gezah Al Banna merupakan seorang Content Creator dan dosen di Polytechnic LP3I Jakarta. Sesi tersebut menyampaikan bagaimana peserta dapat membangun online image dan personal branding di berbagai media. Beliau menyampaikan bahwa sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik, sebuah pernyataan bahwa being unique adalah sesuatu yang harus kita capai. Ini juga berarti bahwa kita tidak harus membuat sebuah bisnis yang 100% orisinil, melainkan sebuah modifikasi yang sedikit berbeda dari bisnis lain.

Untuk menutup seluruh rangkaian acara SDG Level Up, pada hari terakhir yakni tanggal 20 Agustus 2021, diadakanlah Closing Ceremony atau upacara penutupan. Pada upacara penutupan, seluruh rangkaian cara tersebut dipandu oleh dua MC yakni Rafaela dan David. Para MC merekap seluruh rangkain acara SDG Level Up dengan memberikan penjelasan secara singkat apa yang telah para peserta dan berbagai macam elemen dari acara ini lakukan. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dimana para peserta dapat mengajukan berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan acara SDG Level Up yang akan dijawab oleh para MC dibantu oleh para komite di belakang layar. 

Selama acara SDG Level Up berlangsung, para peserta yang mendaftar pada acara memiliki opsi untuk melakukan SDG Campaign. SDG Campaign merupakan sebuah kampanye yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran pada masyarakat melalui webinar dan platform sosial media yakni Instagram. Para peserta SDG Campaign diminta untuk membuat beberapa video berdurasi pendek tentang bagaimana para pemuda dapat berkontribusi dalam mempersiapkan kaum muda dalam menghadapi dampak pandemi pada perubahan ekonomi dan karier. Tidak hanya video, para peserta dapat menjawab pertanyaan yang telah disediakan oleh komite SDG Level Up dalam bentuk Instagram story. 

Faiz Arsalan