Hadaka Matsuri

Bila kalian mendengar kata hadaka pasti bagi kalian yang mengerti artinya pasti akan terbesit hal tabu. Hal ini dikarenakan hadaka sendiri memiliki arti telanjang dalam Bahasa Jepang. Tetapi jangan khawatir karena hal tabu tersebut akan segera hilang. Meskipun artinya telanjang mereka tetap meggunakan pakaian dan ini merupakan acara tradisi mereka.

Kalian pasti bertanya-tanya apa sih hadaka matsuri itu? Hadaka matsuri adalah sebuah festival budaya Jepang yang dilakukan untuk memuja dan memohon kepada Dewa agar mendapatkan keberuntungan dan kesejahteraan sepanjang tahun. Hadaka matsuri ini biasanya dilakukan pada hari sabtu ketiga di bulan Februari ini dilakukan oleh 10.000 orang laki-laki.

Hadaka matsuri ini sudah berlangsung selama 500 tahun. Banyak asumsi dan awal mula festival ini mengatakan bahwa sudah ada sejak 1000 tahun yang lalu dan 300 tahun yang lalu. Awal mulanya festival ini agak kurang diketahui tetapi perkiraan yang paling mendekati adalah antara 300-500 tahun yang lalu.

Hadaka matsuri ini di lakukan 100% pesertanya adalah laki-laki dan tidak ada wanita. Karena bila ada wanita pasti bakal kacau karena hal itu semua pesertanya laki-laki. Tetapi dalam festival ini tetap memerlukan wanita karena untuk memainkan taiko (drum Jepang), dan mengiringi dengan lonceng dan yang paling penting para pemeran wanita menggunakan pakaian.

Kegiatan yang dilakuakan dalam festival ini di mulai dengan, melakukan arak-arakan sejenis mikoshi dari daerah yang di beri garis start hingga selesai di sebuah kuil Shinto yang telah ditetapkan. Setelah melakukan arak-arakan mereka melakukan upacara dan merebutkan sebuah stick atau batang yang dulunya kertas dan digatikan. Hal ini dikarenakan kertas gampang sobek dan akhirnya diganti.

Stick yang deperebutkan ini memiliki arti penting, yaitu stick ini merupakan omamori atau lucky charm. Barang siapa yang mendapatkannya akan mendapatkan kebahagiaan dan keberuntungan selama setahun karena stick tersebut sudah di berkati dan di doakan terlebih dahulu oleh pendeta sebelum dilemparkan. Kegiatan penting ini selalu dimulai dengan penceburan diri ke dalam air sebagai bentuk penyucian dan pembersihan tubuh mereka.

Mengingat Jepang adalah negara maju dengan budaya tradisional yang melekat kental di hati masyarakatnya, kita bisa menemukan banyak sekali festival di salah satu daerahnya salah satunya adalah hadaka matsuri ini.

Sekian artikel ini dan bila kalian berkunjung jangan melewatkan festival ini karena bisa menjadi pengalaman berharga kalian.

Sumber:

https://www.flickr.com/photos/acafe/15241007929/sizes/l

https://theculturetrip.com/asia/japan/articles/things-you-need-to-know-about-japans-naked-festival/

https://japanesestation.com/inilah-festival-telanjang-paling-terkenal-di-jepang/

http://www.satuharapan.com/read-detail/read/hadaka-matsuri-festival-telanjang-yang-unik-di-jepang/j-k-rowling-luncurkan-novel-terbaru-kriminal

Nama : Matthew Felix Tanjung

NIM : 2101632881