Sejarah Voli Pantai di Dunia

Sumber Gambar : http://www.solopos.com/2014/09/10/invitasi-bola-voli-pasir-pelajar-16-tim-putra-dan-putri-bersaing-perebutkan-juara-534657

 

Berdirinya voli pantai dimulai di pantai Waikiki di Hawai pada Outrigger Canoe Club sekitar tahun 1915. Outrigger Canoe Club didirikan pada tahun 1908 oleh sekelompok kecil pebisnis  dan komunitas profesional Honolulu. Misi awal klub ini adalah untuk membantu melestarikan olahraga tradisional Hawaii. Komite sejarah Outrigger Beach dan Canoe Club telah menghasilkan catatan tertulis, membenarkan bahwa voli pantai mulai ada pada awal tahun 1915. akun tersebut tertulis dari “Sejarah Lisan” wawancara pada tanggal 9 Juni, 1978. Pewawancara, Kenneth Pratt diwawancarai Ronald Higgins , anggota Outrigger Canoe Club asli.

Kemudian pada sekitar tahun 1920-an dibangun lapangan berpasir besar di sebuah kota yang bernama Santa Monica yang terletak di California. Jaring (net) mulai muncul disini, dan sejak saat itu bermunculanlah klub-club voli pantai yang bermain di lapangan berpasir baik dipantai ataupun bukan pantai. Kompetisi antar klub mulai dimainkan sekitar tahun 1924.

Sebagian besar pertandingan voli pantai pada awalnya dimainkan dengan 2 tim dari setidaknya enam pemain per sisi, seperti halnya pada voli indoor / bola voli biasa. Konsep permainan voli pantai dengan dua orang permainan pada voli pantai modern dikreditkan ke Paul “Pablo” Johnson, pemain dalam ruangan dari Santa Monica Athletic Club. Pada musim panas 1930, sambil menunggu pemain untuk muncul untuk enam orang permainan, Johnson memutuskan untuk mencoba bermain dengan hanya dua orang yang hadir. Sejak saat itulah permainan voli pantai berubah. Meskipun permainan rekreasi ini terus dimainkan dengan pemain yang lebih, versi yang paling banyak dimainkan dari permainan, dan satu-satunya yang diperebutkan pada tingkat elit, hanya memiliki dua pemain per team.

Voli pantai mulai muncul di eropa pada tahun 1930, kemudian pada tahun 1940-an voli pantai mulai dimainkan sebagai pertandingan / turnamen untuk memperebutkan piala yang diadakan di pantai Santa Monica. Kemudian pada tahun 1948, turnamen pertama yang menawarkan hadiah dilakukan di Los Angeles, California. Pada tahun 1960, upaya untuk membuat liga voli pantai profesional dilakukan di Santa Monica. Walaupun upaya tersebut gagal, namun pertandingan voli pantai profesional berhasil dilakukan di Perancis. Kemudian pertandingan terbuka Manhattan Beach pertama kali dilakukan pada tahun 1960.

Kemudian voli pantai semakin mendapatkan popularitas besar pada tahun 1960-an. Pada saat itu The Beatles mencoba bermain di Los Angeles dan Presiden Amerika John F Kennedy berkesempatan menyaksikan pertandingan voli pantai tersebut.

 

 

Pada tahun 1974 diadakan sebuah turnamen di dalam ruangan bertajuk “The $1500.00 World Indoor Two-Man Volleyball Championship” dan telah dimainkan didepan sekitar 4000 penonton antusias bola voli di arena olahraga San Diego. Tim Fred Zuelich dengan Dennis Hare berhasil mengalahkan Tim Ron Von Hagen dan Matt Gage pada pertandingan tersebut dan Winstone Cigarettes sebagai sponsor nya. Dan Dennis Hare kemudian menuliskan buku pertama mengenai voli pantai yang berjudul “The Art of Beach Volleyball”

Pertandingan profesional pertama voli pantai dimainkan pada acara Olympia World Championship of Beach Volleyball dalam rangka akhir pekan hari buruh pada tahun 1976, diselenggarakan di Will Roger State Beach, Pasific Palisades, California. Acara ini diselenggarakan oleh David Wilk dari Voli Magazine, yang berbasis di Santa Barbara. Pemenangnya, sebagai pemenang yang pertama “juara dunia”, yaitu Greg Lee dan Jim Menges. Mereka kemudian membagikan $ 2.500 dari total hadiah uang sebesar $ 5.000. Selanjutnya Voli Magazine kembali mengadakan pertandingan voli pantai pada tahun-tahun selanjutnya yang berjalan sukses.

Tahun 1980-an olahraga voli pantai mengalami peningkatan popularitas dengan munculnya para pemain profil tinggi seperti Sinjin Smith , Randy Stoklos , dan Karch Kiraly. Kiraly memenangkan medali emas pada pertandingan voli pantai dalam Olimpiade yang merupakan penampilan pertama Olimpiade pada tahun 1996, pada saat itu Kiraly menambahkan dua medali emas Olimpiade, ia sebagai bagian dari tim dalam ruangan pria USA , dan telah memenangkan 142 judul.

Lalu pada tahun 1987, Fédération Internationale de Volleyball (English: International Volleyball Federation) FIVB menciptakan Kejuaraan Voli Pantai Dunia. Kejuaraan pertama, bermain di Rio Janeiro, Brasil yang dimenangkan Oleh Sinjin Smith dan Randy Stoklos. FIVB mulai mengorganisir turnamen profesional di seluruh dunia, dan meletakkan dasar bagi olahraga debut nya Olimpiade di 1996.

Demikian artikel yang saya buat di atas tentang Sejarah Voli Pantai di Indonesia. Terima kasih sudah mau membaca tentang artikel kami UKM Volley Binus, tunggu artikel kami selanjutnya ya. Volley BINUS???!!!!! SAID!!!!!!!!

Sumber Penulisan : http://www.sakuilmu.net/2016/09/sejarah-voli-pantai-atau-voli-pasir.html