PRA-BPTI USPR 2024/2025 : CARDS (Circular Action, Reimagining, Development Strategies) – Proposal CSR Campaign
Kegiatan PRA-BPTI merupakan lomba CSR (Corporate Social Responsibility) yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa dari seluruh Indonesia berinovasi dan mencari solusi kreatif terkait permasalahan kemasan (packaging) produk yang dihasilkan oleh brand atau perusahaan. Lomba ini tidak hanya tentang kompetisi, tapi juga menjadi ajang bagi mahasiswa untuk menunjukkan ide-ide baru yang relevan dengan tantangan dunia industri saat ini. Diselenggarakan pada 11 Desember 2024, acara ini berhasil menjadi ruang kolaborasi antara inovasi mahasiswa dan kebutuhan nyata perusahaan dalam menciptakan solusi yang lebih berkelanjutan.
Tema yang diangkat dalam lomba ini adalah “Circular Action, Reimagining, and Development Strategies“. Tema ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan kemasan produk secara berkelanjutan. Dengan fokus pada konsep circular economy, CARDS bertujuan untuk mendorong perusahaan agar tidak hanya mengurangi limbah, tetapi juga memanfaatkan limbah sebagai sumber daya baru melalui pendekatan yang inovatif.
Circular Action, Reimagining, and Development Strategies dipilih karena, hingga saat ini semakin banyak perusahaan yang telah menyadari pentingnya pengelolaan limbah plastik secara berkelanjutan, namun masih menghadapi kesulitan dalam implementasinya. Kompetisi ini diharapkan dapat membantu untuk merancang strategi baru yang memungkinkan limbah produk perusahaan diolah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis dan ramah lingkungan, sejalan dengan prinsip circular economy.
Selain itu, kata CARDS diambil dari bahasa inggris yang berarti kartu. Filosofi ini mencerminkan harapan bahwa ide-ide program CSR yang dirancang oleh para peserta akan menjadi ‘kartu as’ untuk mengurangi limbah kemasan yang semakin lama memberikan dampak buruk pada lingkungan. Dengan konsep ini, CARDS diharapkan dapat membuka peluang baru bagi solusi pengelolaan limbah yang lebih efektif dan berkelanjutan.
Lomba CSR ini dilakukan secara online via Zoom Meeting, sehingga dapat diikuti dengan lebih fleksibel oleh para mahasiswa di seluruh Indonesia. Rangkaian kegiatan ini diawali dengan sesi briefing terkait teknis lomba, dilanjut dengan technical meeting untuk presentasi peserta lomba dan diakhiri dengan puncak acara yaitu presentasi dihadapan para juri pada tanggal 11 Desember 2024. Acara dimulai dari pukul 14.50 WIB dan diakhiri pada pukul 17.30 WIB. Acara ini juga menghadirkan dua dosen Public Relations sebagai juri, yaitu Ms. Adhimurti Citra Amalia, S.Ant., M.Med.Kom. dan Pak Okky Pramudita, S.I.Kom., M.I.Kom.
Sesi puncak acara, dimulai dengan sambutan hangat dari Echa selaku MC. Dalam pembukaan tersebut, sambutan kepada dewan juri dan para peserta diucapkan dengan penuh antusias, sekaligus memberikan penjelasan singkat mengenai teknis lomba. Dalam penjelasan singkatnya, teknis lomba akan dilakukan dengan peserta diarahkan untuk memasuki breakout room guna melakukan presentasi dan sesi tanya jawab bersama para juri. Proses ini dilakukan secara bergantian sesuai urutan tim, sementara kelompok yang menunggu tetap berada di main room hingga giliran mereka tiba.
Sebelum sesi presentasi dimulai, suasana dipenuhi dengan kehangatan melalui sesi doa bersama yang dipimpin oleh Beatrice. Lomba pun berlangsung dengan lancar. Setiap tim diberikan kesempatan untuk memaparkan ide mereka, menerima pertanyaan, serta memperoleh masukan berharga dari para juri. Feedback tersebut diharapkan dapat membantu para peserta dalam mengembangkan program CSR yang lebih matang di masa mendatang.
Puncak acara ditandai dengan pengumuman pemenang yang dilakukan secara meriah oleh para dewan juri. Juara pertama diraih oleh tim Aman Aza dari BINUS @Malang, yang mengaku sangat bersyukur atas pengalaman berharga ini dan berterima kasih kepada juri serta panitia. Juara kedua diraih oleh tim Borneo Tribe dari Universitas Mulawarman, sementara posisi juara ketiga ditempati oleh tim ACC dari BINUS @Malang. Ketiga tim menyampaikan apresiasi mereka atas feedback yang telah diberikan, yang menjadi bekal penting untuk penyempurnaan ide program CSR mereka di masa depan.
Lomba ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Icha, dilanjutkan Echa dengan memberikan kata penutup dan ucapan ucapan terima kasih kepada dewan juri yang telah meluangkan waktu untuk memberikan penilaian, serta memberikan pesan penuh semangat kepada para peserta agar terus mengembangkan ide-ide kreatif mereka di bidang CSR.
Melalui lomba CARDS ini, diharapkan para peserta dapat memperoleh wawasan lebih luas tentang Public Relations, meningkatkan kesadaran terhadap isu-isu lingkungan, khususnya pengelolaan kemasan produk, serta mengasah kemampuan inovasi, kreativitas, dan pemecahan masalah secara kolaboratif. Acara ini menjadi bukti nyata bahwa mahasiswa memiliki potensi besar dalam menciptakan solusi berkelanjutan untuk dunia industri dan masyarakat.