MUREALFI 2025
“Tanam Jiwa Wirausaha Sejak Dini, Lewat Seni yang Menginspirasi!”
Malang, Mei 2025 — Murealfi merupakan program yang diselenggarakan oleh mahasiswa BINUS @Malang melalui komunitas TFISC (TFI Student Community) dan berhasil terlaksana dengan baik dari awal hingga akhir. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, pada tanggal 19 dan 20 Mei 2025, bertempat di SDN 1 Asrikaton, Malang. Program ini berfokus pada peningkatan estetika lingkungan sekolah serta pengembangan kreativitas siswa Sekolah Dasar melalui kegiatan utama bertema “Tanam Jiwa Wirausaha Sejak Dini, Lewat Seni yang Menginspirasi!”
Kegiatan Murealfi tidak hanya sekadar melukis tembok, tetapi juga bertujuan untuk menanamkan jiwa wirausaha dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa sejak dini. Melalui pembuatan mural dan permainan interaktif, siswa diajak untuk mengekspresikan ide secara visual, melatih imajinasi, serta mengembangkan kemampuan analitis dan strategis. Hal ini sejalan dengan temuan Khairuni et al. (2021) yang menyatakan bahwa mural bukan hanya membuat ruang tampak indah, tetapi juga memberi nilai lebih pada ruangan tersebut karena mampu merangsang daya seni dan imajinasi orang yang melihatnya. Oleh karena itu, program ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, mempererat kebersamaan, dan menciptakan lingkungan sekolah yang lebih berwarna dan inspiratif.
Kegiatan diawali dengan briefing singkat dan doa bersama di kampus, kemudian seluruh peserta berangkat bersama menuju SDN 1 Asrikaton. Sesampainya di lokasi, kami disambut dengan hangat oleh kepala sekolah, guru-guru, serta siswa-siswi. Suasana menjadi semakin akrab ketika sesi bonding dimulai melalui perkenalan antara kakak-kakak mahasiswa dan para siswa. Kemudian dilanjutkan dengan permainan kecil yang menyenangkan.
Setelah sesi pembuka pada hari pertama, kegiatan dilanjutkan dengan mengecat tembok mural menggunakan cat dasar berwarna putih. Momen ini menjadi salah satu yang paling berkesan karena para volunteer mulai berinteraksi langsung dengan siswa-siswi. Kebersamaan dan antusiasme yang terlihat selama proses pengecatan menciptakan pengalaman yang hangat dan penuh makna bagi semua yang terlibat. Sambil menunggu cat dasar mengering, panitia, volunteer, dan siswa-siswi SDN 1 Asrikaton diberi konsumsi yang telah disiapkan. Setelah beristirahat sejenak, kegiatan pun berlanjut dengan proses menggambar sketsa mural sesuai dengan desain yang telah ditentukan oleh panitia.
Memasuki hari kedua, rangkaian kegiatan sebelum sampai di SDN 1 Asrikaton dimulai dengan pola yang serupa seperti hari pertama. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan melukis mural di tembok yang telah disketsa di hari sebelumnya. Panitia, volunteer, dan siswa-siswi SDN 1 Asrikaton kembali bekerja sama mewarnai gambar-gambar tersebut dengan penuh semangat. Warna-warna cerah mulai menghidupkan dinding sekolah, menciptakan suasana yang lebih segar, inspiratif, dan berwarna. Keterlibatan aktif dari siswa-siswi dalam proses pewarnaan tidak hanya meningkatkan rasa percaya diri mereka, tetapi juga mempererat interaksi positif antara mahasiswa dan siswa. Setelah seluruh bagian mural selesai diwarnai, kegiatan ditutup dengan tahap akhir pengecatan untuk merapikan detail dan menyempurnakan hasil karya bersama ini.
Acara ditutup dengan sesi foto bersama yang penuh senyum dan kehangatan. Momen ini menjadi kenang-kenangan yang manis, sekaligus bentuk apresiasi bagi seluruh pihak yang terlibat. Mulai dari panitia, peserta, guru-guru hingga staf sekolah yang telah menyambut dengan tangan terbuka sejak hari pertama kegiatan.
Rangkaian kegiatan Murealfi tidak hanya sekedar melukis mural di dinding sekolah. Lebih dari itu, program ini berhasil membangun koneksi hangat antara mahasiswa dan siswa-siswi SDN 1 Asrikaton. Melalui berbagai aktivitas seperti melukis, bermain, dan berbagi pengalaman, tercipta suasana yang saling menginspirasi dan mendukung proses belajar bersama. Lingkungan sekolah pun menjadi lebih hidup dan penuh warna dan memberikan kesan positif bagi semua yang terlibat. Seluruh rangkaian kegiatan ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, yakni Propan yang memberi sponsor berupa cat dan kuas, serta Hotways yang mensponsori konsumsi pada hari kedua. Kehadiran sponsor sangat berarti dalam mendukung kelancaran kegiatan dan memperkuat semangat kolaborasi di antara semua peserta.
REFERENSI
- Khairuni, Z. I., Atika, L., Harahap, R., & Jeumpa, K. (2021). Pendampingan Pembuatan mural Edukasi Sebagai upaya meningkatkan Minat Belajar siswa sekolah dasar dengan konsep belajar Dan Bermain. Jurnal Abdidas, 2(3), 634–645. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i3.335