Peran Generasi Muda dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-tampak-atas-orang-dekat-meja-kayu-3183150/
Indonesia memiliki jumlah penduduk usia produktif mencapai lebih dari 191 juta orang, dan sebagian besarnya merupakan milenial dan Gen Z. Selain itu, sebanyak 33 persen dari populasi ASEAN atau sekitar 225 juta orang juga merupakan anak muda. Generasi muda sebagai agent of change memiliki peluang besar untuk meningkatkan ekonomi Indonesia. Penggunaan produk dalam negeri akan meningkat apabila generasi muda mampu menjadi aktor sosial dan ekonomi dalam pembentukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Generasi muda juga memiliki peran penting seperti penggerak ekonomi kreatif, agen transformasi digital, wirausahawan yang inovatif, konsumen cerdas, serta pembawa perubahan sosial. Namun, globalisasi yang semakin berkembang menjadikan budaya luar lebih mudah terakses. Hal ini mengharuskan generasi muda untuk menyaring kembali budaya yang masuk ke dalam negeri, begitu juga dengan produk usaha. Indonesia memiliki 65,46 juta UMKM yang menyerap 97% tenaga kerja, menyumbang 60,3% pendapatan nasional, serta berkontribusi 15,6% terhadap ekspor non migas Indonesia. Artinya, setiap langkah yang diambil generasi muda dalam sektor ekonomi berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat luas—menciptakan lapangan kerja, mengurangi kemiskinan, serta memperkuat struktur sosial melalui ekonomi yang inklusif.
Generasi muda tinggi memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia di era Society 5.0 ini. Pengembangan pada keterampilan digital diperkirakan akan berkontribusi senilai Rp 4.434 triliun kepada PDB Indonesia di 2030 atau setara dengan 16% dari PDB. Generasi muda juga punya peran penting dalam transisi ekonomi hijau. Kesadaran generasi muda yang tinggi akan pentingnya konsep keberlanjutan serta inklusivitas membuat kontribusi mereka penting terhadap pemulihan dan pembangunan ekonomi, tak hanya di Indonesia, tapi juga di mata dunia.
Generasi muda Indonesia memiliki tanggung jawab besar dalam memimpin dan membentuk masa depan ekonomi negeri. Dengan akses yang semakin luas terhadap teknologi informasi dan komunikasi, generasi muda memiliki potensi besar untuk menjadi kekuatan utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Generasi yang tumbuh dalam era digital, yang membuat pemahaman mendalam tentang teknologi dan potensinya dalam mengubah cara pandang bisnis dan pola pikir konsumen.
Dengan begitu, seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, generasi muda memiliki peluang untuk menjadi agen perubahan dalam berbagai sektor ekonomi. Namun, potensi pada generasi muda tidak hanya terbatas pada pemahaman teknologi saja, melainkan juga pada semangat kewirausahaan dan inovasi yang dimiliki. Dengan semangat inovasi dan kewirausahaan ini, generasi muda memiliki potensi besar untuk menciptakan startup atau bisnis. Mereka memiliki energi dan semangat untuk mengubah ide-ide kreatif menjadi bisnis yang sukses serta berani dalam mengambil risiko dan mencoba banyak hal-hal baru.
Referensi:
- Ekon.go.id. (2022, 12 Maret). Generasi Muda yang Berkualitas Tinggi Berperan Penting dalam Pertumbuhan Ekonomi di Era Society 5.0. Diakses pada 15 April 2025, dari https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3913/generasi-muda-yang-berkualitas-tinggi-berperan-penting-dalam-pertumbuhan-ekonomi-di-era-society-50
- Dwinanda, F. (2024, 24 Juni). Peran Generasi Muda dalam Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia. Diakses pada 15 April 2025, dari https://www.kompasiana.com/fitriadwinanda6877/6678e686ed64150ff2466ea3/peran-generasi-muda-dalam-pertumbuhan-ekonomi-digital-indonesiaÂ
- KumparanBisnis. (2023, 29 Agustus). Peran Penting Gen Z dan Milenial Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi ASEAN. Diakses pada 15 April 2025, dari https://kumparan.com/kumparanbisnis/peran-penting-gen-z-dan-milenial-tingkatkan-pertumbuhan-ekonomi-asean-215Iu8UBnlB/full
- Sadiyah, M. (2023, 1 September). Mendag RI: Generasi Muda dapat Tingkatkan Ekonomi Indonesia. Diakses pada 15 April 2025, dari https://umj.ac.id/kabar-kampus/seminar/2023/09/mendag-ri-generasi-muda-dapat-tingkatkan-ekonomi-indonesia/
- Unisbank.ac.id. (2024, 13 Juli). Peran Generasi Muda dalam Meningkatkan Ekonomi Bangsa. Diakses pada 15 April 2025, dari https://www.unisbank.ac.id/v3/peran-generasi-muda-dalam-meningkatkan-ekonomi-bangsa/