WALK A PAW 2024

“Pawsitive Steps: Together, We Make a Difference”

Walk a Paw merupakan kegiatan sosial tahunan yang diselenggarakan oleh Teach For Indonesia Student Community (TFISC). Kegiatan sosial ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesejahteraan hewan-hewan yang terlantar dengan melakukan street feeding, menyalurkan bantuan melalui penggalangan dana yang diberikan kepada animal shelter, serta menjadi sukarelawan di tempat penampungan hewan.

Kegiatan Walk a Paw di tahun ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu :

  • Street feeding, di mana masing-masing panitia dan volunteer berhasil memberi makan 3 ekor anjing atau kucing liar yang ada di jalanan dalam waktu satu minggu.
  • Open donation, di mana masing-masing panitia dan volunteer menyebarkan google form yang menjadi platform pengumpulan dana melalui akun sosial media pribadi mereka. Donasi terbuka ini dilaksanakan pada tanggal 1-6 Juli 2024.
  • Sukarelawan ke tempat penampungan hewan.

Pada hari Sabtu, 13 Juli 2024, sebanyak 5 panitia dan 15 volunteer dari TFISC berkunjung ke Shelter Pak Johan di Marga Mulya, Mauk, Tangerang, Banten 15330 (100m dari SDN Ketapang). 

Panitia dan volunteer berkumpul terlebih dahulu di Kampus BINUS JWC Senayan pada pukul 08.00 WIB. Tepat sekitar pukul 08.45 WIB, panitia dan volunteer berangkat menuju Shelter Pak Johan dan tiba pada pukul 10.45 WIB. 

Sesampainya di lokasi, acara dibuka dengan beberapa kata sambutan dari pihak TFISC dan pihak shelter. Lalu, ada briefing singkat terkait acara untuk kegiatan pertama.

Kegiatan volunteering pertama dimulai pada pukul 11.00 WIB, yaitu memberi makan basah (wet food) kepada hewan-hewan di shelter. Panitia dan volunteer menata wadah untuk para anjing dan mulai memberi makan secara merata. Setelah selesai, kegiatan volunteering kedua yaitu mencuci mangkok makanan hewan dimulai pada pukul 11.25 WIB. Panitia dan volunteer langsung mencuci wadah dan peralatan makan yang telah digunakan. Kegiatan ini berakhir pada pukul 11.55 WIB.

Setelah sesi volunteering pertama dan kedua selesai, panitia dan volunteer beristirahat dan membagikan makanan yang sudah disiapkan untuk dimakan bersama-sama dengan durasi selama dua puluh lima menit dari pukul 11.55 hingga 12.20 WIB. 

Pada pukul 12.20 WIB, panitia dan volunteer kembali berkumpul untuk briefing acara dan aktivitas-aktivitas selanjutnya, yaitu memandikan beberapa anjing, membersihkan kandang, serta memberikan makanan kering (dry food) kepada hewan-hewan shelter.

Pada pukul 12.25 WIB, panitia dan volunteer dengan penuh semangat mulai memandikan para anjing, memastikan setiap hewan di shelter bersih dan kering. Selanjutnya, pada pukul 13.25 WIB, para panitia dan volunteer membersihkan area kandang dengan menyapu, mengepel dan meyiram area kandang tersebut. Aktivitas volunteer terakhir merupakan pemberian makanan kering (dry food) kepada hewan-hewan shelter yang dimulai pada pukul 14.10. Panita dan volunteer kembali menepatkan wadah mangkok dengan merata untuk para hewan dan memberikan makanan kering. 

Pada pukul 14.35 WIB, panitia dan volunteer menyerahkan donasi dalam bentuk makanan, peralatan hewan, dan uang tunai kepada shelter. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi dokumentasi pihak shelter dan para panitia dan volunteer.

 

Setelah semua rangkaian acara volunteering selesai, panitia dan volunteer menutupi acara Walk a Paw dengan pemberian plakat yang diperwakili oleh Shannon Octaviana selaku Project Manager kepada pihak shelter. Pada pukul 15.00 WIB, panitia dan volunteer kembali pulang dari shelter.