HYDROCARE 2024

“Growing Together from the Ground Up”

HydroCare adalah salah satu acara yang diadakan oleh Teach for Indonesia Student Community. Program ini bertujuan untuk mengajar dan mendidik peserta mengenai teknik pembudidayaan tanaman dengan metode hidroponik, seperti penyemaian bibit, pembersihan pipa hidroponik, dan lain-lain. Tahun ini, HydroCare sukses dilaksanakan pada tanggal Sabtu, 24 Februari 2024, dan tanggal Sabtu, 2 Maret 2024. Peserta mengikuti workshop yang diadakan di halaman belakang kampus JWC, Binus @Senayan.

Day 1

Kegiatan di hari pertama mulai pukul 15.00 sore ketika panitia hadir di tempat serta mempersiapkan acara. Setelah itu, ada pembukaan dan penjelasan mengenai rangkaian kegiatan. Hal pertama yang dilakukan adalah pembersihan pipa hidroponik, lalu akan ada penyemaian bibit.

Namun, ternyata pembersihan pipa hidroponik membutuhkan waktu yang lumayan panjang, sehingga memakan seluruh waktu yang sudah dialokasikan untuk hari pertama. Hari pertama diakhiri dengan debriefing dan pembagian konsumsi.

Day 2

Pada hari kedua, para peserta belajar cara menyemai bibit yang sesuai untuk sistem hidroponik. Bibit yang digunakan adalah bibit kangkung, yang kemudian disemai di rockwool sebagai pengganti tanah. Selanjutnya, para peserta belajar memasang pompa air ke sistem hidroponik.

Hari kedua juga diakhiri dengan debriefing dan pembagian konsumsi.

Tentunya, tanaman hidroponik akan terus dirawat. Bagi yang tertarik untuk melihat prosesnya selama beberapa bulan kedepan, bisa dilihat di belakang Binus JWC.