DONOR DARAH 2024

 “Saving Lives, One Drop at a Time”

Donor darah merupakan kegiatan bernilai kemanusian yang bertujuan untuk membantu para pasien yang membutuhkan stok darah. Dengan adanya kegiatan donor darah ini menjadi salah satu upaya untuk membantu para korban atau pasien, seperti korban atau pasien yang membutuhkan transfusi darah, mengalami kecelakaan, sedang menjalankan operasi, atau penyakit tertentu yang membutuhkan darah. Maka dari itu, Teach For Indonesia Student Community (TFISC) regional Bandung mengadakan kegiatan rangkaian kegiatan Donor Darah.

Kegiatan Donor Darah ini mengusung tema “Saving Lives, One Drop at a Time” yang memiliki arti bahwa setiap tetes darah yang didonasikan memiliki potensi besar untuk menyelamatkan seseorang, dengan tema ini, TFISC berharap masyarakat merasa terajak untuk dapat berpartisipasi menyalurkan kegiatan positif melalui kegiatan kecil yang mereka lakukan dalam kehidupan sehari hari.

Pada kegiatan Donor Darah 2024 ini, TFISC mendapat kesempatan untuk bisa bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Kota Bandung dalam pelaksanaannya beserta Yello Hotel dan Mall Paskal 23 sebagai fasilitator. Acara yang berlangsung pada Kamis, 13 Juni 2024 ini, bertempat di Mall Paskal 23, dari pukul 10:00 WIB hingga 12:00 WIB, telah mencatatkan kesuksesan yang membanggakan. Kegiatan ini diawali dengan sesi briefing panitia TFISC bersama tim hebat dari Yello Hotel. Briefing ini memberikan pemahaman mendalam mengenai alur proses donor darah dan etos kerja dalam mengelola sebuah acara. Insight berharga ini memperkuat kesiapan panitia dalam menjalankan tanggung jawab mereka dengan profesionalisme tinggi. Selanjutnya, TFISC menjemput tim PMI untuk mempersiapkan peralatan penunjang yang diperlukan.

Tepat pukul 10:00 WIB, kegiatan Donor Darah 2024 resmi dimulai. Kehadiran masyarakat yang antusias segera memenuhi area acara. Proses donor darah diawali dengan registrasi, pengecekan dokumen, tes kesehatan, hingga pelaksanaan donor darah dan pemberian merchandise. Semua tahapan berjalan lancar dan tertib berkat sinergi yang harmonis antara semua pihak yang terlibat. Selama rangkaian kegiatan donor darah, kami menyediakan konsumsi berupa breakfast yang disponsori oleh Yello Hotel. Seluruh konsumsi yang disediakan dapat dikonsumsi untuk seluruh partisipan donor darah untuk memberikan energi bagi tubuh mereka. 

Antusiasme tinggi terlihat dari partisipasi sebanyak 67 pendonor yang hadir, menjadikan acara ini sukses. Tidak hanya masyarakat umum, namun BINUSIAN dan dosen juga turut hadir sebagai pendonor dalam kegiatan ini. Kolaborasi apik antara TFISC, PMI, Yello Hotel, dan Mall Paskal 23 membuktikan bahwa bersama, kita dapat mencapai hasil yang luar biasa dalam mendukung aksi kemanusiaan. Berakhirnya kegiatan Donor Darah 2024 yang diadakan oleh Teach For Indonesia Student Community (TFISC) regional Bandung, dapat disaksikan  antusias masyarakat dalam mendukung aksi kemanusiaan. Antusiasme yang ditunjukkan oleh para pendonor, baik dari masyarakat umum, BINUSIAN, maupun dosen, merupakan bukti nyata bahwa kepedulian terhadap sesama masih sangat tinggi. 

Diharapkan kegiatan ini menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus berkontribusi dalam aksi-aksi kemanusiaan, karena setiap langkah dan aksi yang kita lakukan berpotensi menyelamatkan nyawa dan memberikan harapan baru bagi kualitas kesehatan di Indonesia. Mari kita terus menjaga semangat kebersamaan dan kepedulian demi masa depan yang lebih baik.

Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan Donor Darah 2024 ini, yaitu untuk seluruh panitia, volunteer, Palang Merah Indonesia (PMI), Yello Hotel, dan Mall Paskal 23. Kami berharap kegiatan Donor Darah ini dapat meningkatkan kesadaran kita terhadap pentingnya donor darah dan menjadi inspirasi bagi lebih banyak orang untuk terus berbagi dan membantu sesama!