MANGROVE CONSERVATION 2023

“Transformasi Pantai Menjadi Surga Alam”

Teach For Indonesia Student Community melakukan kegiatan penanaman bakau di wilayah Desa Sitiarjo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kegiatan Mangrove Conservation ini melibatkan peserta mahasiswa yang berasal dari berbagai jurusan di BINUS University, Lembaga Masyarakat yaitu  pihak CMC Tiga Warna untuk bagian konservasi, dan PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk yang bertindak sebagai pihak sponsor selama kegiatan berlangsung. Acara ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan rasa kepekaan terhadap lingkungan yang tinggi, melatih asah atau skill setiap peserta agar memiliki basic dan pengetahuan mendasar tentang tanaman bakau, menanamkan rasa kepedulian terhadap masyarakat yang terkena musibah akibat tsunami dan banjir, serta memberikan ilmu baru kepada peserta tentang bencana alam dan cara penanggulangannya. Acara berlangsung pada tanggal 18 November 2023, mencakup penanaman bakau dan juga tur sekitar pantai di daerah Malang Selatan.

Acara ini dimulai dengan kegiatan Technical Meeting (TM) pada tanggal 16 November 2023 melalui media zoom, yang membahas mengenai tata tertib dan persiapan keberangkatan. Kegiatan dilanjutkan secara onsite pada tanggal 18 November 2023, dimana mahasiswa mulai berkumpul di Binus Malang pukul 06.30 pagi untuk persiapan keberangkatan ke lokasi Clungup Mangrove Conservation. Melalui acara ini, terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan oleh peserta TFISC, diantaranya adalah mendengar penjelasan tentang tanaman bakau, melakukan penanaman bakau, snorkeling untuk melihat ikan dan terumbu karang di bawah laut, serta melakukan tur 3 pantai, makan siang bersama, serta naik canoe. Peserta dan panitia juga membuat pengalaman dengan naik kapal bersama.

Selama kegiatan ini berlangsung, banyak sekali cerita dan pengetahuan yang didapatkan oleh panitia, peserta, dan juga staff pantai. Kami saling bertukar candaan, cerita dan juga pertanyaan terkait mangrove atau pantai disekitar mangrove tersebut. Banyak sekali pengalaman yang didapat setelah melakukan acara ini diantaranya seperti, mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru mengenai bibit mangrove serta pemanfaatan mangrove tersebut, lebih aware terhadap cara menjaga lingkungan sekitar agar lebih bebas sampah plastik, dan lain-lain. Setelah kegiatan ini usai, diharapkan hasil penanaman bakau mahasiswa dapat bermanfaat untuk menjaga keberlangsungan ekosistem laut. Selain itu, diharapkan juga peserta dapat mendapatkan ilmu baru yang bisa diimplementasikan kedepannya. 

Terdapat beberapa hambatan yang terjadi akibat kejadian tidak terduga selama kegiatan perencanaan berlangsung. Mulai dari kesulitan mencari panitia, hingga tanggal acara yang harus dijadwalkan ulang akibat bersamaan dengan adanya kegiatan Binus Festival. Meski begitu, adanya komunikasi yang baik antara pihak Lembaga Masyarakat, peserta, dan panitia, seluruh rangkaian kegiatan Mangrove Conservation dapat berjalan dengan baik dan lancar. 

Sebagai bentuk penutup rangkaian acara Mangrove Conservation, kami membagikan bingkisan berupa indomie, kaos, dan gantungan kunci dari sponsor PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih kepada pihak Lembaga Masyarakat yang telah bersedia menjadi partner kami untuk menyediakan tempat dan waktu bagi para peserta. Selain itu, kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua peserta yang sudah bersedia terlibat untuk memeriahkan acara dan membantu menjaga pelestarian lingkungan di Desa Sitiarjo.

Deta Nur indriani & Evelly Antony Noor