SAVE THE OCEAN 2022

“Ocean For Our Future”

Laut memiliki peran yang penting bagi sebagai sumber daya perairan masa sekarang maupun masa depan di Indonesia karena memiliki banyak manfaat bagi kepentingan manusia. Seperti sebagai sarana transportasi, sumber bahan pangan, sumber pertambangan, kawasan pertahanan dan keamanan, hingga pariwisata. Sayangnya terdapat masalah-masalah lingkungan yang dapat menghambat fungsi laut dan juga pantai. Dimana salah satu permasalahan lingkungan yang kerap kali terjadi di laut adalah masalah sampah. Sampah yang menumpuk disebabkan oleh aktivitas pembuangan sampah sembarangan ke saluran air yang berakhir dan bermuara di laut. Keberadaan sampah yang menumpuk di pantai dapat merusak ekosistem laut dan membahayakan warga pesisir pantai baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Bagi penghuni laut, sampah dapat menyumbat karang laut serta menyangkut pada ikan-ikan dan hewan laut lainnya. Bagi warga pesisir, sampah dapat mengancam kesehatan dengan adanya penyakit-penyakit yang ditimbulkan dari kurang bersihnya lingkungan laut maupun keberadaan mikro plastik sampah. Keberadaan sampah yang menumpuk juga dapat merusak keindahan visualisasi laut yang dalam hal tersebut merupakan bagian dari keindahan Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan.

Dari permasalahan lingkungan tersebut, TFI Student Community kampus Alam Sutera mengadakan program Save The Ocean Alam Sutera 2022 dengan tema acara “Ocean for Our Future“. Program acara ini diadakan pada Sabtu, 23 Juli 2022, dimana acara ini terdiri dari dua rangkaian acara yaitu kegiatan membersihkan pantai dan social media campaign. Kegiatan campaign akan dilakukan secara online melalui platform Instagram milik TFISC dalam rangka meningkatkan awareness masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan laut yang dilakukan dengan pembuatan vlog dokumentasi yang dilakukan oleh tim publikasi-dokumentasi bersamaan dengan kegiatan membersihkan pantai dan juga tagline challenge. Kegiatan membersihkan pantai berlokasikan pada Pantai Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang, Banten.


Para peserta dan panitia dengan giat mengumpulkan sampah-sampah yang berserakan di pesisir pantai hingga pada akhirnya terkumpul mencapai lebih dari 10 karung sampah, dimana yang paling banyak adalah sampah plastik dan baju-baju. Sampah-sampah yang telah terkumpul lalu kami kumpulkan pada satu titik, sesuai dengan arahan pengelola pantai yang kemudian akan dikelola lebih lanjut oleh pengelola pantai. Para peserta juga melakukan tagline challenge dengan menyuarakan tagline yaitu “Save the ocean, save the future” lalu menguploadnya ke Instagram pribadi dan men-tag Instagram @tfistudentcommunity.

 

 

Jane Puteri