LDK CALON PENGURUS TFISC 2022 (DAY 1)

“Lead Yourself To Be The Future Leader”

Pada tanggal 20 – 21 Juli 2022 telah dilaksanakan LDK Calon Pengurus (LDK CP) selama dua hari berturut-turut. LDK Calon Pengurus 2022 ini dilakukan secara online melalui Zoom dan mengangkat tema “Lead Yourself To Be The Future Leader”. Pemilihan tema tersebut didasari dengan pemahaman bahwa setiap individu dan organisasi pasti memiliki masalah, sehingga diperlukan pengurus yang memiliki kemampuan untuk dapat bertanggung jawab terhadap organisasi seperti bertanggung jawab untuk dirinya sendiri. Melalui LDK CP ini, diharapkan dapat membantu para calon pengurus untuk membangun dan melatih sikap yang diperlukan untuk menjadi seorang pengurus melalui penjelasan mendetail terkait materi yang dibawakan.

Acara LDK CP 2022 dimulai dengan pembukaan dan doa yang dipimpin oleh Jessica Anggraini dan Bryan Laywith selaku MC. Selanjutnya, MC menyampaikan tata tertib selama acara berlangsung dan mengarahkan para calon pengurus yang hadir untuk mengisi Entry Ticket dan Pretest yang telah disediakan oleh panitia. Setelah selesai, sesi berikutnya yaitu sambutan dari Ibu Andyni Khosasih selaku Manager Teach For Indonesia dan dilanjutkan dengan sambutan dari Adelia Theodora selaku Ketua Umum TFISC 2022/2023, serta sambutan dari Bedria Mashyanda Maail selaku Project Manager LDK CP 2022. Sebelum lanjut ke sesi materi, Jessica dan Bryan mengajak para calon pengurus untuk menjawab beberapa pertanyaan Ice Breaking yang terkait dengan TFISC. Para calon pengurus menjawab pertanyaan melalui kolom chat dengan antusias yang tinggi.


Masuk ke sesi berikutnya yaitu penyampaian materi dengan topik “Strategic Management & Branding” yang disampaikan oleh Agustina Dwianti selaku Ketua Umum TFISC 2021/2022. Materi yang dibawakan oleh Agustina Dwianti merangkum beberapa topik utama yang saling berkaitan, yaitu mengenai Self Management, Organization Management, Personal Branding, serta Branding in Organization. Tidak hanya sampai pada penyampaian materi saja, setelah itu para calon pengurus diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terkait materi yang disampaikan dan akan dijawab oleh Agustina Dwianti selaku pembicara.




Usai sesi tanya jawab, MC melanjutkan dengan menjelaskan bagian-bagian dan tanggung jawab dari enam divisi yang ada dalam kepengurusan TFISC, yaitu DPI, Community Program: Education, Community Program: Health & Environment, Partnership, Human Capital, dan Creative Design. Penjelasan mengenai divisi ini untuk memberikan pemahaman bagi calon pengurus sebelum mengambil keputusan dalam pemilihan divisi dan jabatan. Sambil memikirkannya, para calon pengurus dipersilahkan untuk istirahat sebelum lanjut ke sesi berikutnya.

Setelah beristirahat, para panitia, pengurus, dan calon pengurus kembali untuk melanjutkan sesi berikutnya, yaitu penyampaian materi dengan topik “Finance” yang dibawakan oleh Jeslyn Pehry selaku Bendahara Umum TFISC 2022/2023. Sesi penyampaian materi ini juga disertai dengan sesi Q&A yang terkait degan materi yang telah disampaikan Jeslyn.



Dan tidak kelewatan hampir di setiap acara TFISC termasuk pada LDK CP kali ini, panitia mengajak para calon pengurus bermain game “Gombal”. Dimana, setiap orang diwajibkan untuk menyiapkan gombalannya dan akan terdapat 4 pasangan yang dipilih melalui random wheels. Gombalan terbaik dinilai oleh para peserta di Zoom menggunakan fitur voting dan masing-masing pemenang dari setiap pasangan akan diadu gombalannya hingga mendapat satu pemenang. Game gombal ini disambut dengan antusias yang tinggi dari para pengurus maupun calon pengurus dan menghibur para hadirin sekalian.





Untuk menutup LDK CP Day 1, para calon pengurus mengisi Post Test serta Exit Ticket. Dan sebelum meninggalkan Zoom, MC menjelaskan Rules Study Case yang perlu dikerjakan untuk LDK CP Day 2. Dan bagian terakhir dari LDK CP Day 1 adalah sesi dokumentasi. 


 

Dokumentasi:

 

Aurelia Shannon