Paws For A Cause


“GIVE DOGS SECOND CHANCE”

Paws for A Cause merupakan salah satu program kegiatan sosial baru dari Teach For Indonesia Student Community (TFISC) regional Bandung yang bekerjasama dengan salah satu penangkaran hewan yaitu Give Dogs Second Chance (GDSC) Shelter yang berlokasi di Jl. Manglayang, Karyawangi, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Kegiatan “Paws for A Cause” ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat sekitar mengenai banyaknya orang yang kurang bertanggung jawab terhadap hewan peliharaannya sendiri.

Program ini diawali dengan kegiatan donasi dan pendaftaran volunteer yang dilaksanakan mulai tanggal 1 sampai dengan 7 Mei 2022. Pada hari Minggu, 8 Mei 2022, beberapa panitia, pengurus, dan volunteer berkumpul  terlebih dahulu pada jam 09.40 WIB di kawasan BINUS @BANDUNG University. Setelah semua berkumpul dipandu oleh Larissa Inez Felicia selaku bagian dari divisi Equipment and Transportation, seluruh panitia, pengurus, dan volunteer berangkat bersama-sama menuju lokasi GDSC Shelter.


Diawali dengan sambutan oleh Kathleen Joy selaku Project Manager dan pembacaan doa yang dipimpin oleh Natasha Vania Saputra, kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan baik. Setelah itu, para volunteer masuk ke dalam shelter dan mulai berinteraksi dengan para hewan yang ada di shelter tersebut.


Shelter
ini memiliki beberapa bagian dan ruangan yang diisi oleh hewan-hewan yang cukup beragam. Mereka mengisi bagian depan shelter dengan para hewan yang cukup jinak dan berukuran kecil hingga sedang, kebanyakan dari mereka merupakan hewan yang aktif dan berusia muda. Bagian belakang shelter diisi oleh para hewan yang berukuran lebih besar, terdapat juga kandang untuk hewan-hewan yang bersifat agresif agar tidak membahayakan hewan lain maupun penjaga yang ada di GDSC Shelter. Ada beberapa hewan yang agresif jika disentuh, agresif terhadap orang ataupun terhadap hewan lainnya. Namun, mayoritas dari hewan-hewan disana merupakan hewan jinak yang sehat dan steril. Selain itu, terdapat ruangan untuk mengisolasi hewan kecil dan hewan yang sedang sakit agar tidak menyatu dengan hewan yang lain. Shelter ini juga memiliki dapur untuk memproduksi sendiri makanan yang akan diberikan kepada hewan-hewan yang ada.

Pihak TFISC juga sempat memberi para hewan makan dan cemilan sekitar pukul 11.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB sembari bermain dengan banyaknya hewan di shelter tersebut. Walau para hewan sempat berebut makanan, namun hewan-hewan tersebut tidak melukai para volunteer TFISC yang bermain. Tak lupa, pemberian dana dari donasi yang telah dilakukan pun diserahkan kepada Bapak Andi Yuliandi selaku pihak dari Give Dogs Second Chance (GDSC) Shelter pada pukul 12.00 WIB.



Setelah melakukan kegiatan dokumentasi, Kathleen Joy juga memberikan kata-kata penutup sebagai rasa terimakasih kepada pihak
GDSC Shelter. Pembagian konsumsi berupa roti dan air mineral menjadi penutup kegiatan sekitar pukul 13.00 WIB. Setelah itu, para panitia, pengurus, serta peserta volunteer pulang menuju titik kumpul awal di BINUS @BANDUNG University.


Dokumentasi:



 

Tasya Putri Azalia dan Keisha Amira Zalika