Kegiatan untuk Mempersiapkan Diri dalam Menghadapi Dunia Pekerjaan

Kesiapan kerja adalah suatu sikap, keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki seorang yang fresh graduate dari institusi pendidikan tinggi sehingga memiliki kesiapan dalam bekerja atau siap untuk sukses dalam lingkungan kerja. Persaingan dalam dunia pekerjaan semakin meningkat dan ketat seiring berjalannya waktu karena jumlah lulusan perguruan tinggi dan orang yang ingin bekerja terus meningkat sehingga diperlukan sebuah persiapan untuk menghadapinya persaingan tersebut. Jika kesiapan kerja telah dipersiapkan dengan baik dan matang, maka memungkinkan bagi orang tersebut untuk bisa sukses dalam dunia kerja dan sebaliknya jika tidak ada persiapan apapun dalam menghadapi dunia kerja, maka itu bisa menjadi hambatan bagi orang tersebut dalam menghadapi dunia pekerjaan. Berikut ini merupakan beberapa kegiatan yang dapat anda lakukan untuk persiapan menghadapi dunia pekerjaan:

  • Seminar atau Webinar

Seminar adalah sebuah pertemuan yang dihadiri oleh banyak orang yang didalamnya ada seorang ahli sebagai pembicara atau pembawa materi. Tujuan adanya seorang ahli adalah untuk memberikan pengetahuan atau wawasan yang relevan mengenai topik yang dibahas pada seminar tersebut. Pada masa pandemi Covid-19 ini kita harus meminimalisir kegiatan diluar rumah, maka dari itu agar tetap dapat melaksanakan seminar dibuatlah nama lainnya yaitu webinar. Webinar adalah seminar yang dilakukan secara daring atau online, dimana pesertanya dapat mengikuti kegiatan dari rumah dengan aman. Untuk mempersiapkan diri dalam memasuki dunia pekerjaan, anda dapat mengikuti seminar atau webinar yang berhubungan dengan pekerjaan yang anda minati. Gunanya adalah untuk memberikan gambaran serta perencanaan untuk masa yang akan datang. Sebagai mahasiswa, kita dapat mencari informasi dengan mudah tentang seminar atau webinar melalui sosial media, website kampus, organisasi yang diikuti, dan lain – lain.

  • Organisasi

Organisasi merupakan sebuah wadah yang terdapat dua atau lebih orang yang membentuk perkumpulan karena memiliki tujuan yang serupa. Dengan bergabung atau membentuk suatu organisasi, banyak manfaat yang dapat diperoleh untuk membantu kita menghadapi dunia kerja kelak. Sebab pada dasarnya di dunia kerja kita diharapkan untuk mampu bekerjasama dengan orang lain dari sesama divisi maupun dengan divisi lainnya. Oleh karena itu, bergabung dengan organisasi dapat membantu kita untuk melatih kemampuan berkomunikasi, membantu tercapainya tujuan organisasi, membantu kita memahami karakter dan pola pikir sesama anggota, melatih sikap bertanggung jawab, membuat kita berpikir lebih kritis untuk memecahkan suatu permasalahan, melatih mental kita agar lebih kuat, serta membangun relasi dengan anggota organisasi tersebut. Manfaat tersebut secara tidak langsung akan melatih kita untuk memiliki gambaran besar mengenai kerjasama di dunia kerja agar kita tidak kaget ketika menghadapinya.

  • Pelatihan online

Selama masa pandemi, diberlakukan pembatasan kegiatan setiap orang yang bisa menimbulkan keramaian maupun kerumunan. Pelatihan online bisa menjadi pilihan bagi setiap orang yang ingin mengembangkan kompetensi diri dan mempersiapkan karir untuk menguasai keterampilan tertentu secara digital selama masa pandemi ini. Pelatihan online juga menyediakan sertifikat digital untuk membuktikan bahwa peserta pelatihan telah mengikuti pelatihan tersebut secara baik. Dengan mengikuti pelatihan online, manfaat yang diperoleh adalah pengembangan kompetensi diri untuk mendukung kesuksesan perusahaan di bidang yang ditekuninya agar siap dalam menghadapi dunia pekerjaan. Ada juga beberapa keuntungan yang diperoleh dari mengikuti pelatihan online diantaranya kemudahan hadir dalam mengikuti pelatihan tersebut dengan menggunakan perangkat yang terhubung dengan internet, bebas dalam memilih materi yang ingin dipelajari, menghemat biaya penggunaan fasilitas karena hanya fokus ke materi pembelajaran, dan materi yang bisa diakses dan dipelajari berulang kali.

  • Membangun relasi

Relasi adalah hubungan antara dua pihak atau lebih untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Membangun relasi sangat penting untuk semua orang yang ingin memasuki atau mempersiapkan diri untuk dunia kerja, karena dengan relasi ini dapat membantu kita mencapai tujuan atau keinginan, menambah informasi baik mengenai ketersediaan lowongan kerja yang dapat membantu kita menemukan pekerjaan yang kita inginkan ataupun mengenai bagaimana cara mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja. Membangun relasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti mengikuti secara aktif UKM atau organisasi yang tersedia di kampus, mengikuti suatu komunitas sesuai dengan hobi, melakukan magang atau freelance, serta dapat mengikuti suatu perlombaan. Semua aktivitas tersebut juga harus diimbangi dengan hubungan yang baik agar dapat mempertahankan relasi atau hubungan yang baik dengan teman dan rekan kerja.

            Berdasarkan pemaparan diatas, dengan melakukan kegiatan – kegiatan tersebut akan sangat membantu kita semua dalam mempersiapkan diri terutama untuk memasuki dunia kerja. Elbert  Hubbard pernah berkata “The best preparation for good work tomorrow is to do good work today.” yang artinya adalah persiapan terbaik untuk pekerjaan baik besok adalah melakukan pekerjaan baik hari ini.

Referensi

UNTUK GURU. (2021, March 4). Seminar – Pengertian, Tujuan, Syarat, Jenis. Quipper. https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/seminar/

Andy Nugroho, A. N. (2021, December 6). Apa Itu Webinar? Ini Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya. Qwords. https://qwords.com/blog/apa-itu-webinar/

Cermati.com. (2016, April 2). 25 Kutipan yang Membuat Anda Semangat Kerja. Cermati.com https://www.cermati.com/artikel/25-kutipan-yang-membuat-anda-semangat-kerja

https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-organisasi/

https://www.qubisa.com/article/kursus-online-meningkatkan-kompetensi-diri

Leonardo Jose Gunawan, Yi Kian, Shadiya Nada, dan Hansen Lawrence