KEBIASAAN BEGADANG YANG DIALAMI OLEH PARA MAHASISWA DI INDONESIA (HAZARD OF EXPERIENCES BY YOUTH IN INDONESIA)

Begadang adalah suatu keadaan dimana seseorang yang tetap terjaga tidak tidur sampai larut malam. Untuk manusia secara normalnya tidur harus minimal delapan jam sehari, akan tetapi untuk kasus begadang ini, untuk jam tidurnya saja tidak sampai dari eman jam. “Pada umumnya tubuh manusia sudah disetting dengan jam biologis (ritme sirkadian) saat malam hari akan beristirahat dengan tidur dan saat siang hari akan beraktivitas. Kebiasaan begadang meskipun saat siang hari tetap tidur hingga 8 jam, dapat mengubah jam biologis anda. Apabila jam biologis berubah, akan lebih sulit untuk mengembalikan jam biologis ke kondisi normal seperti semula.” (dr. Devika Yuldharia). Dan juga dari begadang ini sangatlah memiliki dampak yang buruk bagi Kesehatan, seperti: penurunan nya system imun tubuh, berisiko terkena penyakit tertentu (diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke), menurunnya kemampuan daya ingat, obesitas, mempercepat penuaan dini, menurunnya performa seksual, stress dan depresi, menggangu produktivitas dan aktifitas pada siang hari.

Lalu penyebab dari banyaknya mahasiswa yang melakukan kebiasaan begadang seperti mengerjakan tugas, bermain game, bermain media sosial, menonton film, atau bahkan ada yang berpergian pada saat malam hari. Lalu dari hasil survei terhadap mahasiswa UI yang berjumlah 140 mahasiswa pada setiap fakultas yang dipilih secara acak 10 orang dan dari hasil tim peneliti KONOPI FEB UI yang melakukan pekerjaan yang melewati jam tidur nya adalah sebagai berikut

Seperti yang bisa kita lihat bahwa masih banyak para mahasiswa yang melakukan kegiatan-kegiatan diluar jam tidur nya walaupun mereka merasakan ngantuk akan tetapi tetap mereka paksa seperti melakukan cuci muka, meminum kopi, bermain hp, mendengarkan musik.

Dengan mendapatkan nya berbagai macam data, hasil menunjukan masih banyak nya mahasiswa-mahasiswa yang melakukan begadang dan ada yang sudah menjadi kebiasaan dikarenakan berbagai macam alasan dan yang mengejutkannya adalah banyak sekali yang melakukan begadang dengan sosial media.

Dari data-data yang didapatkan bahwa begadang ini merupakan suatu kegiatan yang buruk dan juga tidak sehat terhadap semua kalangan terutama mahasiswa yang bisa berdampak kepada kegiatan perkuliahan nya. Dari berbagai macam data yang telah diobservasi diantaranya penyebab banyak nya mahasiswa melakukan begadang adalah bermain sosial media atau bermain hp. Dan tentunya begadang juga sangat merugikan kesehatan dan kegiatan perkuliahan bagi mahasiswa dikarenakan dengan melakukan begadang maka system imun tubuh akan melemah, lalu tidak bisa mengontrol emosi dan juga mengganggu aktivitas dan produktivitas terhadap pembelajaran di perkuliahan.

Dengan dibuatnya artikel ini, semoga bisa menjadi pembelajaran bagi mahasiswa-mahasiswa terutama yang memiliki kebiasaan begadang sehingga tidak ada lagi yang merasakan tubuhnya tidak fit, terganggunya perkuliahan, dan juga tetap bisa menjaga emosi. Dan juga dengan artikel ini semoga bisa lebih dikembangkan dan dilakukan nya penelitian mendalam terkait begadang.

Reference:

kanopi-febui.org (2018, 10 Mei). PRIMERA: “The Worst Trade Ever: To Sleep or Not To Sleep”. Diakses pada tanggal 31 Oktober 2020 di http://kanopi-febui.org/2018/05/10/primera-the-worst-trade-ever-to-sleep-or-not-to-sleep/alodokter.com (2016, 23 Juli). Apa pengertian begadang? . Diakses pada tanggal 31 Oktober 2020 di https://www.alodokter.com/komunitas/topic/apa-pengertian-begadang

Muhammad Naufal Maftukhan