TIPS MEDIA SOSIAL UNTUK PARA STARTUPS YANG PERLU DIKETAHUI
Sumber: http://files.greatermedia.com/uploads/sites/59/2018/02/shutterstock_573033001.jpg
Memulai suatu bisnis dibutuhkan banyak usaha agar bisa bersaing dengan para pesaing di sesama industri. Dengan itu, pentingnya untuk membangun keberadaan startup kita secara online yang harus sudah dimulai sejak bisnis kita ini baru saja dibuat. Dengan teknologi dan media sosial yang sedang dipakai oleh semua orang di dunia, bisnis Anda harus terlihat secara online. Jika tidak, bisnis Anda akan lebih sulit untuk bisa bersaing dengan pasar.
Media sosial menyediakan akses langsung terhadap target konsumen Anda dengan biaya yang sedikit atau bahkan dengan gratis. Media sosial merupakan pilihan untuk melakukan strategi yang efektif di pasaran saat ini. Ini memungkinkan Anda untuk menarik ratusan, bahkan ribuan pelanggan baru ke merk Anda setiap harinya. Hal yang sulit dalam pemasaran di media sosial bagaimanapun adalah belajar bagaimana membuat merk Anda bisa lebih terlihat di antara keramaian pengguna media sosial.
Sebelum memulai di media sosial, ketahuilah cara terbaik untuk mendapatkan pengikut dan meningkatkan visibilitas merk Anda. Berikut adalah hal penting yang setiap startup harus ketahui tentang pemasaran di media sosial sebelum Anda memulainya.
- Kenali Tujuan Anda
Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan kebanyakan merk saat pertama kali memulai media sosial adalah tidak menentukan dengan jelas tujuan pemasaran strateginya. Anda harus memiliki ide yang bagus dan menarik tentang apa yang Anda cari dalam kampanye Anda dan berapa lama Anda akan sampai di sana. Jika kamu tidak membuat jalan yang jelas untuk mencapai target Anda, berarti Anda hanya memposting konten sembarangan dengan berharap dapat menghasilkan pendapatan. Hal itu tidak efektif dalam meningkatkan pendapatan Anda. Itu hanya membuang waktu dan uang Anda yang seharusnya bisa digunakan dengan efisien.
- Kamu Harus Menawarkan Konten yang Bernilai
Buat konten berkualitas dengan kualitas gambar yang baik sehingga pengikut Anda benar-benar menikmati konten Anda dan akan kembali setiap hari untuk melihat merk Anda.
- Hasil Terbaik Tidak Datang secara Gratis
Anda harus memasang iklan jika ingin meningkatkan visibilitas merk. Itu tidak berarti bahwa Anda harus mulai meningkatkan posting secara acak atau membuat iklan demi visibilitas. Sebagai gantinya, buat strategi funnel marketing yang terorganisir sehingga pengguna akhirnya mengarah ke situs produk atau layanan Anda. Ini akan memakan biaya, tentu saja, tapi harganya jauh lebih murah daripada bentuk pemasaran sebelumnya dan memiliki ROI tertinggi.
- Tentukan Waktu Terbaik untuk Upload Konten Anda
Setiap platform media sosial memiliki karakteristik berbeda yang harus diperhatikan. Pastikan untuk memahaminya agar usaha Anda tidak sia-sia.
- Selesaikan Profil Startup Anda
Profil sosial Anda mungkin tampak seperti hal terakhir dalam daftar prioritas Anda, tapi ini malah adalah hal yang terpenting. Ini merupakan kesan yang orang lihat untuk pertama kali terhadap apa yang menjadi karakteristik merk Anda, jadi pastikan untuk membuatnya bagus. Informasi lebih rinci yang Anda sertakan di profil Anda semakin baik karena memungkinkan pengguna untuk dengan cepat menentukan apakah merk Anda relevan atau tidak. Ini juga memberi kesempatan bagus untuk memasukkan beberapa kata kunci di sana sehingga profil media sosial Anda dapat dilihat oleh mesin pencari.
- Conversion Adalah Tujuan Utama dalam Social Media Marketing
Social media marketing tidak hanyalah jalan untuk memberikan target pasar Anda untuk melihat merk Anda. Ini juga merupakan jalan untuk meningkatkan pengaruh dan meningkatkan penjualan. Pastikan terdapat CTAs (call-to-action) pada post Anda sehingga pengguna media sosial terdorong untuk ikut serta. Anda bisa dengan membuat proses yang menyenangkan seperti memberikan suatu diskon saat merka sign-up e-mail merka. Dengan membawa pengguna media sosial kepada situs Anda, Anda akan bisa lebih mudah mengubah merka yang awalnya hanya followers bisa menjadi buyers.
- Media Sosial Bekerja Lebih Baik jika Startup Anda Memiliki Blog
Bahkan jika Anda bukan seorang blogger, website Anda harus memiliki blog. Blog harus mempublikasikan konten berkualitas secara teratur, setidaknya beberapa kali dalam seminggu. Ini bukan karena pembaca Anda sangat ingin tahu apa yang Anda ketahui, namun ini secara signifikan meningkatkan visibilitas merk di mesin pencari. Lakukan sedikit riset kata kunci sebelum mempublikasikan setiap posting blog sehingga Anda tahu bahwa blog Anda menarik calon konsumen yang sudah tertarik dengan produk atau layanan Anda.
- Anda Harus Terlibat dengan Boost Engagement
Aturan pertama untuk meningkatkan ketekaitan adalah dengan mengikutsertakan Anda sendiri. Anda harus meletakkan merk Anda di luar sana dan menjadi yang terbaik terhadap target niche Anda. Terkaitlah dengan pengguna lain dan tunjukkan pada merka bahwa merk Anda ini ada. Satu cara yang mudah untuk dilakukan adalah melalui pelayanan otomatis, seperti Growr.
Sumber Penulisan/Daftar Pustaka: https://irishtechnews.ie/social-media-tips-for-startups-8-things-you-should-know/