Sikat Gigi Sebelum Tidur itu Penting?

Sumber: http://www.sorrisologia.com.br/

TFI Student Community – Banyak orang yang malas menyikat gigi di malam hari sebelum tidur. Padahal hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut kita. Banyak orang yang tidak bisa melakukan kebiasaan yang baik ini hanya karena malas atau merasa tidak nyaman dengan bahan pasta gigi. Akibatnya maka ada berbagai masalah gigi yang banyak kita temukan pada anak-anak maupun orang dewasa. Beberapa masalah yang paling sering terlihat adalah sakit gigi karena berlubang, penumpukan plak yang merusak gigi, kerusakan gigi pada anak- anak dan masalah kesehatan gigi lain.

Dengan menyikat gigi minimal 2 kali sehari, terutama saat malam hari sebelum tidur, kita akan mendapatkan berbagai macam manfaat. Diantara lain :

  1. Membuat Nafas Menjadi Segar

Salah satu cara untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan gosok gigi secara teratur.

  1. Mencegah Gigi Berlubang

Gigi berlubang adalah salah satu jenis masalah gigi yang sangat umum. Biasanya disertai dengan bengkak atau bau mulut yang tidak sedap. Masalah lubang gigi disebabkan karena kurang menggosok gigi secara teratur yang menyebabkan sisa makanan menempel pada gigi. Jadi, kebiasaan menggosok gigi akan mengurangi resiko lubang gigi.

  1. Mencegah Resiko Penyakit Gusi

Penyakit ini disebabkan karena plak yang terus terbentuk di bagian gigi dan gusi akan menyebabkan peradangan di sekitar gusi.

Untuk hasil yang terbaik maka kita harus mengetahui bagaimana cara menyikat gigi dengan benar. Berikut adalah anjuran untuk menyikat gigi dengan baik dan benar.

  • Gunakan pasta gigi alami yang bisa membersihkan gigi hingga ke seluruh bagian.
  • Jangan membasahi pasta gigi sebelum dipakai karena hanya akan menambah jumlah busa.
  • Sikat gigi dengan sudut sekitar 45 derajat.
  • Sikat gigi hingga ke semua sela bagian gigi dan gusi dengan urutan gigi pada bagian luar atas, luar bawah, permukaan dalam bagian atas, bawah, dan sikat gigi untuk bagian gigi belakang dengan gerakan berulang dari depan ke belakang.
  • Bersihkan busa dari pasta gigi dengan air. Disarankan untuk berkumur dalam waktu berulang-ulang hingga gigi bersih dan nyaman.

Hal – hal yang harus kita perhatikan dalam menyikat gigi :

  • Pilih Sikat Gigi yang Tepat.

Sikat gigi yang tepat bukan berarti harus mahal atau dari merek yang terkenal. Cara untuk memilih sikat gigi yang benar adalah memilih sikat gigi yang sesuai dengan ukuran mulut.

  • Waktu Gosok Gigi

Menurut pakar kesehatan mengatakan bahwa sebaiknya menggosok gigi sebanyak tiga kali dalam sehari. Dan waktu terbaik untuk menggosok gigi adalah selama 2 menit.

  • Gosok Gigi dengan Cara Lembut

Gosok gigi dengan lembut akan melindungi lapisan enamel gigi, jika Anda melakukan dengan cara yang kasar maka hanya akan merusak lapisan gigi.

  • LakukanTrik Agar Tidak Malas

Bagi beberapa orang gosok gigi memang aktifitas yang sangat menjengkelkan dan tidak disukai. Untuk menjauhkan diri dari rasa malas dan bosan, maka Anda bisa melakukan beberapa trik seperti menggosok gigi sambil membaca, berpindah-pindah tempat dan menikmati tempat gosok gigi.

  • Ganti Sikat Gigi Anda

Mengganti sikat gigi sebaiknya dilakukan secara rutin sebelum sikat itu benar-benar rusak. Kebiasaan mempertahankan sikat gigi karena nyaman ternyata bisa menyebabkan penyakit yang berbahaya. Bakteri dan kuman yang bersarang pada sikat gigi bisa menyebabkan penyakit yang serius. Untuk itu disarankan mengganti sikat gigi setiap 2 hingga 3 bulan sekali.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka: https://manfaat.co.id/manfaat-gosok-gigi

Silviana Rani H P