MANFAAT RAJIN MINUM AIR PUTIH

Sumber: Thinkstockphotos

Konsumsi air putih yang cukup sangan berpengahruh terdhadap kesehatan seseorang, karena lebih dari 50% tubuh kita terdiri dari air. Tanda adanya air, kita tidak bisa menjaga suhu untuk tetpa bisa normal atau stabil, melumasi sendi atau membuang zat yng tidak terpakai dalam tubuh seperti melalu keringat, urin, and air besar. Insititue of Medicine’s ood and Nutriotion Bran merekomendasikan bahwa wanita sebernya memerlukan2,5 liter air setiap hari dan pria memerlukan sekitar 3,7 liter setiap hari. Selain dari meniman, makanan juga dapt memberikan asupan cairan dalam tubuh, yaitu sekitar 20%. Cairan dari makanan terutama diperlohe dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semnagka yang mengandung 90% air. Manfaat minum air putih sanat berpengaruh terhadap hidup kita. Manfaat air putih adalah untuk mencegah dehidradi tubuh, menjaga kesegarana kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh, setra mendukung otot dan sendi. Tidak ada manusia yang dapat bertahan hidup dalam waktu lama juka tubuh kekurangan cairan. Jadi apa saja pentingnya air bagi tubuh?

Manfaat meminum air putih salah satunya untuk pembangkitan otot manusia. Sel-sel otot yang tidak memiliki cairan yang cukup tidak akan mampu mempertahankan cairan dan elektrolit, sehingga otot akan kelelahaan, otot yang kita miliki tidka akan berfungsi dengan baik dan kemampuannya akan berkurang seiring berjalannya waktu, lebih lagi ketika berolahraga, tubuh membutuhkan 0,5 liter air sebelum 2 jam olahraga di mulai. Air putih juga sangan di butuhkan dalan menjaga kesehatan ginjal dalam tubuh. Cairan yang kita miliki di dalam tubuh adalah alat transportasi sisa atau limbha yang keluar masuk ke dalam sel. Racun utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah, senjenis cairan yang bisa melewait ginjal untuk kemudian diproses dan dikeluarkan dalam bentuk urin. Dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari ketika cairan tuh tidak cukup dikarenakan kurangnya mengkonsusmsi air putih, konsentrasi terhadap urine, warna, dan baunya akan lebih kenata karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya. Inilai kenapa kalau kita minum air putih, risiko terkena batu ginjal akan meningkat, apalagi dengan iklim di Indonesia yang panas atau hangat. Selain berpegaruh terhadap ginjal, cairan yang cukup ckup dalam tubuh juga berpengaruh terhadap fungsi usus. Bila kita minum air putih yang cukup, makanan yang kita konsumsi dapan dengan lancar melewati saluran pencernaa dan mencegah terjadinya sembelit. Namun, apabila konsumsi air kita tidak cukup, usus akan menyerap cairan dari feses atau tinja untuk menjaga tubuh tetap dehidradi, sehingga kita akan sulit untuk buang air besar.

Saat kita keruangan carian akan terjaid dehidrasi di alam tubuh yang juga dapat membuat kulit tubuh menjadi kering, bila kita menggaruk kulit akan terlihat seperti garis putih disana. Saat dehidrasi juga pembungan racun melalu kulit juga akan terhambat. Parahnya juga kekurang nkonsumsi air dapat menyebabkan penuaan dini dan mengalami penuruan warna kulit. Setelah mengetahui manfaat meminum air putih dan apa yang terjaid ketika tubuh kekurangan air putih, sudah kebanyangkan apa yang akan terjadi di dalam tubuh kita? Konsumsilah air sesuia dengan kebutuhan kalian masing-masing.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka: 

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/5-manfaat-rajin-minum-air-putih/

Benedicta Emily E