Pelajari 5 Hal Ini jika Ingin Selamat dalam Kondisi Survival di Hutan!

Pernahkah kalian mendengar bahwa ada seseorang yang dapat bertahan hidup selama berhari-hari di hutan sebelum diselamatkan?  Jika pernah mungkin orang itu adalah salah satu orang yang memiliki pengetahuan yang baik dan ahli dalam bidang tersebut.

Perlu diketahui bahwa pengetahuan yang baik dan cukup sebelum berpetualang di dalam bebas adalah salah satu persiapan yang sangat penting, termasuk persiapan untuk mengetahui apa itu survive. Survive adalah kondisi dimana seseorang dapat hidup selama mungkin dengan persiapan dan kondisi yang tidak memungkinkan. Survive pada umumnya disebabkan oleh cedera fisik yang dialami, baik itu terjatuh saat beraktifitas atau diserang oleh hewan buas dan kondisi alam yang tidak bersahabat.

Berpetualang di alam bebas pastilah memiliki resiko untuk kita berada dalam kondisi survive, maka dari itu bekal pengetahuan sangatlah penting dan berguna apabila kita mengalami kondisi tersebut. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips dan trik bagaimana cara survive yang baik dan benar sehingga kita dapat hidup selama mungkin dalam kondisi tersebut. Seperti yang dilakukan oleh Aurelien, pria yang memiliki kebangsaan Swiss ini dilaporkan hilang saat menjelajahi hutan Raja Ampat, Papua. Akan tetapi, Aurelien dapat bertahan hidup dan survive selama 8 hari sebelum diselamatkan.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan ketika dalam kondisi survive:

1. S-T-O-P

Hal pertama yang wajib dilakukan pada kondisi survive adalah STOP. STOP adalah singkatan dari Stop (berhenti), Think (berpikir), O (amati), Plan (Perencanaan).

Sudah tidak diragukan lagi apabila kita dalam kondisi survive hal pertama yang akan dirasakan adalah kecemasan mengenai keadaan sekitar dan terus berusaha untuk mencari jalan keluar. Tetapi hal tersebut adalah kesalahan yang pada umumnya dilakukan oleh orang-orang yang tidak memiliki pengetahuan yang cukup. Maka dari itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah menenangkan diri untuk menghilangkan rasa cemas serta berhenti sejenak untuk mencari jalan keluar dan beristirahat. Sebelum bertindak lebih lanjut pastikan kita memiliki pikiran yang objektif dan mengamati lingkungan sekitar, serta membuat rencana yang akan dilakukan kedepannya. Setelah hal ini dilakukan maka kita dapat terus melanjutkan perjalanan berdasarkan perencanaan yang telah dibuat.

Source: http://www.indosurvival.com/

2. Tempat bernaung dan Kondisi tubuh yang kering

Kondisi tubuh yang selalu kering akan terhindar dari serangan hipotermia. Pada umumnya hipotermia dapat terjadi ketika kondisi tubuh dalam keadaan basah atau kondisi lingkungan lembab yang tidak mendukung. Hal-hal yang harus diperhatikan agar terhindar dari kondisi tersebut adalah dengan mencari atau membuat tempat bernaung agar dapat berlindung dari cuaca yang dingin. Satu hal yang harus dipastikan pada tempat bernaung tersebut adalah bahwa tempatnya tidak boleh basah dan kotor. Tempat bernaung sederhana yang dapat kita buat di alam bebas adalah bivak alam.

Source: https://ruangrakyat.com/

3. Menemukan sumber air bersih

Ketika dalam kondisi survival sudah dipastikan bahwa perbekalan konsumsi yang kita miliki sangatlah terbatas dan nyaris tidak ada. Maka dari itu mencari sesuatu di alam bebas untuk dikonsumsi adalah sesuatu yang harus dilakukan agar dapat survive selama mungkin. Hal pertama yang harus dilakukan pada saat survive adalah mencari sumber air bersih untuk dikonsumsi. Manusia dapat bertahan hidup selama beberapa minggu hanya dengan mengkonsumsi air, akan tetapi hanya bisa bertahan selama 4 hari jika tidak mengkonsumsi air, maka dari itu mencari sumber air adalah prioritas utama agar peluang survive kita lebih lama.  Akan tetapi terkadang pada kondisi tertentu mencari sumber air bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Maka dari itu hal yang dapat dilakukan adalah dengan menadah air hujan yang turun dengan menggunakan wadah yang tersedia. Serta mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan yang mengandung air didalamnya, seperti kaktus dan rumput penyimpan air.

Source: wallpaperaccess.com

4. Membuat tombak runcing

Tombak runcing berfungsi untuk melindungi diri dari serangan binatang buas di alam liar serta berfungsi sebagai alat untuk berburu hewan-hewan yang bisa dikonsumsi, seperti kancil dan ikan.  Berikut adalah cara membuat tombak runcing.

  •     Mencari tongkat kayu yang Panjang dan lurus.
  •     Belah ujungnya menjadi dua atau tiga bagian.
  •     Menajamkan setiap bagian mata tombak dengan pisau atau batu tajam.
Source: http://jeff-beaman.com/

5. Membuat perapian

Perapian berfungsi untuk menjadi penerang pada saat kegelapan dan dapat mengusir hewan-hewan buas yang mendekati kita. Selain itu perapian juga berfungsi untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat dan terhindar dari hipotermia. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat perapian.

  • Memanfaatkan cahaya matahari. Prinsipnya adalah dengan mengumpulkan cahaya menjadi satu titik pada daun-daun kering, hal tersebut dapat dilakukan dengan kaca pembesar atau botol mineral yang berisi air.
  • Menggunakan kayu dan ranting. Prinsipnya adalah dengan menggesekan kedua kayu agar menimbulkan efek panas. Pertama adalah dengan mencari ranting yang tebal dan mencari permukaan kayu yang lebar, lalu buat lubang berbentuk “V” dengan ukuran yang sesuai dengan ranting. Jika sudah siap, mulailah memutar ranting dengan kedua telapak tangan dengan konsisten.
Source: https://redaksiindonesia.com/

 

 

Source:

  • Akasakaoutdoor. (2019, Maret 27). TIPS MEMBUAT API DI ALAM TERBUKA DAN HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN. Retrieved Juli 13, 2021, from akasakaoutdoor.co.id: https://akasakaoutdoor.co.id/blogs/aks-tips/tips-membuat-api-dari-bahan-alami
  • Bill, A. A. (2020, Januari 20). Panduan Bertahan Hidup Saat Tersesat di Alam Bebas, Termasuk Hutan. Retrieved Juli 13, 2021, from https://tirto.id/: https://tirto.id/panduan-bertahan-hidup-saat-tersesat-di-alam-bebas-termasuk-hutan-etS2
  • Rayputri, V. A. (2021, Februari 16). Begini Cara Bertahan Hidup di Hutan saat Tersesat. Retrieved Juli 13, 2021, from travel.okezone.com: https://travel.okezone.com/read/2021/02/15/406/2362462/begini-cara-bertahan-hidup-di-hutan-saat-tersesat?page=2
Mario Halim