Ingin Mendaki Gunung? Yuk, Simak 4 Tips berikut Ini!

Mendaki merupakan salah satu aktifitas fisik yang membuat tubuh menjadi lebih kuat dan lebih mengenal alam lebih dekat. Mendaki sangat baik untuk kesehatan jantung. dengan mendaki gunung dapat meningkatkan detak jantung sehingga membantu menambah kebugaran dan daya tahan aerobik. Selain itu, dengan kebiasaan mendaki gunung akan membuat tubuh terbiasa dengan latihan fisik yang keras tanpa merasa lelah. Mendaki juga dikatakan dapat mengurangi hipertensi serta menurunkan kada kolestrol jahat yang ada pada tubuh. Namun sebelum mendaki, tentu ada hal-hal yang harus dipersiapkan lebih dulu demi keamanan dan keselamatan pada pendaki selama menjelajahi alam.

1. Menentukan Level dan Lokasi Pendakian

Jalur pendakian setiap gunung itu berbeda-beda. Jika baru pertama kali mendaki gunung, maka disarankan jangan langsung menjajal lokasi yang sulit untuk dicapai dengan level kesulitan yang tinggi. Pilihlah lokasi dengan jalur pendakian yang sesuai dengan kemampuan dan kenali terlebih dulu jalur pendakian dari lokasi yang dipilih dengan bertanya atau membaca ulasan pendakian. Selain itu pertimbangkan waktu yang dibutuhkan untuk mendaki. Untuk latihan, kita bisa memilih lokasi yang dekat dengan area tempat tinggal dan bisa ditempuh beberapa jam saja. Sehingga tidak perlu membawa tenda, baju ganti, ataupun beban lainnya.

2. Cek Lokasi dan Cuaca

Penting untuk mengetahui seperti apa cuaca di lokasi pendakian sehingga dapat mempersiapkan dan mengubah rencana jika diperlukan. Bisa memeriksa cuaca di lokasi melalui ramalan cuaca atau bertanya kepada penjaga pos pendakian atau pengawas di lokasi tersebut.

Juga mengecek apakah akan ada kabut tebal, hujan besar terutama badai petir, atau bahkan siaga letusan karena beberapa gunung di Indonesia merupakan gunung api yang masih aktif. Pertimbangan tersebut diperlukan, apakah pendakian perlu dilanjutkan atau menunda dan menunggu cuaca lebih baik. Risiko akibat cuaca buruk saat pendakian dapat berdampak fatal mulai dari tersesat di perjalanan atau hipotermia, jadi sebaiknya pendakian tidak dipaksakan dan datang kembali lain waktu.

3. Persiapkan fisik dari jauh hari

Biasanya orang mengalami kecelakaan berada pada kondisi tidak fit secara fisik, psikologis maupun sosial. Kita semua jelas tidak menginginkan kecelakaan saat mendaki gunung untuk antisipasi hal tersebut, maka dari itulah persiapkan fisik kita sebelum mendaki gunung.  Semakin tinggi kita mendaki maka oksigen akan semakin menipis, mungkin kalau mendaki masih di sekitar 3000 mdpl tidak begitu terasa, namun pada ketinggian lebih dari 3000 mdpl akan terjadi hipoksia sereberal yang akan merubah kemampuan mengambil keputusan, akan terjadi kelemahan otot dan gangguan pada koordinasi lengan dan kaki. Disinilah peran fisik yang fit akan mengurangi pengaruh ketinggian tersebut terhadap tubuh kita.

Udara yang dingin, disertai hujan dan angin bisa jadi menu tambahan ketika kita naik gunung. Pendaki dengan kebugaran badan yang baik suhu 40-70 tidak terlalu mengganggu, tetapi yang kurang baik kondisi tubuhnya, maka akan menimbulkan masalah yang serius karena kecepatan metabolisme tidak dapat mengimbangi dinginnya udara. Latihan fisik juga akan melatih kelenturan dan kekuatan otot yang sering digunakan untuk mendaki gunung seperti otot kaki, otot lengan, otot punggung dan sebagainya.

4. Membawa Barang Seperlunya Saja

Sebelum mendaki, diperlukan persiapan mental yang matang dan juga peralatan sebelum melakukan pendakian. Persiapan yang benar akan membuat pendakian berjalan lancer, aman dan nyaman. Adapun barang-barang yang wajib dibawa saat mendaki :

  • Peta, kompas / GPS
  • P3K
  • Senter
  • Korek api
  • Makanan
  • Pakaian
  • Tenda

Namun selain beberapa tips diatas ada tips tambahan nih yang perlu teman-teman ingat. Sebagai seorang pendaki, kita juga perlu ingat pesan yang sudah menjadi hukum tak tertulis bagi pendaki gunung lho, yaitu:

  • Jangan ambil apapun kecuali gambar
  • Jangan meninggalkan apapun kecuali jejak
  • Jangan bunuh apapun kecuali waktu

Nah 3 hal tersebut merupakan hal penting yang harus teman-teman semua perhatikan ya. Karena saat melakukan pendakian, kita tidak pernah tau bahaya apa yang mengancam kita saat melakukan pendakian. Sehingga teman-teman juga perlu menjaga sopan santun dan tetap mempersiapkan diri teman-teman sesuai tips diatas ya!

 

Source:

  • https://foresteract.com/10-barang-wajib-dibawa-saat-mendaki-gunung/#:~:text=Oleh%20karena%20itu%2C%20bagi%20kalian%20para%20pendaki%20wajib,seperti%20beras%2C%20mi%20instan%2C%20sayuran%20kering%2C%20dan%20sosis.
  • https://www.msn.com/id-id/berita/other/7-hal-yang-harus-anda-persiapkan-sebelum-naik-gunung/ar-BB1a2oF0#:~:text=Untuk%20menjamin%20kebugaran%20fisik%20Anda%20menjelang%20hari%20naik,gunung%20yang%20berat%20totalnya%20bisa%20mencapai%2018%20kilogram.

 

Kezia