TKU 2021: Under The Sea

Hai Manis!

Acara Temu Keakraban UKM atau TKU biasa juga dikenal sebagai Welcoming Party. Acara ini adalah salah satu acara internal STMANIS yang diadakan rutin setiap tahunnya. Tahun ini acara TKU menyandang tema Under The Sea dengan maskot Dumbo Octopus berwarna kuning. Tema ini diambil dengan harapan para anggota STMANIS akan terus hidup dalam harmoni dalam laut, yakni UKM STMANIS itu sendiri. Hal ini diibaratkan beragam biota yang hidup dengan laut sebagai habitatnya.  Acara ini diselenggarakan secara online pada Sabtu, 4 September 2021 dengan dresscode bernama Ocean Outfit bewarna biru atau hijau. Tentakel yang banyak melambangkan anggota-anggota STMANIS yang saling merangkul dan warna kuning melambangkan kehangatan. Jadi, secara keseluruhan dapat diartikan kehidupan anggota STMANIS yang saling merangkul satu sama lain dan hidup dalam kehangatan.

TKU 2021 diselenggarakan melalui Zoom meetings dan dimulai pada pukul 13.00 WIB dengan diawali kata sambutan dari PIC TKU 2021 dan Ketua STMANIS 2021 dan dilanjutkan dengan video perkenalan panitia TKU.

Acara dilanjutakan dengan sesi Ice Breaking di mana para peserta akan dimasukan ke dalam 11 breakout room dengan masing-masing room berisi 7-8 peserta. Para peserta kemudian saling berkenalan dengan satu sama lain dan anggota aktif STMANIS lainnya.

Sesuai dengan tujuan TKU, yakni memperkenalkan lebih dalam lagi mengenai STMANIS, Rahmi Assyifa Harfi selaku ketua STMANIS 2021 menyampaikan presentasi mengenai STMANIS juga program kerja yang dimiliki oleh STMANIS. Lalu diikuti dengan presentasi HUT STMANIS 2021 oleh Nandini Paramitah Trisnadi, PIC HUT STMANIS 2021 yang mana mengajak anggota STMANIS 2021 untuk ikut merayakan  salah satu event internal STMANIS berikutnya.

Setelah materi presentasi, peserta diajak untuk bermain Games I: Tebak Film. Tebak Film menggunakan cuplikan film yang ditampilkan sebagai clue dari nama film yang harus ditebak oleh peserta. MC memimpin jalannya permainan hingga mendapat satu pemenang dengan nilai tertinggi. Sesi kemudian berlanjut ke presentasi mengenai pementasan junior dan pementasan besar yang dibawakan oleh Stefani Felita Halim selaku pimpinan produksi. Presentasi ini diberikan guna mendorong para anggota buru untuk ikut serta dalam pementasan junior dan pementasan besar.

Selesai sesi presentasi, acara dilanjutkan dengan sesi pementasan mini di mana seluruh anggota baru STMANIS, yaitu STMANIS 2021 menampilkan pementasan yang terbagi dalam 7 kelompok dan dibimbing para mentor dari panitia TKU. Pementasan ini diadakan untuk memperkenalkan pementasan junior pada anggota baru STMANIS. Dari pementasan ini akan diambil 3 kelompok sebagai pemenang pementasan dengan juri Kak Ghea, Kak Bart, dan Kak Cahya. Tema dari pementasan mini kali ini adalah kekuatan dari keberagaman. Setiap kelompok membawakan cerita yang ditulis sendiri dengan 3 tantangan yang sudah ditentukan. Lalu MC akan menemani partisipan di jam istirahat dan melanjutkan ke sesi selanjutnya.

Acara berlanjut dengan PIC Kaos Hitam 2022, yaitu Gabriella Sunardi melakukan presentasi mengenai Kaos Hitam yang mana bertujuan untuk menarik minat anggota baru dan anggota aktif untuk menjadi aktivis dengan mengikuti LDK-Kaos Hitam.

Untuk kembali memeriahkan acara, MC mengarahkan peserta ke Games II: Find TKU. Games ini tidak jauh berbeda dengan BINGO, hanya saja baris angka yang harus didapatkan berjumlah 3 untuk membetuk kata TKU. Peserta kemudian diberikan pertanyaan seputar kehidupan laut dan STMANIS untuk dapat memilih angka. Peserta tercepat yang berhasil membentuk kata TKU akan menjadi pemenang dalam FIND TKU.

Kemudian, peserta akan diajak untuk berbagi cerita bersama para anggota baru dan anggota aktif mengenai beberapa hal seperti kesan pesan, pengalaman saat pementasan, dan episode-episode seru selama di STMANIS menggunakan Slido. Selanjutnya adalah pemutaran video penyambutan untuk secara simbolis menyambut anggota baru di keluarga besar STMANIS.

Puncak acara adalah pembacaan pemenang awards dan games yang dikategorikan sebagai berikut:

Best costume male: Rafky adriyansyah

Best costume female: Emily Meyta Sorputty

Games 1: Vania Ariella

Games 2: Valdiazmi Vikri


Pemetasan terbaik:

  1. Juara Pertama: Kelompok Badut
  2. Juara Kedua: Kelompok Queen-snapper
  3. Juara Ketiga: Kelompok Kupu-kupu

Acara lalu ditutup dengan sesi doa dan foto bersama

Selamat kepada semua pemenang dalam TKU 2021: Under The Sea!

Dengan adanya acara ini, diharapkan semua anggota STMANIS dapat menjalin hubungan antar sesama anggota STMANIS dengan terus berkarya dalam kebersamaan dan kekeluargaan yang lebih erat. Terima kasih kepada seluruh panitia yang berkontrubusi dalam keberlangsungan acara TKU ini sehingga dapat berjalan dengan lancar. Semoga kekurangan dalam acara ini dapat dijadikan pembelajaran untuk event-event lainnya.

Sampai jumpa di event STMANIS berikutnya!

STMANIS? MAKIN MANIS!

Hanny Aka Ananda