HUT STMANIS 2023: THE WHIMSICAL WORLD OF STMANIS

Halo, Manis! 

HUT STMANIS merupakan salah satu acara yang dilakukan rutin setiap tahunnya untuk merayakan hari berdirinya kembali STMANIS yang bertepatan pada tanggal 21 Agustus 1993. Acara ini diadakan dengan tujuan untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama anggota aktif maupun alumni, sehingga STMANIS akan terus menjadi rumah serta wadah anggotanya untuk terus berkarya dan bertukar ilmu. 

Tiap tahunnya, HUT STMANIS memiliki tema dan konsep kegiatan yang berbeda beda. Adapun tema yang akan digunakan dalam acara HUT STMANIS 2023 ini adalah “Barbie”. Hal ini dikarenakan Barbie memiliki banyak jenis. Tiap tahunnya Barbie terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Sama halnya dengan STMANIS yang bisa develop and grow from time to time. Adapun konsep yang akan digunakan dalam HUT STMANIS 2023 yaitu, warna di Whimsical Land mulai pudar, sehingga dari sanalah peserta mencoba mengembalikan warna dan power of the colors tersebut ke Whimsical Land dengan cara bermain permainan. Warna yang pudar di Whimsical Land disimbolkan dengan dresscode panitia yang monotone. Sedangkan, power of the colors juga bisa diartikan ke diversity.

Untuk merayakan HUT STMANIS yang ke-24, acara tahun ini dilakukan secara full onsite yang bertempatan di Cafe Temu, Kemanggisan pada Minggu, 15 Oktober 2023 yang bertempatan di Cafe Temu, Kemanggisan yang dihadiri oleh lebih dari 50 peserta. Acara ini dimulai pada pukul 17.00 WIB yang dimulai dengan trailer HUT STMANIS tahun ini yang setelah itu diikuti oleh sambutan meriah dari kedua MC. Untuk memulai acara ini, PIC HUT dan juga ketua STMANIS 2023 memberikan kata sambutan untuk para peserta. 

Kemudian, acara HUT berlanjut dengan dilakukannya Ice Breaking: Kuncup Mekar dimana para peserta harus mengikuti perintah dari MC, yaitu mengikuti perkataan kuncup atau mekar. Para peserta harus mengangkat kedua tangan dengan menyentuhkan kedua telapak tangan di udara ketika MC memerintahkan kata “kuncup” dan membuka kedua tangan ketika MC memerintahkan kata “mekar”. 

Setelah sesi ice breaking selesai, dilakukan sesi perkenalan panitia sesuai dengan divisinya masing-masing. Memasuki permainan pertama dengan judul Word Chain. Permainan ini merupakan jenis permainan tebak teka teki yang kemudian peserta harus mengumpulkan huruf depannya agar menjadi suatu kata yang utuh dimana permainan ini dilakukan sebanyak 3 ronde. Setelah sesi istirahat dilakukan, lanjut ke sesi yang tidak kalah seru, yaitu pementasan mini yang dilakukan oleh beberapa panitia sesuai dengan tema dan konsep yang digunakan dalam acara HUT STMANIS tahun ini.

Memasuki permainan kedua, yaitu Blind Drawing, dimana peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok yang kemudian mereka harus menyumbangkan satu anggotanya untuk ditutup matanya agar bisa menebak gambar yang masing-masing anggota kelompok gambar dalam waktu 5 detik. Setelah mengikuti permainan dan menonton pementasan, memasuki puncak acara yang diawali dengan video throwback STMANIS dari tahun ke tahun, yang kemudian dilanjutkan dengan tiup lilin bersama yang dipimpin oleh MC dan ditutup dengan sesi sharing dari para alumni dan anggota aktif STMANIS lainnya.

Sesi yang paling ditunggu tunggu adalah pembacaan pemenang permainan dan awards. Terdapat beberapa kategori awards yang meliputi, Best Female Costume, Best Male Costume, dan Best Wishes yang merupakan permainan yang pada saat itu disebarkan melalui Instastory @stmanisbinus pada tanggal 21 Agustus 2023 dimana panitia mencari ucapan terbaik dari anggota STMANIS di HUT STMANIS kali ini.

Adapun beberapa pemenang, diantaranya adalah: 

  1. Best Female Costume: Nandini Paramitha STMANIS 2020
  2. Best Male Costume: Fairuz Habiebie STMANIS 2020
  3. Best Wishes: Hanny Aka Ananda STMANIS 2020
  4. Juara Ronde 1 Word Chain: Putri Zahra Nayla STMANIS 2021 
  5. Juara Ronde 2 Word Chain: Hanny Aka Ananda STMANIS 2020
  6. Juara Ronde 3 Word Chain: Emily Florie STMANIS 2020 
  7. Juara Blind Drawing: Kelompok 5

Setelah sesi pembacaan pemenang permainan dan awards, acara ditutup dengan doa dan sesi foto bersama. Diharapkan dengan adanya acara ini diharapkan agar seluruh anggota STMANIS dapat menjadi unit kegiatan mahasiswa yang memiliki hubungan baik antar anggotanya. Tidak lupa juga ucapan terima kasih kepada seluruh panitia yang turut berkontribusi dalam terlaksananya HUT STMANIS tahun ini. 

Sampai jumpa di HUT STMANIS selanjutnya! 

STMANIS? MAKIN MANIS!