LDK-Pengurus

LDK-Pengurus merupakan sebuah program wajib STMANIS setiap tahunnya untuk mempersiapkan para aktivis untuk menjadi pengurus di kepengurusan selanjutnya. Pada tahun ini, STMANIS telah melaksanakan LDK-Pengurus pada 22 Mei – 23 Mei 2022. LDK ini mencakup kaderisasi, kebersamaan, pelatihan, dan pembangunan karakter pada masing-masing diri peserta. Dengan adanya LDK ini, diharapkan untuk dapat memberi pengetahuan dan pemahaman mendalam kepada para anggota terhadap birokrasi organisasi yang harus dipatuhi dalam menjalankan organisasi yang ada di BINUS University.

Kegiatan LDK ini dibagi menjadi dua hari, di mana hari pertama adalah pembekalan materi kepada para calon pengurus terhadap setiap divisi yang ada dalam STMANIS. Pembekalan divisi dimulai dari divisi SDM (Sumber Daya Manusia), kemudian dilanjutkan dengan divisi Perlengkapan, lalu divisi HUMAS (Hubungan Masyarakat), dan yang terakhir adalah PUBDOK (Publikasi dan Dokumentasi). Untuk menguji lebih jauh tentang pemahaman para peserta, kami juga memberikan post-test pada setiap akhir sesi presentasi.

Kemudian di hari kedua, pembekalan materi akan dibawakan oleh Dewan Pengurus Inti (DPI), yang dalam hal ini adalah Ketua, Sekretaris, dan Bendahara. Materi yang dibawakan sebagai pengenalan kepada para peserta mengenai sistem kerja yang berlaku di organisasi, juga pihak SCAC yang berhubungan langsung dengan STMANIS seperti SOA, Finance dan Compliance, dan SCAC Manager. Setelah para DPI selesai membekali para peserta, acara kemudian dilanjutkan ke dalam sesi study case di mana pada sesi ini para peserta akan dibagi menjadi tiga kelompok yang didampingi oleh para pengurus STMANIS yang sedang menjabat. Masing-masing dari ketiga kelompok tersebut akan diberikan study case yang berbeda untuk melihat dan menilai seberapa jauh pemahaman dan kecekatan mereka dalam mengeksekusi berbagai macam permasalahan. Disatu sisi, study case ini akan membantu mereka dalam menjalin hubungan satu sama lain, mempererat komunikasi dan kebersamaan.

Terakhir acara akan ditutup dengan sesi feedback dari kedua sisi baik panitia maupun peserta. Diharapkan dengan adanya dan berlangsungnya acara ini, dapat meningkatkan kebersamaan, kekompakkan, dan yang paling penting adalah kemampuan dan pemahaman para anggota untuk melanjutkan kepemimpinan organisasi di kemudian hari.

Willsen Andrian