Modern Dance vs Contemporary Dance

Hello Dancers, kali ini STAMANARA akan membahas mengenai modern dance dan juga contemporary dance nih. Tentu saja para dancers pasti tidak asing dengan kedua genre ini tapi apa saja sih perbedaan dari dua dance style ini, yuk langsung aja kita bahas.

Tari modern menggambarkan kebebasan yang tidak terbatas dibatasi oleh balet klasik. Pada awalnya, tari modern mengambil inspirasi dari mitos dan legenda, namun kemudian berkembang menjadi ekspresi dari kondisi sosial, etnis, politik, dan ekonomi pada masa itu. Selanjutnya, tari modern juga dipengaruhi oleh tarian dari negara lain, termasuk Karibia, Afrika, dan Amerika Latin. Saat ini, penekanan lebih diberikan pada teknik, dengan langkah-langkah tari modern yang mencakup unsur tari klasik, modern, dan postmodern.

Tarian kontemporer merupakan genre tarian konser yang muncul pada abad ke-20. Genre ini dapat dianggap sebagai evolusi dari tarian dan balet modern, yang memiliki sifat yang sangat tidak klasik. Tarian kontemporer mencakup berbagai teknik, termasuk gerakan di lantai, jatuh, pemulihan, improvisasi, dan bahkan integrasi dengan disiplin ilmu lain seperti yoga, pilates, dan seni bela diri. Komunikasi ekspresif dalam tarian kontemporer terjadi melalui gerakan yang bebas dari pembatasan dan pengkodean. Tarian kontemporer didasarkan pada konsep-konsep universal seperti ruang, waktu, garis, dan kurva, dan bahasa ekspresinya terletak pada isyarat-isyarat yang dilakukan oleh tubuh. Oleh karena itu, para koreografer dalam genre ini sering melakukan pencarian dalam diri mereka sendiri. Improvisasi menjadi salah satu elemen penting dalam tarian kontemporer, karena hal ini memungkinkan penari untuk mengekspresikan diri mereka.

Meskipun terlihat sangat mirip, terdapat perbedaan yang jelas antara tarian modern dan tarian kontemporer. Tarian modern merupakan gaya yang melepaskan batasan-batasan dari balet klasik dan lebih berfokus pada interpretasi bebas yang berasal dari emosi batin penari. Tarian modern muncul sebelum tarian kontemporer dan fokus utamanya adalah pada ekspresi emosi penari. Di sisi lain, tarian kontemporer lebih menekankan pada eksplorasi teknik dan gaya baru.
dan tarian kontemporer memiliki lebih banyak elemen yang bersifat cair dan ringan, yang menekankan hubungan antara tubuh dan pikiran. Mengidentifikasi dan memahami perbedaan antara tarian modern dan tarian kontemporer dapat menjadi sulit jika tidak familiar dengan sejarah dan teknik dari kedua gaya tarian tersebut.

Jadi itulah perbedaan dari modern dance dan contemporary dance dancers, segitu dulu dari kita semoga bermanfaat dan menambah wawasan ya dancers.

Referensi : officina (2020). Difference between modern dance and contemporary dance. [online] Palestra Wellness Evolution Imperia. Available at: https://www.wellnessevolution.it/en/difference-dance-modern-dance-contemporary/ [Accessed 20 May 2023].