Bagaimana Cara Mengontrol Power Ketika Menari 

Halo Dancers! Pernahkah kalian ketika di tengah-tengah sedang menari sering kehilangan tenaga? Apakah kalian pernah mengalami kesulitan dalam mengatur pernafasan karena terlalu bersemangat dalam menari? Pada hal ini, kita perlu mengetahui kapan pembagian tenaga yang tepat saat ingin menari sehingga menciptakan kestabilan dalam menggerakan suatu gerakan tarian yang dimiliki. Tidak hanya itu, kualitas yang ditampilkan juga menjadi lebih bagus dan tidak menimbulkan perbedaan terutama menari secara berkelompok.

Seperti yang kita ketahui, pengontrolan power dalam tubuh saat menari merupakan salah satu elemen penting yang perlu dikuasai sebagai penari. Hal ini apabila penari dengan pengontrolan power yang baik maka mampu memperluas koreografi menjadi lebih teratur, rapih, dan lebih kuat secara keseluruhan. Perihal penjelasan sebelumnya, berikut adalah berbagai cara bagaimana kita bisa memiliki pengontrolan power yang baik dalam menari:

  1. Mengetahui Titik untuk Berhenti

Apabila ingin menari dengan lebih banyak kontrol, kita perlu mengetahui serta memahami bagian gerakan mana yang seharusnya berhenti dan tidak. Sebagai penari, ada pentingnya untuk memperhatikan beberapa gerakan yang bisa dijadikan sebagai tumpu untuk berhenti agar pengontrolan tenaga dalam tubuh menjadi lebih teratur dan tahu di mana harus menggerakan tarian tersebut dengan benar.

  1. Memilih Otot Bagian Mana serta Kapan akan Digunakan

Apabila diilustrasikan dapat dilihat bahwa tubuh kita bisa dianggap sebagai boneka, di mana setiap bagian tubuhnya dikendalikan oleh string tertentu. Ketika ingin menari, kita perlu membiasakan diri bagaimana rasanya menggerakkan bagian tubuh tertentu dan berusaha agar tidak menjadi posisi yang canggung.

  1. Menari dengan Kekuatan

Memiliki kemampuan menari dengan banyaknya kontrol tubuh bisa menunjukkan adanya kekuatan dalam diri kita terhadap power yang dimiliki. Pada hal ini dipastikan supaya kontrol dari power yang digunakan tidak kekurangan maupun kelebihan dari kemampuan menari tersebut. Selain itu, kita juga ingin menyocokkan tingkat kekuatan yang tepat sesuai dengan musiknya.

  1. Tingkatkan Fleksibilitas dalam Menari

Jika kita meningkatkan rentang gerakan dalam menari, maka kita akan memiliki kelincahan untuk bergerak sesuai dengan keinginan kita tanpa adanya memiliki tekanan secara fisik. Sebelum memulai menari, alangkah baiknya melakukan pemanasan ringan. Pada hal ini, dengan melakukan split ataupun high kicks bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri, karena diperlukannya kontrol yang besar di mana secara keseluruhan kita sendiri yang mengatur tingkatan kesusahan pengontrolannya.

  1. Jadikan Kaki sebagai Penstabil dalam Menari

Dalam menari, jika bagian bawah lemah dan goyah, maka secara tidak langsung tidak ada bagian atas tubuh yang terkendali kontrolnya. Untuk melakukan ini, ketahuilah bagaimana berat badan kita harus didistribusikan di setiap gerakan saat menari agar bisa mempermudah diri kita dalam menari.

Itulah bagaimana cara mengontrol power ketika menari. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk cek instagram kami di @stamanara untuk informasi menarik lainnya!

STAMANARA? AHEEE~

Referensi:

https://www.steezy.co/posts/want-to-dance-with-more-control-read-this