How Dancing can Improve your Self-Confidence

Halo Dancers! Pernahkah kalian memperhatikan bahwa penari cenderung menunjukkan ketonjolan mereka saat berada di keramaian? Bukan hanya karena mereka lebih sadar akan tubuh mereka, melainkan juga pada umunya mereka memiliki dasar kepercayaan diri yang tinggi. Seperti yang kita ketahui, hingga sekarang masih banyak sebagian orang yang mempunyai rasa kurang kepercayaan diri mereka baik saat ingin berbicara, menari di depan banyak orang ataupun yang lainnya. Pembentukan self-confidence itu tersendiri pastinya membutuhkan waktu proses yang berbeda-beda bagi setiap orang ketika mereka ingin mendapatkan rasa kepercayaan diri tersebut. Maka dari itu, salah satu cara agar dapat meningkatkan self-confidence diri kita adalah dengan menari dan di bawah ini ada beberapa cara bagaimana menari dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri:

  1. Learning a skill

Mempelajari suatu gerakan serta teknik menari yang baru secara alami mampu meningkatkan rasa kepercayaan diri kita, walaupun pada awalnya langkah-langkah tersebut tampak tidak mudah untuk dilakukan karena dibagi menjadi beberapa potongan gerakan. Namun, dengan melakukan hal tersebut rasa pencapaian dari diri kita ketika dengan cepat menyatukan seluruh potongan gerakan tersebut ke dalam serangkaian langkah akan membuat kepercayaan diri kita meningkat dan mampu memberikan dorongan untuk menangani koreografi yang semakin kompleks.

  1. Overcoming the fear

Pada awalnya, ketika kita ingin memulai belajar menari di hari pertama dan bertemu dengan orang baru tentu menimbulkan rasa gugup serta kekhawatiran tersendiri. Namun, dengan menghadiri kelas menari di hari pertama dapat menjadi cara yang tepat untuk membantu meningkatkan rasa kepercayaan diri kita, begitu juga apabila dilakukan secara terus menerus sehingga secara tidak langsung diri kita akan mulai merasa lebih nyaman dengan situasi tersebut ketika ingin menari dan lebih percaya diri ketika kedepannya ingin tampil di depan banyak orang.

  1. Learning to perform

Seperti apa yang dijelaskan sebelumnya, selain kita mempelajari berbagai macam gerakan tarian untuk kesenangan tersendiri, menari pun memiliki suatu elemen di mana dengan kita tampil di depan banyak orang dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri kita dan memiliki rasa nyaman tersendiri saat berada dalam sorotan penonton.

  1. Making new friends

Ketika kita menghadiri suatu kelas menari secara rutin dan bertemu dengan orang baru, secara tidak langsung kita telah memasuki lingkungan sosial yang baru dan berbeda. Pada hal ini, faktor dari lingkungan sekitar dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri kita karena seiring berjalannya waktu kita tentu akan menemukan sisi lain yang menyebabkan kita menjadi terpengaruh.

  1. Having fun

Pada segala bentuk aktivitas fisik, tubuh kita akan melepaskan endorfin ketika sedang menari dan apabila kita menari dengan vibes yang menyenangkan, maka hal tersebut dapat mempengaruhi suasana hati kita menjadi meningkat dan pembawaan menari lebih seru, rileks, dan percaya diri.

  1. Be yourself

Menari dan berlatih secara teratur berarti kita telah mempelajari gerakannya dengan cepat. Setelah kita memahami seluruh langkah ataupun gerakannya, maka kita dapat fokus untuk menampilkan dan mengekspresikan diri kita bersama dengan musik, yang pada selanjutnya akan meningkatkan kepercayaan diri saat kita telah yakin akan kemampuan menari yang dimiliki.

 

Itulah beberapa cara bagaimana menari dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri. Semoga bermanfaat!

STAMANARA? AHEEE~

Reference:

https://www.arthurmurraycrowsnest.com.au/blog-posts/dance-benefits/dancing-is-good-for-self-confidence