Keuntungan Menari untuk Kesehatan

Dancers, kalian tau tidak kalau menari memiliki banyak keuntungan untuk kesehatan loh. Pasti kalian penasaran tentang keuntungan kesehatan yang bisa di dapatkan dengan menari. Kali ini STAMANARA akan memberi tau kalian mengenai keuntungan tersebut.

Berikut merupakan keuntungan menari untuk kesehatan:

  1. Kesehatan Otak Lebih Baik

Menari dapat meningkatkan daya ingat bahkan mencegah  demensia. Penelitian lain juga menunjukan bahwa latihan tari aerobik dapat membalikan kehilangan volume di bagian otak (hipocampus) yang mengontrol memori, yang cenderung menyusut di akhir masa dewasa. Mempelajari langkah dan perubahan dalam gerakan tarian juga merupakan cara yang bagus untuk menantang otak anda, berapa pun usianya. Para peneliti telah menemukan bahwa latihan seperti menari juga meningkatkan keterampilan kognitif seperti perencanaan dan pengorganisasian.

  1. Peningkatan Fleksibilitas

Gerakan yang berhubungan dengan tarian dapat meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi ke kakuan. Bahkan peregangan sederhana yang terkait dengan tarian dapat membantu meredakan nyeri sendi dan nyeri dari latihan lain yang lebih intens.

  1. Minimalkan Stress

Sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of Applied Gerontology menemukan bahwa menari dengan pasangan diiringi musik dapat mengurangi stress. Penelitian lain menunjukan hasil yang serupa, dimana penelitian tersebut menunjukkan bahwa menari meningkatkan kadar hormon serotonin dan dapat membuat anda merasa lebih baik.

  1. Meredakan Depresi

Dalam sebuah penelitian yang menyelidiki efek tarian pada pasien depresi, mereka yang berpartisipasi dalam tarian kelompok bahagia memiliki gejala depresi paling sedikit serta menghasilkan lebih energi dan optimistis.

  1. Penurunan Berat Badan

Lebih banyak olahraga biasanya berarti peningkatan penurunan berat badan. Menurut sebuah studi oleh Journal of Physiological Anthropology, latihan tari aerobik dapat membantu anda menurunkan berat badan sebanyak bersepeda atau jogging.

  1. Peningkatan Energi

Menurut survei yang dilakukan oleh Scholarly Publishing and Academic Resources Coalition, program dansa mingguan dapat meningkatkan kebugaran fisik orang dewasa dan meningkatkan tingkat energi mereka.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Secara alami, semakin cepat anda menari maka semakin cepat jantung anda berdetak dan semakin kuat dan sehat jantung anda. Menurut sebuah penelitian di Italia, orang dengan gagal jantung yang memulai Waltz secara signifikan meningkatkan jantung, pernapasan, dan kualitas hidup dibandingkan mereka yang hanya bersepeda atau berjalan di atas treadmill.

  1. Penyesuaian Kekuatan dan Keseimbangan yang Lebih Baik

Menari membutuhkan banyak gerakan cepat dan postur yang baik, ini dapat membantu anda untuk memiliki kontrol yang lebih baik atas tubuh anda.

  1. Meningkatkan Kesehatan Sosial dan Emosional

Kelas dansa adalah cara yang bagus untuk mendapatkan teman baru dan bersosialisasi. Memiliki hubungan yang positif merupakan kontributor penting untuk meningkatkan kesehatan mental. Ini dapat meningkatkan kesejahteraan, mengurangi stres, dan bahkan menyebabkan sistem kekebalan yang lebih kuat.

  1. Harga Diri dan Kepercayaan Diri yang Lebih Tinggi

Menurut studi penari cenderung melaporkan tingkat harga diri dan kepercayaan diri yang lebih tinggi.

Inilah beberapa keuntungan kesehatan yang bisa didapatkan dengan menari. Semoga dengan ini kalian tambah semangat untuk menari ya.

STAMANARA! AHEE!~