Tips dan Tricks agar Terciptanya Sinkronisasi dalam Dance

Suatu koreografi yang luar biasa bagusnya tidak bisa menjadi penentu berhasilnya suatu tarian. Sebuah kelompok tari yang sama-sama memiliki energi keras lembut yang tepat yang dilengkapi dengan komponen pendukung lainnya seperti ekspresi tanpa adanya kekompakkan atau sinkronisasi dalam menari, akan susah untuk dinikmati oleh penonton. Hal ini justru menyebabkan koreografi yang sudah dirancang sedemikian rupa terkesan berantakan. Mengutip perkataan pelatih Tim Dansa Universitas Cincinnati, Jennifer Bernier berkata “Sinkronisasi sempurna adalah yang membawa visi koreografi”. Oleh karena itu kita perlu melatih kekompakkan dan harus bisa bergerak serempak dengan sempurna untuk memukau penonton dan juri jika nantinya akan berkompetisi.

Berikut merupakan tips dan tricks yang bisa dilakukan agar terciptanya sinkronisasi dalam dance:

  1. Melatih hitungan lagu

Dengan melatih hitungan akan membantu kita dalam menafsirkan potongan-potongan lagu. Hal ini dapat dimulai dengan mendengarkan semua dinamika musik yang berbeda, membagi downbeat menjadi beberapa bagian untuk mendapatkan hitungannya sendiri, lalu menempatkan hitungan musik dengan koreografi untuk menyesuaikan pola aslinya dengan para penari.

  1. Memperhatikan detail koreografi

Ada pentingnya untuk memperhatikan detail koreografi kecil yang akan membuat sinkronisasi lebih tajam. Cobalah untuk melatih mengingat detail tarian dengan memikirkannya perlahan-lahan ketika sedang latihan, lalu berfokus pada gerakan sederhana agar dapat membantu kita memperjelas gambaran yang lebih besar.

  1. Formasikan penempatan masing-masing penari

Dalam membuat dance yang serempak, penempatan formasi harus dibuat dengan tepat agar gerakan tidak terlihat berantakan. Selain itu, cobalah berlatih sambil menghadap ke dinding belakang bukan cermin, sehingga akan membantu untuk belajar menentukan apakah jarak serta formasinya sudah tepat.

  1. Jangan sampai kebingungan dengan gerakan tarian

Menyinkronkan urutan yang membingungkan tentu sangat menantang. Cara agar tidak kebingungan saat menari adalah dengan menggunakan delapan hitungan di setiap penempatan gerakan dan menandai bagian-bagian rumit agar dapat memastikan ritme naik-turun yang sama.

  1. Memahami lagu pada tingkat tertentu

Setiap gerakan tentu memiliki polanya yang sudah ditentukan sebelumnya. Maka dari itu, setiap penari perlu memahami musik agar dapat mengatur langkah yang sesuai dengan musik yang didengar. Selain itu, agar gerakan lebih sinkron dapat dilakukan dengan memprediksi serta membaca gerakan yang akan dilakukan selanjutnya oleh penari lain agar lebih mudah saat menari.

Semoga dengan mempelajari tips dan tricks di atas serta konsisten untuk menekuninya, kamu akan mengalami progress yang besar dalam mensinkronisasikan tarian ya, dancers! Akan lebih baik lagi jika kamu mengikuti komunitas yang sama-sama menyukai bidang seni tari seperti, STAMANARA! Kamu akan tumbuh dalam komunitas yang sehat sekaligus memaksimalkan potensimu dalam menari tentunya.

STAMANARA? AHEE~

Sumber :

https://dancespirit.com/we-go-together/

https://www.quora.com/How-do-you-synchronize-your-movements-with-your-partner’s-when-dancing