BODY GROOVE DANCE FESTIVAL 2019

BODY GROOVE 2019 [FANTASY : ENCHANTED JOURNEY] BY STAMANARA

BODY GROOVE 2019 is back! Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, BODY GROOVE 2019 kali ini juga telah sukses dilaksanakan. Festival dance BODY GROOVE merupakan salah satu event terbesar oleh STAMANARA yang diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya. Ini merupakan kali ke-tigabelas STAMANARA mengadakan event BODY GROOVE sebagai wujud apresiasi terhadap seni tari dan juga untuk merayakan ulang tahun STAMANARA yang dituangkan melalui ajang kompetisi tari berbagai genre dengan target peserta wilayah Jabodetabek.

BODY GROOVE 2019 mengusung tema “Fantasy : Enchanted Journey” yang menceritakan tentang jati diri seorang penari yang mengimajinasikan konsep tari mereka secara luas dan bebas mengekspresikan diri di atas panggung. Dengan konsep tersebut diharapkan bahwa BODY GROOVE bisa menjadi wadah kreativitas yang unik dan baru untuk mewujudkan mimpi atau imajinasi, bukan hanya untuk para peserta atau dancer saja melainkan juga untuk masyarakat umum. Selain tema, tentu BODY GROOVE juga memiliki tagline tersendiri yaitu “Close your eyes, let your body groove in your fantasy” yang memiliki makna agar BODY GROOVE dapat membawa suasana yang berbeda dan karya seni unik sesuai dengan imajinasi para penari.

BODY GROOVE 2019 dilaksanakan selama dua hari yaitu pada 3-4 Agustus 2019 di Tribeca Central Park Mall, Jakarta Barat. Para peserta bersaing memperebutkan total hadiah sebesar Rp18.000.000,00 melalui 4 kategori perlombaan yaitu modern dance, open style battle, B-boy battle, dan K-pop dance cover. Acara BODY GROOVE pada hari pertama dimulai pukul 11.00 yang dipandu oleh MC Nella Wiranti dan Anastasia Vanessa. Nah, STAMANARA mega crew juga menyuguhkan dance performance lho pada opening kali ini. Setelah opening dari STAMANARA, acara dance competition pun dimulai dari kategori modern dance dimana uniknya para pesertanya berasal dari berbagai kalangan usia, bukan cuma remaja saja tapi ada juga lho anak-anak yang ikut berpartisipasi. Sebanyak 8 peserta tampil dengan membawakan konsep mereka masing-masing yang unik dan keren abis! Selain para pesertanya yang keren-keren, kedua juri di kategori kompetisi ini juga gak kalah keren yaitu Daniel Walton (De’Boys) dan Ronald Crescendo (onFrame).

Setelah semua peserta tampil dan para juri telah memberikan penilaian, tiba saatnya pengumuman pemenang. Inilah list pemenang Dance Competition Body Groove 2019!

I-hustle

RedBratz

Identity

Selain itu juga ada penghargaan lainnya yaitu best costume untuk High Voltage dan favorite by judges yang berhasil diraih oleh grup Jakarta Krump.

Setelah Dance Competition telah selesai, para MC pun mempersiapkan kuis dengan hadiah yang menarik bagi para penonton yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar. Ada yang tau ga nih hadiahnya apa? Buat kalian yang kemarin datang ke Central Park Mall untuk nonton Dance Festival Body Groove 2019 ini pasti tahu kalau kita membagikan voucher Chuga BBQ dan Funworld yang merupakan sponsor dari acara kami. Wah menarik kan? Makanya nanti Body Groove 2020 jangan lupa buat datang ya! Gak hanya itu, selain pembagian voucher acara pun dihebohkan lagi dengan performance yang super keren dari guest star kita yaitu STRDC CREW.

Kompetisi kedua pun berlanjut untuk memperebutkan juara di kategori B-boy. Terdapat 11 peserta yang mengikuti perlombaan 1on1 B-boy battle ini yang dipandu oleh MC Alif bersama DJ Gandhi Fruthless sedangkan Lee1 (EastRiderCrew) yang menjadi juri di kesempatan kali ini. Suasana dalam kompetisi kali ini sangat seru dan intens terbukti dari antusiasme para penonton yang sangat tinggi dan tentunya juga karena para peserta menunjukkan skill terbaiknya dalam battle ini.

Setelah semua peserta telah unjuk kemampuan, maka tiba saatnya final round. Kedua finalis mengeluarkan semua kemampuan mereka, tetapi hanya satu yang dapat membawa pulang gelar juara 1 dan pada akhirnya Febian keluar sebagai juara pertama sementara Gekko berhasil mendapatkan juara kedua.

Selain battle B-boy, terdapat pula battle 1on1 open style yang masih dipandu oleh MC Alif bersama DJ Gandhi dimana sebanyak 34 peserta yang berpartisipasi menunjukkan skill dance mulai dari waacking, popping, hingga krumping yang menjadi ciri khas masing-masing peserta. Dengan bakat yang sangat memukau dari para peserta, tentunya sulit banget ya bagi Semmy Blank (OriginalSkillz) selaku juri pada kompetisi ini untuk menentukan pemenang.

Tetapi, akhirnya diumumkan bahwa Def-J keluar sebagai pemenang pertama dan Russel berada di tempat kedua.

Setelah sukses di hari pertama, acara BODY GROOVE berlanjut lagi di hari kedua dengan masih dipandu oleh MC Nella dan MC Anas. Perlombaan di hari kedua yaitu K-pop dance cover yang terbagi ke dalam kategori Rookie dan kategori Hoobae-Sunbae. Nah, yang menjadi juri untuk K-pop dance cover competition juga sudah sangat berpengalaman dan gak asing lagi di bidang K-pop dance cover yaitu ZT dari Invasion DC dan Luna dari PlayCrew.

Seperti yang kita tahu kalau K-pop saat ini booming banget sehingga antusiasme penonton begitu melihat para peserta Rookie dan Hoobae-Sunbae yang tampil benar-benar terasa sangat meriah. Kehebohan para penonton juga terasa ketika guest star kita yaitu INVASION BOYS tampil dengan maksimal. Masing-masing grup peserta juga melakukan performance semaksimal mungkin mulai dari kostum hingga dance-nya yang menyerupai idol group yang sebenarnya.

Setelah penampilan yang kece abis dari para peserta, urutan pemenang pun diumumkan. Selamat kepada Rock Sparkles, One Box, dan Amethyst sebagai pemenang juara 1, 2 dan 3 kategori Rookie, dan juga Boys Bitches sebagai pemenang kategori HooSun!

Mendekati penghujung acara, kita disuguhkan dengan performance dari Cashmere Clear, yaitu grup dari STAMANARA yang melakukan cover dance CLC lalu acara ditutup dengan flashmob dari panitia-panitia BODY GROOVE.

Jadi begitulah keseruan acara BODY GROOVE di tahun ini. Semoga BODY GROOVE selanjutnya juga dapat diselenggarakan dengan sukses dan sebaik mungkin. See you at BODY GROOVE 2020! STAMANARA? AHE!!!