Istilah-Istilah dalam Dance Battle

Istilah-Istilah dalam Dance Battle

Dance battle selalu menjadi sesuatu yang menari untuk disaksian. Menonton dua kubu penari saling beradu skill senantiasa menyita perhatian serta memompa emosi siapapun yang melihat. Seperti pertandingan di gelanggang apapun dance battle juga mempunyai beberapa istilah khusus, yang jika dipahami akan membantu anda untuk lebih menikmatinya, berikut beberapa diantaranya:

Round

Round atau ronde dalam dance battle sedikit berbeda dengan definisi ronde yang dikenal dalam tinju. Jika dalam olahraganya Mike Tyson ronde berarti satu babak sedangkan dalam dance satu ronde berarti satu kali kesempatan turun bagi penari untuk unjuk gigi. Jika misalnya satu battle terdiri dari 3 rounds itu berarti tiap kubu kontestan mempnyai 3 kali kesempatan untuk melantai.

Tie breaker

Tie breaker atau tie break adalah keadaan dimana juri memberi kedudukan yang sama pada kedua belah pihak dalam sebuah battle, atau kata lainnya keadaan seri. Jika terjadi tie break maka akan ditambahkan satu round tambahan untuk menentukan pemenangnya.

Crash

Crash adalah keadaan dimana penari/crew yang sedang turun di sebuah round melakukan kesalahan atau gagal dalam melakukan gerakan tertentu. Bila ini terjadi kubu musuh biasanya akan merespon dengan gestur menepuk-nepuk lantai untuk menunjukkan pada penonton serta juri bahwa lawannya crash.

Twice/Repeat

Mengulang gerakan adalah hal yang diharamkan dalam sebuah dance battle, terutama jika gerakan tersebut adalah gerakan-gerakan yang khas. Twiceadalah keadaan dimana seorang penari melakukan gerakan yang sama yang sudah dilakukan sebelumnya, sedangkan repeat adalah ketika penari tersebut mengulanginya berulang kali. Jika seorang penari melakukan twice/repeat kubu lawan akan bereaksi dengan melakukan gestur menghitung jari.

Memahami istilah-istilah di atas akan membantu anda untuk lebih memahai serta menikmati dance battle, karena selain ditunjukkan oleh gestur para penari istilah-istilah tersebut juga kerap digunakan oleh para MC battle dalam kompetisi.

Arthur Garincha

SUMBER : https://qubicle.id/story/istilah-istilah-dalam-dance-battle