Eben-Haezer

Sumber gambar : https://www.kompasiana.com/kumentas/5869ac9d137b61000573e02e/eben-haezer-sampai-di-sini-tuhan-menolong-kita-indonesia 

Shallom temen2 semua, ga kerasa yaa kita udah di penghujung tahun. Sepanjang tahun 2022 ini tentu banyak suka duka yang sudah kita lewati. Banyak masalah, tantangan, bahkan kehilangan orang yang kita cintai. Namun, saat ini kita masih bisa bernafas masih bisa menjalani kehidupan kita, bukankah itu semua adalah anugerah Allah? Aku mau ngajak kalian untuk mengingat – ingat pergumulan / masalah kalian di tahun 2022, bukankah setiap masalah yang kalian hadapi tidak melebihi kekuatan kalian dan bukankah setiap masalah pasti ada akhirnya? Seperti kisah Ayub pada bacaan Ayub 1 : 8 – 12 dan Ayub 2 : 3 – 6, ketika Iblis ingin mencobai Ayub, Tuhan memberikan batas kepada Iblis untuk tidak mengulurkan tangan terhadap Ayub (Ayub 1 : 12)  dan tidak menjamah nyawanya (Ayub 2 : 6). Setiap masalah yang diperbolehkan terjadi di dalam hidup kita tidak akan pernah melampaui batas kemampuan kita dan masalah ini justru yang meningkatkan kapasitas, membuat kita bisa semakin mengenal dan dekat dengan Tuhan bahkan memperkuat iman kita kepada-Nya. 

Masalah yang kita hadapi juga menjadi sebuah peringatan bagi kita bahwa Tuhan tidak pernah tinggal diam dan menolong kita tepat pada waktu-Nya. 1 Samuel 7 : 2 – 14, mengisahkan bangsa Israel yang sedang dalam keadaan terdesak karena orang – orang Filistin maju berperang melawan Israel. Namun, dapat kita lihat bahwa sedang Samuel mempersembahkan korban bakaran itu, majulah orang Filistin berperang melawan orang Israel. Tetapi pada hari itu TUHAN mengguntur dengan bunyi yang hebat ke atas orang Filistin dan mengacaukan   mereka, sehingga mereka terpukul kalah oleh orang Israel. 7:11 Keluarlah orang-orang Israel dari Mizpa, mengejar orang Filistin itu dan memukul mereka kalah sampai hilir Bet-Kar. 7:12 Kemudian Samuel mengambil sebuah batu dan mendirikannya antara Mizpa dan Yesana; ia menamainya Eben-Haezer, katanya: “Sampai di sini TUHAN menolong kita.” Ketika fokus kita bukan lagi kepada masalah yang kita hadapi, tetapi mendekatkan diri kepada Tuhan, Tuhan akan membukakan jalan yang mungkin di luar dugaan / ekspektasi kita. Jadikan masalah – masalah yang sudah kita hadapi di tahun 2022 menjadi tugu Eben – Haezer yang akan terus mengingatkan kita bahwa Tuhan selalu menolong kita dalam setiap masalah yang kita hadapi. 

sheila monica