Bangkit dari Dosa

Sumber : https://doa.sabda.org/bangkit_dari_dosadosa_kita

1 yohanes 3:4 menyatakan “Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah.” Secara singkat dosa memiliki arti sebagai melanggar hukum Allah. Dosa membuat kita merasa semakin jauh dengan Tuhan dan dalam Alkitab Roma 6:23 dikatakan bahwa “Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.” Yesus Kristus telah mengorbankan nyawaNya untuk menyelamatkan umat manusia dari upah dosa.

Namun, sudah seberapa sering kita menyakiti hati Tuhan? Jatuh ke dalam dosa yang sama? Atau mungkin saat ini kita lagi terjebak di dalam perasaan bersalah akibat dosa yang sudah kita lakukan?

Hidup di dunia ini dengan daging yang masih ada dalam tubuh kita tidak menutup kemungkinan untuk kita berbuat dosa. Namun, Tuhan memberikan kepada kita sebuah freewill dimana kita bisa memilih untuk jatuh ke dalam dosa atau menyerahkan hidup kita seluruhnya kepada Tuhan. Penyerahan diri disini juga memiliki arti jujur dan terbuka kepada Tuhan terhadap kelemahan kita, termasuk dosa yang mungkin sudah lama melekat pada kita ataupun iniquity sin (dosa yang paling sering dilakukan) setiap harinya. Jika kita sedang dalam pergumulan dengan dosa dan sulit untuk keluar dari pergumulan tersebut, serahkan pergumulan tersebut ke Tuhan dengan berdoa dan membangun kembali hubungan pribadi dengan Tuhan.

Kadang ada orang atau mungkin kita merasa berdosa dan menganggap dirinya tidak layak sampai tidak mau untuk bertemu Tuhan kembali, tetapi ingat Tuhan sayang sama kita apapun kondisi kita, Tuhan mau membangun hubungan kembali dengan kita, Tuhan ingin kita keluar dari perasaan bersalah tersebut dan melanjutkan hidup kita bersama dengan Dia. Tuhan punya rencana yang besar bagi hidup kita. 1 Yohanes 1 : 9 berbunyi, “Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.” Jadi, jangan tinggal dalam perasaan bersalah dari dosa, tetapi BANGKIT kembali dengan berani untuk mengakui dosa kalian kepada Tuhan, bertobat lalu berjalan bersama Tuhan setiap harinya.

 

Reference :

  • ALKITAB
sheila monica