Indonesia yang Beragam

Artikel Nusantara

Keberagaman menjadi salah satu ciri khas Nusantara. Nusantara yang berarti negara kepulauan menjadi salah satu penyebab timbulnya keberagaman yang banyak jumlahnya. Saat ini tercatat jumlah suku bangsa yang ada di Indonesia sebanyak 300 lebih kelompok suku bangsa, secara lebih spesifik sejumlah 1.340 suku bangsa menurut sensus BPS pada tahun 2010. Dengan keberagaman yang ada kita sebagai suatu kesatuan jangan sampai melihat hal ini sebagai penghalang untuk kemajuan bangsa dan negara kita tapi justru memiliki fokus dan pola pikir yang menjadi keberagaman sebagai salah satu kekayaan yang mendukung keindahan dan kemajuan Nusantara.

Menurut Undang-Undang no 6 Tahun 1996 tentang Perairan Indonesia, menyebutkan bahwa jumlah pulau yang ada di Nusantara adalah 17.508 Pulau dan termasuk di dalamnya lima pulau besar yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Dengan begitu banyaknya jumlah pulau yang ada semakin mendukung dan memperkuat julukan Nusantara tepat dan sesuai bagi negara kita. Tentunya, dengan banyaknya jumlah pulau di Indonesia juga semakin memperkaya keberagaman suku bangsa, bahasa, kepercayaan dan ras yang ada. Masyarakat yang tersebar di berbagai pulau-pulau Nusantara tetap bisa bersatu di bawah pedoman dasar negara yaitu Pancasila.

Kekayaan Nusantara yang juga dikenal yaitu sumber daya alam yang tersebar di berbagai wilayah. Tidak heran jika kekayaan alam yang ada di Nusantara dapat dikatakan melimpah, karena ada begitu banyak jumlah dan jenis sumber daya alam yang dapat ditemui. Nusantara juga memiliki beragam alam yang dikenal keindahannya. Untuk kekayaaan alam yang ada juga tersebar melintang di berbagai bagian Nusantara. Keindahan alam nusantara yang begitu lengkap karena hampir semua dapat ditemui di sini. Mulai dari keindahan alam pegunungan, pantai, kawah, dan masih banyak lagi. Tidak sedikit juga keindahan alam beberapa pulau di Nusantara dikenal hingga ke ranah internasional. Salah satunya adalah Pulau Bali. Pulau Bali yang menjadi salah satu pulau iconic Nusantara. Keindahan Pulau Bali tidak terlepas dari wisata alam dan keindahan budaya yang ada. Seperti yang telah sebagian besar kita ketahui bahwa Bali merupakan salah satu pulau di Nusantara yang kental dan kuat akan budaya.

Tidak hanya Bali, Nusantara memiliki begitu banyak pulau yang indah dan kaya akan keberagaman budaya yang dapat menjadi ciri khas yang tidak dijumpai di negara atau wilayah lain. Contoh lain yaitu pulau Papua dengan kekayaan alam yang begitu melimpah dan masih belum terjamah oleh banyak orang. Lokasi yang jauh dan tidak mudahnya akses untuk dituju menjadi beberapa faktor masih tersembunyinya wilayah alam yang indah tersebut belum dijangkau oleh banyak orang. Terutama mengingat kondisi pandemi saat ini yang menjadi salah satu penghambat peningkatan wisata alam yang ada di Nusantara. Namun tentunya meskipun terdampak pandemi, tidak mengurangi keindahan Nusantara yang ada.

Setiap wilayah memiliki ciri khas dan keindahan serta keberagamannya masing-masing. Dan tentunya hal ini mendukung banyaknya jumlah keberagaman yang ada. Melalui artikel ini mari kita sama-sama mengingat kembali bahwa Nusantara terdiri dari beragam kebudayaan, suku bangsa, sumber daya alam dan keindahan alam yang menawan. Untuk itu kita perlu memiliki kesadaran dan saling memotivasi untuk bisa menjaga keberagaman dan keindahan yang ada demi kesatuan serta kemajuan yang bisa diwujudkan ketika kita sama-sama menyadari dan memiliki keinginan untuk bisa mencintai dan saling mendukung satu sama lain.

Penulis : Angel Velicia – PO Bandung

Angel Velicia