Kenalan dengan XSOLEIL, Wave Ketujuh NIJISANJI EN!

Halo, mina-san! Mungkin kalian belum pernah mendengar mengenai XSOLEIL, tetapi pasti kalian sudah akrab dengan NIJISANJI bukan? Bagi kalian yang belum tahu, NIJISANJI Project, atau yang biasa dikenal sebagai NIJISANJI saja, merupakan sebuah agensi Virtual YouTuber (VTuber) atau Virtual Liver, yang dimiliki oleh ANYCOLOR Inc.. NIJISANJI pertama kali membuka cabang di Jepang dan menghasilkan delapan VTuber pada tahun 2018 yang dikenal sebagai generasi pertama NIJISANJI JP (Japan).

Pada tahun 2018, NIJISANJI EN (English) muncul sebagai hasil perubahan brand NIJISANJI IN (India). NIJISANJI EN berfokus pada VTuber yang berbicara bahasa Inggris dan tidak terkait dengan negara manapun, seperti NIJISANJI JP. LazuLight merupakan generasi pertama dari NIJISANJI EN dan debut pada 16 Mei 2021 dengan lagu berjudul “Diamond City Lights”. LazuLight memiliki tiga anggota: Pomu Rainpuff, Finana Ryugu, dan Elira Pendora.

Lalu, XSOLEIL itu apa sih? XSOLEIL adalah generasi ketujuh dari NIJISANJI EN yang debut pada 10 Desember 2022 lalu. XSOLEIL merupakan grup pasangan dengan ILUNA yang telah debut lima bulan sebelumnya. ILUNA merupakan grup dengan arti bulan, sedangkan XSOLEIL bermakna matahari. Pada mulanya, XSOLEIL debut dengan enam anggota: Doppio Dropscythe, Meloco Kyoran, Hex Haywire, Kotoka Torahime, Ver Vermillion, dan Zaion LanZa.

Seperti grup VTuber dari NIJISANJI yang lain, XSOLEIL ini memiliki cerita latar belakangnya sendiri. Setiap anggota XSOLEIL memiliki sihir dan merupakan bagian dari pengurus OSIS di XSOLEIL Institute of Infinity. Sekolah ini adalah sekolah sihir yang didirikan pada tahun 1710 untuk melatih penyihir mengenai seni mistis secara rahasia.

Keenam anggota XSOLEIL memiliki peran mereka masing-masing dalam narasi ini. Zaion adalah seorang bendahara yang menyembunyikan rasa kesepiannya dengan memasang tujuan pribadi untuk menghindari kiamat; Doppio adalah seorang pengurus OSIS yang jujur, tapi nakal; Meloco adalah seorang koordinator acara yang mengusir hantu dan setan dengan payung kepercayaannya; Hex adalah seorang konselor peduli dengan orang di sekitarnya dengan menyerap rasa sakit orang lain; Kotoka adalah wakil ketua OSIS yang fashionable dan teladan; dan Ver adalah ketua OSIS yang bisa melihat jiwa orang lain dan melihat masa depan mereka.

Mengiringi debut mereka, XSOLEIL juga mengeluarkan lagu debut dengan judul “Hold It Down”. Music Video (MV) “Hold It Down” dirilis bersamaan dengan pengumuman resmi grup tersebut, tepatnya pada 7 Desember 2022. Produser lagu ini adalah GRP, dibarengi dengan Rocco808 sebagai penulis lirik, dan IRKO sebagai mixer. Saat ini, MV lagu tersebut hampir mencapai enam juta tayangan di YouTube.

https://youtu.be/Ss9AjwvRHGk

Perjalanan awal XSOLEIL tampak mulus, tetapi sayangnya tak lama sejak debut, mereka sudah harus melewati sebuah skandal besar. Pada 10 Maret 2023, akun Twitter NIJISANJI EN (@NIJISANJI_World) merilis pernyataan bahwa mereka telah memecat Zaion LanZa. Sebelumnya, NIJISANJI telah menskors semua kegiatan streaming Zaion sejak Februari 2023.

Dalam tweet mengenai pemutusan kontrak dengan Zaion tersebut, NIJISANJI memaparkan 12 pelanggaran berat yang telah Zaion lakukan. NIJISANJI juga menyebutkan bahwa selama masa skors Zaion, mereka telah mengadakan beberapa diskusi dengannya, tetapi perilaku Zaion tidak menunjukkan perubahan sehingga pemutusan kontrak ini tetap dilakukan. Tanpa disengaja, Zaion telah memecah rekor sebagai VTuberNIJISANJI EN dengan graduation tercepat, yaitu hanya tiga bulan setelah debut.

Bersamaan dengan perilisan pernyataan ini, beberapa anggota XSOLEIL mengadakan stream singkat untuk menjelaskan situasi yang ada dan meminta maaf karena pemecatan teman satu grup mereka yang terasa tiba-tiba. Namun, banyak penggemar XSOLEIL yang menyatakan bahwa mereka tidak begitu kaget dengan pemutusan kontrak tersebut, mengingat Zaion telah diskors setelah berada di NIJISANJI selama hanya kurang lebih satu bulan.

Meskipun adanya situasi yang sangat disayangkan ini, sampai saat ini, kelima anggota XSOLEIL lainnya masih melanjutkan kegiatan mereka di NIJISANJI tanpa kendala yang berarti. Saat ini, rata-rata jumlah subscribers di YouTube mereka hampir mencapai 200.000 subscribers, dengan Meloco yang menempati posisi tertinggi pada 244.000 subscribers. Hal ini cukup unik, mengingat pada umumnya, VTuber NIJISANJI laki-laki cenderung memiliki pertumbuhan yang lebih cepat.

Bagaimana, mina-san? Apakah kalian tertarik untuk menonton XSOLEIL sekarang? Atau sudah menjadi penggemar mereka sebelumnya? Jika ingin mendukung mereka, kalian bisa mengunjungi channel YouTube masing-masing anggota dan menjadi seorang subscriber ya! Mari kita doakan yang terbaik bagi wave terbaru NIJISANJI EN ini!

Writer: Riri

Editor: Tio

Referensi:

NIJISANJI EN Official Twitter

Virtual YouTuber Wiki: NIJISANJI