[Liputan] Mari Mengenal Budaya Jepang dengan J-CAFEST 5 2021 Hari Pertama!

Halo minna-san! Pada artikel kali ini kita mendapat kesempatan untuk meliput event J-Cafe Festival 5 2021 yang dilaksanakan pada tanggal 6 Mei 2021 pada pukul 13.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Acara ini diadakan oleh pihak J-Cafe dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan diselenggarakan secara online dikarenakan pandemi yang masih melanda hingga saat ini. Meskipun diadakan secara online, event ini tidak kalah seru dari event Jepang yang diadakan secara offline karena J-Cafe Festival menyediakan beberapa lomba dan kegiatan yang unik dan menarik untuk diikuti. Yuk, mari simak artikel berikut ini!

J-Cafe Festival atau lebih dikenal dengan nama J-CAFEST merupakan sebuah event yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh pihak J-Cafe sebagai sarana untuk mengenalkan budaya Jepang kepada orang-orang dengan mengkolaborasi budaya Jepang-Indonesia. Pada tahun ini, J-Cafe Festival mengadakan kembali event tahunan mereka yang kelima kalinya dengan nama J-CAFEST ke-5 2021. Acara ini merupakan acara J-CAFEST yang pertama kali diadakan secara online sehingga, acara ini memiliki kesan unik tersendiri dibandingkan dengan J-CAFEST yang diadakan pada tahun sebelumnya. Dalam J-CAFEST kali ini menggunakan dua media platform sosial sebagai sarana tempat berlangsungnya acara, yaitu Instagram dan Zoom.

Poster Event J-CAFEST 5

Pada hari pertama pelaksanaan J-CAFEST diadakan dua kegiatan, yaitu main event dan seminar tentang budaya Jepang pada tahun 80-an di Indonesia. Sebelum memasuki event ini, kita harus mengakses link website J-CAFEST yang telah disediakan oleh pihak J-Cafe di platform media instagram mereka. Dalam website tersebut kita dapat memilih untuk mengikuti main event dari acara J-CAFEST maupun acara seminar.

Pada main event J-CAFEST di hari pertama, acara dilaksanakan dengan zoom meeting dan dihost oleh Amelia Adriani dan Dwinanda Hafid Wicaksana. Pembukaan acara J-CAFEST dimulai dengan doa dan ucapan terima kasih J-Cafe kepada berbagai media partner yang membantu mereka menyelenggarakan acara J-CAFEST. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan beberapa kata sambutan yang disampaikan oleh kak Lucia Anidita sebagai Student Development dari UMN, dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Luna Anabel sebagai ketua BEM UMN. Selanjutnya, pemberian kata sambutan dan pengenalan Unit Kemahasiswaan J-Cafe oleh Michael Gunawan sebagai ketua dari J-Cafe. Kemudian, kata sambutan terakhir disampaikan oleh Bella Theodora sebagai ketua J-CAFEST 5 yang juga menjelaskan tentang event J-CAFEST 5.

Selanjutnya, acara main event J-CAFEST dilanjutkan dengan menggunakan media instagram live. Sesi acara ini adalah siaran J-Radio yang dibawakan oleh pihak J-Cafe sendiri. Sesi J-Radio ini berisi kegiatan tentang menjabarkan fakta-fakta seputar Jepang dan kita juga dapat memberikan request lagu untuk diputar di radio tersebut layaknya siaran radio pada umumnya. Pada siaran radio J-CAFEST hari pertama ini dimulai dengan bincang singkat dan pembacaan susunan acara radio. Selanjutnya, dibacakan 15 fakta unik tentang Jepang yang dibawakan oleh tim J-CAFEST.

Pada fakta pertama dijelaskan tentang genre musik Eurobeat yang populer di Jepang seperti lagu Deja vu yang dijadikan sebagai musik dalam anime Initial D. Fakta kedua dijelaskan tentang genre musik City Pop yang memadukan genre musik barat dengan musik khas Jepang yang terkenal pada era 1980-an di Jepang. Beberapa musik yang terkenal dari genre musik City Pop adalah lagu berjudul Plastic Love karya Mariya Takeuchi yang dirilis pada tahun 1984, lagu berjudul Stay with Me yang dinyanyikan oleh Miki Matsubara yang dirilis pada tahun 1980, dan lagu berjudul Equal Romance yang dirilis oleh grup musik pop Coco dan dijadikan sebagai musik anime Rama ½. Tidak hanya lagu single dan lagu grup yang terkenal pada saat itu, idol group juga sudah mulai populer seperti idol group Onyanko Club yang merilis lagu pertama mereka pada tahun 1985 dan sukses mengubah pandangan orang tentang Idol grup. Lagu Onyanko Club sendiri dikenal sebagai pengisi lagu untuk seri Kamen Rider.

Deja vu (Kiri Atas), Stay With Me oleh Miki Matsubara (Kanan Atas), Equal Romance oleh Grup Musik Pop Coco (Kiri Bawah), dan Onyanko Club (Kanan Bawah)

Fakta ketiga dijelaskan tentang studio animasi terkenal di Jepang yang telah berdiri sejak tahun 1980-an, yaitu Studio Ghibli yang pada saat itu juga sedang memproduksi film animasi My Neighbour Totoro. Selain itu, dijelaskan tentang orang yang pertama kali mencetuskan kotak manga adalah Tezuka Osamu. Fakta keempat dijelaskan tentang program acara televisi yang populer di Jepang, yaitu Takeshi’s Castle yang ditampilkan pertama kali pada tahun 1986. Fakta kelima dijelaskan jika rubik merupakan permainan yang ditemukan di Jepang dan menjadi terkenal pada tahun 1990 di dunia sebagai permainan yang dapat mengasah otak hingga dijadikan sebagai kompetisi. Sebelum dilanjutkan mengenai fakta Jepang lainnya, J-Radio diselingi dengan pemberitahuan adanya give away dengan menjawab quiz dengan benar yang dapat diikuti oleh para pendengar.

Film Animasi My Neighbour Totoro (Kiri Atas), Tezuka Osamu sang pencetus kotak manga (Kanan Atas), Program TV Takeshi’s Castle (Kiri Bawah), dan Rubik (Kanan Bawah).

Pada fakta keenam, di Jepang tahun 1980 terdapat seseorang bernama Minoru Yoshida yang berhasil melakukan olahraga push up sebanyak 10.507 kali dan dicatat sebagai push up terbanyak di dunia. Fakta ketujuh dijelaskan tentang festival Nakizumo dimana para pegulat Sumo menggendong bayi dan memandangi bayi hingga menangis, lalu para ibu bayi akan mengambil bayi mereka dan berdoa untuk kesehatan mereka. Fakta kedelapan dijelaskan tentang kereta Shinkansen yang merupakan kereta tercepat di dunia, bahkan mereka akan meminta maaf bila kereta Shinkansen ini terlambat satu menit. Fakta kesembilan dijelaskan tentang bentuk-bentuk unik dari semangka yang bisa ditemukan di Jepang. Fakta kesepuluh adalah Karaoke yang berasal dari bahasa Jepang yang berarti “Orkestra Kosong”. Karaoke hingga saat ini masih menjadi aktivitas yang populer dilakukan seluruh orang di dunia hingga saat ini.

Minoru Yoshida (Kiri Atas), Festival Nakizumo (Kanan Atas), Shinkansen (Kiri Bawah), dan Karaoke (Kanan Bawah)
Beberapa Bentuk Semangka yang ada di Jepang

Fakta kesebelas dijelaskan tentang penemuan makanan Jepang, yaitu sashimi dan sushi yang sebenarnya memiliki campur tangan orang Norwegia. Hal ini dikarenakan ikan-ikan di Jepang yang memiliki parasit yang berbahaya bagi tubuh, sedangkan ikan-ikan di Norwegia tidak memiliki parasit sehingga pemerintah Jepang mengimpor ikan-ikan untuk sashimi dan sushi dari Norwegia. Fakta kedua belas dijelaskan tentang pasar ikan terbesar di dunia, yaitu pasar Tsukiji yang terletak di kota Tokyo. Fakta ketiga belas dijelaskan tentang puisi terpendek di dunia berasal dari Jepang, yaitu puisi berjudul Haiku yang hanya terdiri dari tiga baris saja.

Fakta keempat belas dijelaskan tentang permainan terkenal bernama Pacman yang berasal dari Jepang pada tahun 1920. Masih membicarakan game, hal yang dibahas selanjutnya adalah game boy yang merupakan sebuah console game yang dirilis oleh Nintendo pada tahun 1989 dengan harga awal 12.500 yen (sekitar Rp.1.600.000,00). Selain itu, pada saat itu Nintendo juga berhasil mendominasi pasar perkembangan permainan rakyat di Jepang. Fakta kelima belas dijelaskan tentang game terkenal yang pertama kali dirilis bersamaan dengan dirilisnya game boy, yaitu Mario Bros pada tahun 1989. Selain itu, terdapat juga permainan mobil-mobilan Tamiya yang sudah ada sejak 1986 dan populer hingga tahun 2010.

Setelah menjabarkan 15 fakta Jepang, J-Radio mengadakan sesi bincang bersama mystery guest, yaitu Alvin sebagai ketua dari Unit Kemahasiswaan K3J dari Universitas Katholik Atma Jaya. Dalam sesi bincang ini, Alvin menjelaskan seputar K3J mengenai kegiatan dan event yang mereka telah lakukan. Selain itu, Alvin juga melakukan promosi event yang akan mereka laksanakan pada bulan Juli nanti, yaitu event Bunkasai.  Setelah sesi bincang bersama ketua K3J, J-Radio memutarkan lagu yang telah di request pendengar dan sesi J-Radio ini ditutup dengan pengunguman pemenang quiz dan give away.

Juri Kompetisi Cosplay, Alexander Bella

Sesi main event J-CAFEST berikutnya adalah kompetisi kategori cosplay yang diadakan di zoom meeting. Kompetisi cosplay ini dihost kembali oleh Amelia Adriani dan Dwinanda Hafid Wicaksana. Kompetisi ini juga dijurikan oleh seorang cosplayer Alexander Bella yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam hal cosplay dan merupakan pemenang kompetisi cosplay di J-CAFEST 4. Para peserta kompetisi cosplay sebelumnya telah mengirimkan video performancemereka kepada panitia J-CAFEST, sehingga pada sesi ini kita diperlihatkan video performance mereka yang kemudian akan dikomentari oleh juri.

Peserta pertama yang menampilkan video performance adalah Shannen Carmelita yang berperan sebagai Prospector-Norton Campbell dari permainan Identity V, dalam video ia menampilkan detail kostum yang ia kenakan beserta gerakan-gerakan yang dilakukan oleh karakter Norton Campbell. Selanjutnya, peserta kedua adalah Serrano Bongharten yang berperan sebagai Menhera Little Girl, di videonya ia memperagakan aktivitas seperti yang dilakukan oleh Menhera Little Girl. Selanjutnya, peserta ketiga adalah Kelvin Fernando yang berperan sebagai Kabane Sukasa dari seri Kemono Jihen, dalam video ia menampilkan proses pembuatan kostumnya dan ditampilkan hasilnya di akhir video. Selanjutnya, peserta terakhir adalah Kirigaya Jun yang berperan sebagai Xborg-Tesla Maniac, dalam video ia menampilkan proses pembuatan kostum Xborg dan menampilkan detail kostum di akhir video. Sesi kategori lomba cosplay ini pun diakhiri dengan pengunguman pemenang lomba cosplay pada hari Sabtu, 8 Mei 2021.

Penampilan Cosplayer pada J-CAFEST 5

Dengan demikian, J-CAFEST 5 hari pertamapun berakhir. Terima kasih kepada semua panitia J-CAFEST 5 2021 yang sudah membuat dan menyukseskan acara ini. Terima kasih juga kepada para juri dan narasumber yang antusias dan besemangat untuk memotivasi orang-orang untuk lebih semangat lagi dalam mengetahui budaya Jepang. Demikian artikel liputan kali ini mengenai J-CAFEST 5 2021 hari pertama, sampai jumpa di artikel liputan berikutnya!

Author : Rika

Editor : MiwMiw