Mengenal Animator Studio Ghibli Hayao Miyazaki

Konnichiwa, minna-san! Kembali lagi bersama kami dalam artikel Nippon Club. Apakah minna-san pernah menonton film-film produksi Studio Ghibli seperti “Spirited Away”, “Howl’s Moving Castle”, “Ponyo”, dan lain-lain? Nah, kali ini, kita mau kenalan, nih, sama animator dari film-film tersebut, namanya Hayao Miyazaki. Baca artikel ini sampai habis yuk, untuk tahu profil lengkapnya!

Hayao Miyazaki lahir pada tanggal 5 Januari 1941 di kota Bunkyo, Tokyo, Jepang. Beliau adalah seorang penulis, pembuat film, animator, sutradara, mangaka, dan pendiri Studio Ghibli. Saat masih duduk di bangku sekolah, beliau menonton anime dengan layar berwarna pertama di Jepang yang berjudul “Hakujaden”. Anime itulah yang membuat beliau tertarik untuk bekerja di dunia animasi. Setelah lulus SMA, beliau melanjutkan pendidikannya di Universitas Gakushuin dengan jurusan ilmu politik dan ekonomi, kemudian lulus pada tahun 1963.

Miyazaki memulai karirnya sebagai animator di studio Toei Animation setelah lulus kuliah. Walaupun saat itu posisi beliau masih sebagai animator pemula, ide-ide dan imajinasinya dalam membuat karya animasi sudah sangat mengesankan bagi banyak orang. Oleh karena itu, beliau ditunjuk menjadi kepala animator. Karya-karya animasinya dari Toei Animation yang sempat ditayangkan antara lain “Doggie March” dan “Wolf Boy Ken”.  Sutradaranya adalah Isao Takahata. Pada tahun 1965, beliau menikah dengan Akemi Ota, yang juga seorang animator.

Pada tahun 1971, Miyazaki bekerja di studio A Pro, dimana beliau ditunjuk sebagai sutradara oleh Takahata. Film-film yang disutradarainya antara lain “Nausicaa of the Valley of the Wind” yang merupakan film adaptasi dari manga yang dikarangnya, serta “Lupin III: The Castle of Cagliostro”. Film “Nausicaa of the Valley of the Wind” meraih sukses besar pada tahun 1984. Hal tersebut memotivasi Miyazaki untuk mendirikan studio anime-nya sendiri, yaitu Studio Ghibli yang terkenal hingga saat ini. Beliau dianugerahi gelar Penghargaan Kehormatan Seumur Hidup pada Festival Film Venesia tahun 2005.

Meskipun Miyazaki telah berusia 81 tahun, semangatnya untuk berkarya terus menyala-nyala. Pada awal tahun 2022, dikabarkan bahwa beliau sedang menyutradarai film terbarunya yang berjudul “Kimitachi wa Dou Ikiruka”. Untuk tanggal perilisannya saat ini masih belum diketahui.

Minna-san, begitulah profil singkat mengenai animator Hayao Miyazaki. Semoga bisa memberikan pengetahuan dan inspirasi bagi kalian semua. Sampai bertemu di artikel berikutnya!

Sumber:  http://p2kp.stiki.ac.id/id3/2-3060-2956/Hayao-Miyazaki_32360_p2kp-stiki.html

https://www.liputan6.com/showbiz/read/2088341/hayao-miyazaki-kembali-aktif-di-studio-ghibli

https://biografi.kamikamu.co.id/hayao-miyazaki-pendiri-studio-ghibli/

https://makemac.grid.id/read/211957730/film-film-dari-studio-ghibli-sudah-tersedia-di-itunes-mulai-hari-ini

https://jurnalpalopo.pikiran-rakyat.com/entertainment/pr-433403406/lama-tak-terdengar-studio-ghibli-kembali-rilis-anime-terbaru-durasi-125-menit?page=2

https://lister.co.id/blog/hayao-miyazaki/

Author: Trashynut

Editor: Rra