11 Makanan Teraneh di Jepang

NipponClub – Jepang lumayan terkenal dengan makanan enaknya yakni sushi, sashimi, omurice dan sebagainya. Namun selain makanan tersebut, Ada juga makanan yang tidak biasa atau dianggap aneh bagi orang kecuali warga Jepang. Berikut ini adalah makanan khas Jepang yang teraneh, mulai dari cumi menari hingga Shirouo no Odorigui.

  1. Cumi Menari

Cumi ini kelihatannya hidup, tetapi sebenarnya sudah mati. Jika dituangkan kecap diatas cumi tersebut, dia akan bergerak seakan-akan hidup. Reaksi ini merupakan respon terhadap garam yang terdapat pada kecap sehingga terjadi pergerakan pada cumi.

 

  1. Daging Kuda Mentah

Daging kuda mentah atau dikenal juga sebagai ‘Basashi’ lumayan terkenal. Dikatakan bahwa daging tersebut rasanya seperti sushi.

 

  1. Natto


    Natto terbuat dari kacang kedelai yang telah difermentasi dan dihidangkan dengan kecap. Natto merupakan salah satu makanan tradisional yang populer di Jepang, namun untuk diluar warga Jepang jarang yang menyukainya dikarenakan rasa yang kuat serta aroma yang tajam, mirip dengan aroma keju.

 

  1. Inago no Tsukudani

Inago no Tsukudani adalah hidangan berupa belalang yang direbus dengan kedelai manis. Hidangan ini populer di daerah pedesaan seperti Yamagata.

 

  1. Shirako

Shirako yang berarti “White Children” ini merupakan sperma dari seekor ikan. Shirako mempunyai tekstur yang halus dan lembut seperti mentega halus.

 

  1. Fugu

Fugu, hidangan berupa ikan buntal yang terkenal sangat beracun yakni sisiknya dan organ dalamnya.

 

  1. Hachinoko

Hachinoko adalah hidangan berupa larva lebah yang digoreng. Larva ini digoreng dengan kecap dan gula.

 

  1. Zazamushi

Zazamushi berupa larva dari serangga air yang digoreng. Hidangan ini mirip dengan Hachinoko hanya beda larva saja.

 

  1. Kujira va Iruca

Kujira va Iruca adalah hidangan dari daging paus. Daging paus terutama ekornya sering digunakan pada sashimi atau tataki.

 

  1. Shiokara

Hidangan seafood yang difermentasi. Hidangan ini terdiri dari raw seafood dicampur dengan 10% garam, 30% tepung beras kemudian diinkubasi di suatu kotak atau wadah yang tertutup selama 1 bulan.

 

  1. Shirouo no Odorigui

Shirouo no Odorigui ini berupa ikan-ikan kecil yang transparan, dimakan hidup-hidup. Ikan-ikan ini seringnya dicampur dengan telur atau cuka.

 

Bagaimana pendapatmu mengenai makanan tersebut? Apakah anda ingin mencobanya atau sudah pernah mencobanya?

Felicia Yauwin