JRPG Tidak serupa dengan RPG biasa!

Nippon Club – JRPG memiliki arti sebagai Japanese Role Playing Games, banyak orang pasti berpikir bahwa JRPG akan sama seperti Game Game RPG lainnya, tetapi sesungguhnya game JRPG itu memiliki cukup banyak perbedaan. JRPG pertamakali muncul pada tahun 1980 dan sekarang sudah ada beratus-ratus JRPG yang berada di dunia dan berbagai bentuk game.

Early Years

Di tahun 1980-an RPG mendapatkan perhatian di Jepang dan mempunyai judul berbahasa Inggris. Beberapa majalah game dan majalah computer game mulai mengenalkan RPG.

Beberapa JRPG berasal dari Judul Science Fiction, termasuk Donkey Commando di tahun 1982 dan Enterpriese: Role Play Game di Start Trek di tahun 1983. Classic Traveller adalah RPG pertama yang di translate pada tahun 1984. Dan JRPG petama yang berdesain tradisional fantasi yang berjudul Roads to Lord, di keluarkan pada tahun 1984.

Game pertama JRPG, Roads To Lord :

JRPG-1

Late 1980 to early 1990: Success of Group SNE

Di akhir tahun 1980 muncul banyak JRPG yang ikut mempopulerkan JRPG tersebut seperti, Dragon Quest dan Final Fantasy. Dragon Quest pertama di keluarkan oleh Enix di tahun 1986 untuk konsol NES dan MSX.

Tahun 1989 muncul JRPG baru yang bernama Sword World RPG yang sangat cepat menjadi popular.
Sebuah fitur penting yang ditemukan di Sword World RPG adalah Forcelia Universe, yang termasuk Lodoss Island dari Perang di Lodoss. Kesuksesan game ini yang berasal dari banyak masukan dari game game RPG Amerika yang terkenal.

Game Terpopuler di tahun 1980 akhir, Sword World :

JRPG-2

The Winter Age and Beyond

Sampai tahun 1990, Grup SNE memimpin perusahaan RPG di jepang. Pada tahun 1990, Role –Playing Games dikalahkan oleh Trading Card Games, atau TCG’s, seperti Pokemon Trading Card Game dan Magic: The Gathering, dan banyak sekali majalah Game RPG tidak berlanjut dan berubah menjadi majalah TCG. Periode ini dikatakan Winter Age of TRPG oleh Gamers Jepang.

Tahun 1999-2002, munculah Spring Age, Role-Playing game mulai berkembang lagi dan banyak game game yang populer waktu itu seperti Blade of Arcana(1999), Double Cross(2001), Night Wizard!(2002) dan Alshard(2002). Di tahun 2007, Night Wizard!, dibuat menjadi anime seri televisi. Ekspansi dari Generic Role-Playing game system adalah Standard RPG System yang didasari oleh system game Alshard dari 2006.

Standard RPG System, Alshard :

JRPG-3

JRPG Nowadays

Sekarang banyak sekali JRPG yang sudah berkembang di dunia seperti Final Fantasy XV yang sedang Booming sekarang, perjalanan Final Fantasy dari Final Fantasy I sampai XV sangat panjang dan mengalami banyak sekali jatuh bangun dari setiap seri.

Final Fantasy XV sekarang memiliki banyak sekali fitur seperti Online Multiplayer dan sangat memiliki Grafik yang sangat indah, game ini sudah sangat ditunggu tunggu oleh pencinta JRPG dan para Gamers yang ingin mencoba “Next Level Gaming” yang sudah sangat maju dan didukung oleh Teknologi yang sangat Maju.

Final Fantasy XV :

JRPG-4

Nah, menarik bukan? Banyak sekali hal yang masih bisa di-explore dari JRPG loh! Perkembangan mereka pun tidak terhenti sampai sini saja terutama dengan perkembangan mobile dan smartphone yang semakin canggih, tentunya membuka kemungkinan yang lebih luas untuk dunia JRPG!

Sampai sini dulu infonya minna~ sampai ketemu di artikel berikutnya!gg