Mencintai Saudaranya

Bab ke-45

Bab Berkunjung Kepada Orang-orang yang Baik, Duduk-duduk dengan Mereka, Bersahabat dengan Mereka, Mencintai Mereka, Meminta Mereka Supaya Berziarah ke Tempat Kita, Meminta Do’a dari Mereka serta Berkunjung ke Tempat-tempat yang Utama

Hadits ke-2

وعن أبي  هريرة رضي اللَّه عنه عن النبي صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم : « أَنَّ رَجُلاً زَارَ أَخاً لَهُ في قَريَةٍ أُخْرَى ، فَأَرْصد اللَّهُ تعالى على مَدْرجَتِهِ ملَكاً ، فَلَمَّا أَتَى عَلَيْهِ قال: أَيْن تُريدُ ؟ قال: أُرِيدُ أَخاً لي في هذِهِ الْقَرْيةِ . قال : هَلْ لَكَ علَيْهِ مِنْ نِعْمَةٍ تَرُبُّهَا عَلَيْهِ ؟ قال : لا، غَيْر أَنِّي أَحْببْتُهُ في اللَّهِ تعالى ، قال : فَإِنِّي رسول اللَّهِ إِلَيْكَ بأَنَّ اللَّه قَدْ أَحبَّكَ كَما أَحْببْتَهُ فِيهِ » رواه مسلم .

يقال : « أَرْصدَه » لِكَذا : إِذَا وكَّلَهُ بِحِفْظِهِ ، و « المدْرَجَةُ » بفتحِ الميمِ والراء : الطَّريقُ ومعنى « تَرُبُّهَا » : تَقُومُ بهَا ، وتَسْعَى في صَلاحِهَا .

 

Artinya:

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Sesungguhnya ada seorang lelaki yang akan berkunjung ke tempat saudaranya yang berada di desa lain, kemudian Allah ta’ala mengutus malaikat untuk menjaganya.

Setelah malaikat itu berjumpa dengannya, ia bertanya, “Hendak kemana kah kamu? Apakah kamu merasa berhutang budi sehingga kamu mengunjunginya?” Ia menjawab. “Tidak saya mengunjungi dan mencintainya karena Allah ta’ala. Malaikat itu berkata sesungguhnya saya untusan Allah untuk menjumpaimu dan Allah telah mencintai saudaramu karena Allah”.

 

( HR . Muslim : 2567 )

Sumber: Riyadhush Shalihin (Kitab Kumpulan Hadits Shahih) karya Imam An Nawawi