KONTRIBUSI

Diriwayatkan dalam sebuah hadist shahih :

  “Lakukan segala sesuatu amalan yang mampu kalian amalkan, sesungguhnya Allah tidak jemu sampai kalian sendiri merasa jemu.(HR Al-Bukhari)”

  Ada banyak hal yang belum kita ketahui. Ada banyak keterampilan yang belum kita kuasai. Ada banyak wawasan yang kita lewatkan. Ada milyaran manusia yang belum kita kenal. Ada jutaan tempat yang belum kita kunjungi. Ada banyak kata yang belum terucap dan tersampaikan. Ada banyak ide dan gagasan karya yang belum kita wujudkan. Sungguh masih banyak ilmu yang belum kita amalkan.

  Padahal di luar sana masih banyak masjid yang tanpa jamaah dan sepi, masih banyak pengajian yang kurang pembimbingnya.

  Ada banyak acara dakwah yang kurang lancar sebab kurangnya personil dan pengelolaan acara yang kurang profesional, Wahh itu semua baru contoh kecil. Ada yang dekat tapi besar, misalnya ada jutaan saudara-saudara kita di luar sana yang kelaparan salah satunya negara tetangga kita. Banyak hal yang akan ditanyakan di akhirat kelak nanti mengenai tali persaudaraan, cinta dan kepedulian.

  Beberapa dari remaja zaman sekarang kebanyakan bilang, “Saya masih bodoh soal agama, belum layak ambil bagian dalam kegiatan agama”. Ketahuilah kalau dakwah hanya ceramah, dunia ini hanya butuh lidah, tidak butuh anggota tubuh lain.

  Beberapa dari kalian pandai ngebut-ngebutan di jalan. Betapa besarnya yang kalian taruhkan dalam ngebut-ngebutan dijalan. Betapa berharganya anda menjemput tokoh agama agar bisa datang tepat waktu dan terhindar dari kemacetan. Adapun jika kalian seorang yang suka jajan makanan/minuman, kalian bisa andil dalam divisi konsumsi untuk mencari konsumsi terlezat dan termurah. Atau dengan berpetualang kalian bisa menjadi tim surveyor.

Dengan pandai dan memiliki ide berbisnis atau jualan kenapa tidak ambil andil dalam divisi dana usaha. Dan masih banyak kemampuan yang bisa kalian gunakan agar bisa bermanfaat bagi orang lain. Begitu banyak hal yang dilakukan dalam kehidupan ini.

  Mungkin dengan keterbatasan yang kita miliki, bercita-cita setinggi langit. Kerjakan semua yang kau bisa kerjakan sampai kelelahan menghampiri diri kita.

Dikutip dari buku “Saksikan bahwa aku sesorang  muslim”

Dikutip oleh Astoro Ardi, S.E

Alumni Mahasiswa Binus University Angkatan 2016 Jurusan Manajemen.