KEUTAMAAN DI BULAN SYAWAL

Bismillahirrohmanirrohiim

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Tidak terasa sudah 30 hari penuh kita menjalankan puasa Ramadhan dan kita sudah sampai pada bulan syawal, dimana pada bulan ini banyak masyarakat Indonesia yang merayakan Idul Fitri Bersama dengan keluarganya, kerabatnya, sahabatnya, dan lain sebagainya. Dimana pada bulan ini banyak orang muslim di Indonesia yang berkumpul dan bersilaturahmi.

Namun, setiap muslim tidak lupa untuk tetap mempertahankan ibadah yang dilakukan pada bulan Ramadhan. Salah satunya adalah ibadah puasa. Pada bulan syawal setiap muslim yang sudah menyelasaikan ibadah puasa Ramadhan, maka akan di sunnahkan untuk menunaikan ibadah puasa sunnah pada bulan syawal selama 6 hari. Namun, pelaksanaan ibadah puasa syawal harus setelah merayakan Idul Fitri (atau pada tanggal 2 – 29 Syawal)

Ibadah puasa Syawal merupakan ibadah puasa sunnah yang dilakukan selama 6 hari (boleh langsung 6 hari atau selang – seling selama 6 hari, namun lebih baik dilakukan 6 hari langsung). Walaupun puasa syawal merupakan puasa sunnah. Namun, puasa ini memiliki keistimewaan tersendiri. Diantaranya adalah :

  • Penyempurnaan amalan di bulan Ramadhan
  • Tanda syukur seorang muslim dalam berpuasa di bulan syawal
  • Berpuasa di bulan syawal akan diberikan pahala setara dengan seseorang berpuasa selama 12 bulan

Oleh karena itu, walaupun bulan Ramadhan sudah selesai. Namun, kita harus jangan lupa atau meninggalkan amalan – amalan yang kita lakukan pada bulan Ramadhan. Salah satunya adalah berpuasa. Dimana puasa syawal, seorang muslim akan diberikan pahala sebesar dia berpuasa selama 12 bulan penuh

 

#ServeUmmahToGetJannah
#MTBinus
#Selfreminder