CHARVERTISING (PKM INISIATIF) MT AL-KHAWARIZMI MALANG 2024

Gambar 1 : Para volunteer membantu menyiapkan seluruh makanan

Sandang, pangan, dan papan merupakan 3 kebutuhan primer manusia yang kita sudah familiar mendengarnya. Ketiga hal tersebut jika salah satunya tidak terpenuhi maka kita sebagai manusia dapat berpotensi untuk meninggalkan bumi, dengan kata lain adalah mati. Sayangnya bumi kian hari semakin sulit untuk ditempati, baik karena alasan alami, maupun keserakahan manusia yang tidak dapat dipungkiri. Dari ketiga kebutuhan primer di atas, salah satu hal yang paling utama dalam menjaga hidup manusia adalah pangan alias makanan. Sayangnya beberapa masyarakat saat ini sangat kesulitan hanya untuk mendapat makanan yang kayak. Oleh karena itu, banyak dari masyarakat yang memiliki empati, berusaha dengan tenaga sendiri untuk membantu manusia lain selain diri sendiri. Salah satu gerakan sosial tersebut yang memantik semangat kami adalah Roemah Makan Rakyat (Rumah Makan Rakyat). Rumah Makan Rakyat merupakan gerakan sosial inisiatif yang melakukan berbagi sarapan gratis bermodalkan dari dermawan yang berdonasi. Selain itu, mereka juga kerap mengadakan Forum Diskusi Bisnis, yang ditargetkan untuk para pelaku UMKM di sekitar mereka. Rumah Makan Rakyat sendiri merupakan gerakan nasional, dan yang kami pilih adalah yang di kota Malang, khususnya yang berada di Jalan Sulfat.

Rumah Makan Rakyat sudah berdiri lebih dari satu tahun, akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui sepenuhnya siapa mereka atau bagaimana cara membantunya. Salah satu yang kami lihat memiliki potensinya adalah media sosial Rumah Makan Rakyat. Saat ini Rumah Makan Rakyat terlihat memiliki kekurangan di lingkungan dunia maya yang mana bisa berdampak besar bila dilakukan dengan benar. Oleh karena itu kami MT Al-Khawarizmi Binus Malang mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berjudul “Charvertising” untuk membantu Rumah Makan Rakyat di bidang media sosial yaitu Instagram, Facebook, dan juga Tiktok. Acara ini berlangsung selama sebulan lebih sepekan, dari 15 September hingga 20 Oktober 2024.

 

Charverstising (charity advertising) merupakan program majelis ta’lim Al-Khawarizmi Binus @Malang, yang berfokus dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dengan kolaborasi bersama Rumah Makan Rakyat. Kegiatan ini bertujuan untuk dapat membantu digital marketing mereka dengan pembuatan konten melalui sosial media. MT Al-Khawarizmi Binus @Malang membuka rekrutmen volunteer untuk mahasiswa di kegiatan Charverstising guna bermanfaat untuk seksama. Setelah mahasiswa mendaftarkan dirinya untuk mengikuti volunteering kegiatan ini, ada acara selanjutnya yakni briefing secara online di zoom meeting, briefing online ini mencakup seluruh konsep kegiatan acara Charverstising, mulai dari pengelompokkan, membahas tentang konsep, tema yang akan dibuat seperti apa per-kelompoknya, color palette, teknis upload video, dan laporan tiap kelompok. Setelah melakukan kegiatan briefing, para volunteer melakukan kegiatan volunteering secara onsite di Rumah Makan Rakyat, ada yang bertugas mengambil video, mewawancarai salah satu pengunjung, membantu relawan mencuci piring, membantu menyiapkan seluruh makanan untuk pengunjung, dan ada juga yang bertugas mengatur motor para pengunjung agar terlihat lebih rapi. Hal ini sangatlah bermanfaat karena para volunteer membantu pihak Rumah Makan Rakyat (Rumah Makan Rakyat) untuk meringankan pekerjaan mereka, dengan ini pihak Rumah Makan Rakyat mengatakan bahwa senang sekali jika diberlakukan kegiatan volunteering ini, karena bisa membantu mereka yang masih kekurangan relawan di Rumah Makan Rakyat. Saat kegiatan ini berlangsung, para volunteer melaksanakan tugasnya dengan baik, dan para volunteer tidak mengharapkan timbal balik dari pihak Rumah Makan Rakyat, karena hal ini sudah termasuk sukarela membantu orang lain, ikhlas adalah kunci dibalik kegiatan Charverstising ini.

Pembuatan konten dilakukan pada week ke 2, para volunteer melakukan proses editing, produksi konten sesuai format dan platform yang sudah dibagikan. Tugas yang diberikan tidak hanya pembuatan konten saja, tetapi ada storyboard, laporan tren, main project, dan secondary project, setiap anggota kelompok mendapatkan tugas, jadi tidak ada yang menganggur dalam mengerjakan tugas ini. Tiap kelompok memiliki topik yang berbeda-beda setelah mereka melakukan brainstorming bersama kelompoknya, bagaimana caranya agar topik mereka masuk di dalam kategori platform yang telah dibagikan, Facebook, Instagram, dan Tiktok.

Gambar 2: Story board salah satu kelompok

Memasuki week 3 (kelas media), para volunteer membuat template serta mengajarkan cara menggunakan tools yang digunakan, serta cara membaca trend pada platform tersebut ke pihak Rumah Makan Rakyat. Tugas ini diberikan secara rata terhadap kelompok-kelompok, dan sudah diberitahu topik apa yang akan mereka ajarkan kepada pihak Rumah Makan Rakyat terkait pembahasan tentang sosial media dan tools beserta alat penunjangnya. Selain mengajarkan pihak Rumah Makan Rakyat mengenai sosial media dan alat penunjangnya, awal pkm ini memang berfokus untuk membantu Rumah Makan Rakyat agar lebih banyak pengunjung, donatur, dan relawan yang ikhlas membantu, maka dari itu tim kami membuka volunteer para mahasiswa binus university untuk ikut serta dalam membantu memasarkan dengan pembuatan konten melalui sosial media.

Gambar 3 : Presentasi dari para volunteer kepada pihak RMR

Memasuki week terakhir yaitu week 4, yang di mana para volunteer berkumpul di Rumah Makan Rakyat secara bersama, dan mempresentasikan hasil tugas nya kepada pihak Rumah Makan Rakyat secara langsung. Setelah mempresentasikan hasil tugas nya, pihak Rumah Makan Rakyat akan melakukan sesi feedback, pihak Rumah Makan Rakyat mengatakan bahwa bagus untuk di unggah di media sosial, karena terlihat dari proporsi video nya yang begitu kreatif. Selain itu sebagai penutup Charverstising, akan diberikannya tugas individu tiap anggota kelompok untuk mengumpulkan video refleksi, video refleksi ini mencakup week 1 hingga akhir acara yakni week 4. Banyak dari video refleksi mereka yang mengatakan bahwasannya kegiatan ini memiliki banyak manfaat, salah satu manfaat nya adalah bisa membantu/bekerjasama dengan orang lain dan masyarakat.

Gambar 4 : para volunteer berkumpul di Rumah Makan Rakyat untuk mempresentasikan hasil tugas nya kepada pihak Rumah Makan Rakyat

Penulis :

1. Previta Izzati Silamakawih – Public Relations, B27,

Staff Divisi Kaderisasi MT Al-Khawarizmi Region Malang 2024/2025