LDK P MT Al Khawarizmi

Bismillahirrahmanirrahim,

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

 

Segala puji bagi Allah SWT kami panjatkan Tuhan semesta alam yang telah memberikan nikmat iman, islam dan kasih sayang kepada seluruh makhluk-Nya. Shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada Nabi semesta alam yakni Nabi Muhammad SAW, yang dengan kegigihan dan ketegasannya dalam mendakwahkan Islam sebagai landasan dan asas segala perbuatan, sehingga kita dapat menikmati indahnya Islam tanpa keraguan atas apapun.

Salah satu kewajiban umat Islam adalah berdakwah. Sudah sepatutnya kita umat manusia yang diciptakan untuk mengelola bumi serta isinya untuk menyampaikan kebenaran akan Islam dan mengajak kepada kebaikan. Dalam hal ini, idealnya sebuah organisasi membutuhkan aktivis yang bersedia jadi pengurus yang memenuhi agar organisasi tersebut dapat berjalan dengan baik. Tentunya MT Al Khawarizmi mengharapkan anggota-anggota aktivis terbaik yang memiliki komitmen, tanggung jawab, dan semangat dakwah yang tinggi dalam berorganisasi di MT Al Khawarizmi serta memahami kewajiban dan haknya sebagai mahasiswa untuk melanjutkan estafet kepengurusan. Sebab kondisi faktual yang terjadi saat ini dalam UKM MT Al- Khawarizmi adalah kami berencana untuk terus melanjutkan jalannya roda perorganisasian di MT Al-Khawarizmi.

Mengenai hal ini, Alhamdulillah kami mendapatkan anggota baru pada acara event PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) 2021. Di kondisi sekarang yang sedang menuju estafet kepengurusan baru dari organisasi kami, tentunya kami sangat membutuhkan para aktivis baru demi memperlancar jalannya kepengurusan MT kedepannya. Kami percaya bahwa kami dapat membangun MT Al Khawarizmi menjadi semakin lebih baik lagi untuk kedepannya tentunya dengan kerjasama yang baik antara pengurus dan calon aktivis yang berkualitas.

Dengan demikian, maka kami selaku pengurus MT Al Khawarizmi berencana untuk mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Pengurus yang merupakan salah satu dari Program Kerja MT Al Khawarizmi periode 2021/2022. Melalui kegiatan ini, UKM kerohanian MT Al Khawarizmi sebagai organisasi pengaderan akan menciptakan estafet kader kepengurusan yang memenuhi dari segi kualitas untuk membawa organisasi ini menjadi organisasi yang mumpuni dan menuju ke arah yang lebih baik lagi sehingga diharapkan dapat terus menyiarkan hal-hal baik di dalam kampus Binus University.

 

Jumat, 2 Juli 2021

Pada pukul 07.30 WIB, acara kegiatan LDK P (Latihan Dasar Kepemimpinan Pengurus) dimulai dengan pembukaan oleh MC yaitu Fatahillah Rachman. Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an beserta artinya yang dibawakan oleh Faiz labib Widiyanto. Selanjutnya ada kata sambutan ada kata sambutan oleh Muhammad Nawfal Rasyad selaku Ketua Umum MT Al-Khawarizmi 2021/2022 dan sambutan dari dibawakan oleh Bayu Reza Saputra selaku Ketua kegiatan LDKP 2021. Dilanjut dengan doa dan pembukaan acara. Setelah itu dilanjutkan dengan materi yaitu Strategic Planning oleh Kak Rabani Puja Ismani. Selanjutnya, diselingi game sebelum dilanjut dengan materi tentang Keuangan yang dibawakan oleh Ayu Hastuti. Pada pukul 10.30 WIB waktunya ishoma hingga pukul 12.40 WIB, walaupun ishoma zoom pun tetap aktif dengan keadaan mute dan offcam.

Setelah waktu ishoma selesai, ada ice breaking yang dibawakan oleh MC. Kemudian, melanjutkan materi tentang pembuatan kesekretariatan & administrasi oleh Chairunissa Salza Nadila selaku sekretaris umum MT Al Khawarizmi. . Setelah selesai materi terakhir, peserta diberi tugas berupa Analisis studi kasus dengan diberi akses barcode dan link untuk mereka kerjakan. Kemudian, ada sesi pengisian exit ticket untuk absensi para peserta, dan yang terakhir pendokumentasian yang diambil alih oleh tim media. Alhamdulillah acara LDK P hari pertama berjalan dengan lancar selesai pukul 14.00 WIB.

 

kumpulan pendokumentasian kegiatan LDK P hari pertama

 

Sabtu, 3 Juli 2021

 

Pada hari kedua, agenda kegiatan dimulai pukul 07.30 wib. Seperti biasa, agenda diawali tilawah Qur’an dan doa dari Faiz Labi widiyanto. Selanjutnya, ada Materi LDK P: regenerasi yang dibawakan oleh kak Dimas Andriyanto sebagai alumni MT. materi tersebut berisi tentang tahapan kaderisasi untuk memberi apa saja cara yang baik dalam menjalankan suatu kepengurusan. Setelah selalesai materi dari kak Dimas, kemudian acara diselingi games sebelum dilanjut ke materi berikutnya. Kemudian dilanjutkan dengan materi dengan topik Branding dari Nawfal Rashad. Setalah materi tersebut selesai, MC membacakan pemenang Games sekaligus pembagian hadiah untuk pemenang games pada hari kesatu dan kedua. Juga dibarengi pengumpulan tugas dari analisis studi kasus. Setelah itu acara ditutup dengan pembacaan doa. Acara pada hari kedua selesai pada pukul 11.00 wib.

 

kumpulan pendokumentasian kegiatan LDKA hari kedua

 

Alhamdulillah, selesai sudah seluruh rangkaian acara LDK P MT Al Khawarizmi 2021. Harapannya, dengan berjalan nya acara ini, MT Al Khawarizmi dapat semakin berkembang dan sukses. Aamin aamiin ya rabbal’alamin.

 

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.