Muslimah Day – La Tahzan for Muslimah

Bismillahirrahmanirrahim,

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kenikmatan yang banyak baik itu nikmat iman, nikmat sehat, maupun nikmat Islam. Nikmat tersebutlah yang menjadikan kami dapat merealisasikan acara Muslimah Day yang bertemakan La Tahzan for Muslimah dengan baik.

Pembukaan dan Pembacaan Peraturan Seminar

Sebelum dibukanya seminar, ruangan Zoom sudah terlebih dahulu dibuka pada pukul 08:30 WIB dengan menampilkan peraturan-peraturan yang harus ditaati peserta seminar selama seminar berlangsung.

Peraturan Seminar Muslimah Day – La Tahzan for Muslimah.

 

Selanjutnya, pada pukul 08:35 WIB, MC (Mutia Danyarsi) mulai membuka acara Muslimah Day. Saat pembukaan, terjadi juga dialog dengan peserta mengenai alasan peserta tersebut mengikuti Muslimah Day. Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan peraturan-peraturan yang sudah ditampilkan di awal sebelumnya. Seperti wajib menyalakan kamera, mematikan mikrofon, wajib menggunakan nama lengkap, dan lain-lain sebagainya.

Sambutan Ketua Pelaksana dan Ketua Keputrian

Sambutan Ketua Pelaksana Muslimah Day – La Tahzan for Muslimah.

 

Sambutan diawali dari Ketua Pelaksana (Adinda Hayucalya Nagata) yang mengucapkan terima kasih kepada pembicara yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir pada acara, kemudian kepada panitia serta peserta. Dilanjutkan dengan menginformasikan maksud dan tujuan dari Muslimah Day itu sendiri dan diakhiri dengan harapannya kepada acara Muslimah Day supaya dapat terlaksana dengan baik.

Dilanjutkan oleh Ketua Keputrian Regional Kemanggisan tahun kepengurusan 2020 (Nadya Octaviani) yang menyampaikan tentang fungsi dari Muslimah Day itu sendiri yang mana merupakan sebuah wadah yang diberikan oleh MT Al-Khawarizmi sebagai sumber ilmu pengetahuan dalam ruang lingkup muslimah.

Sambutan Ketua Keputrian MT Al-Khawarizmi Regional Kemanggisan.

 

Do’a dan Tilawah Qur’an

Do’a dan Tilawah Al-Qur’an oleh Ayu Hastuti.

 

Sebelum dimulainya materi seminar, ada baiknya diawali dengan do’a serta tilawah al-Qur’an. Do’a pembukaan yang dibacakan berharap semoga ilmu yang didapatkan dari acara ini dapat bermanfaat di kehidupan serta tidak menjadi ilmu yang sia-sia. Kemudian tilawah al-Qur’an yang dibawakan ialah surah Al-Baqarah ayat 153-157 yang menjelaskan perihal cobaan hidup manusia dan juga perintah untuk sabar dan salat apabila sedang ditempa cobaan hidup.

Perkenalan Narasumber

Perkenalan Narasumber Ratih Paramitha Chandra, M.Psi., Psikolog.

 

Pada perkenalan narasumber, MC memberikan waktunya kepada Moderator untuk mulai melakukan tugasnya. Moderator bertugas menemani narasumber dan memimpin forum diskusi supaya lebih terarah. Di sesi ini, Moderator membacakan profil serta portofolio dari narasumber. Narasumber telah berkecimpung di dalam dunia psikologi dalam kurun waktu yang tidak sebentar. Narasumber juga merupakan orang yang kredibel untuk memberikan materi seputar kesehatan mental yang mana mendukung tema Muslimah Day kali ini yaitu La Tahzan for Muslimah, yang artinya jangan bersedih bagi muslimah.

Seminar dari Narasumber

Materi dari Narasumber Mengenai Masalah Psikologis Terkait Pandemi COVID-19 di Indonesia.

 

Materi yang dibawakan narasumber seputar pada kesehatan mental di awali dengan data kesehatan mental di Indonesia yang mana sebanyak 64,3 persen dari 1.522 orang responden memiliki masalah psikologis cemas atau depresi setelah melakukan periksa mandiri via daring terkait kesehatan jiwa dampak dari pandemi COVID-19 yang dilakukan di laman resmi Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) (Sumber: Tirto.id). Kemudian, dilanjutkan mengenai pengertian kesehatan mental itu sendiri menurut WHO, “Sehat mental diartikan sebagai kondisi individu yang berada dalam keadaan sejahtera, mampu mengenal potensi dirinya, mampu menghadapi tekanan sehari-hari, dan mampu berkontribusi di lingkungan sosialnya,” (WHO, 2015). Narasumber juga mencantumkan beberapa kutipan dari cendikiawan Islam. Kemudian narasumber juga membantu peserta untuk melakukan periksa mandiri dengan menggunakan kuesioner dari WHO.

Sesi Tanya Jawab

Setelah narasumber usai menyampaikan seluruh materi, dibukalah sesi tanya jawab yang berlangsung dari pukul 10:05 WIB. Pertama-tama, peserta diharuskan untuk melakukan raise hand sebelum menyampaikan pertanyaannya. Peserta juga diperbolehkan untuk menyalakan mikrofon apabila ingin langsung berbincang dengan narasumber. Selain itu, peserta yang lebih suka menulis pertanyaannya, diperbolehkan untuk menyampaikan pertanyaan melalui kolom chat.

Sesi Tanya Jawab.

 

Bagi empat orang peserta yang beruntung, berkesempatan untuk mendapatkan doorprize senilai uang elektronik Rp. 50.000,-. Peserta sangat antusias dalam memberikan pertanyaan dan tidak sedikit pula peserta yang ingin berkomunikasi dua arah dengan narasumber. Sesi tanya jawab berlangsung secara aktif dan dua arah.

Pengisian Closing Ticket

Pengisian Closing Ticket.

 

Closing ticket merupakan kuesioner dalam bentuk Google Form yang harus diisi peserta apabila ingin mendapatkan sertifikat elektronik dan/atau SAT Points bagi BINUSIAN. Pada closing ticket peserta juga dapat menyampaikan kesan dan pesannya mengenai Muslimah Day – La Tahzan for Muslimah yang sudah tiba di penghujung acara. Peserta diberikan waktu hingga akhir acara untuk mengisi closing ticket, namun sesi ini hanya berlangsung selama 10 menit.

Pengumuman Doorprize

Pengumuman Doorprize.

 

Pada sesi pengumuman doorprize, MC menyebutkan pemenang dari penanya yang paling beruntung dari sesi tanya jawab. Pemenang yang beruntung akan dihubungi oleh panitia untuk mengetahui metode untuk pengiriman uang elektronik.

Foto Bersama dan Penutup

Foto Bersama Seluruh Peserta dan Panitia.

 

Di akhir acara, seluruh orang yang hadir berfoto bersama untuk keperluan dokumentasi. Peserta diimbau untuk menyalakan kamera untuk berfoto bersama. Setelah berfoto bersama, acara ditutup dengan do’a penutup yang kembali dibawakan oleh Ayu Hastuti.

Do’a Penutup.

 

Selesai sudah seluruh rangkaian acara Muslimah Day – La Tahzan for Muslimah. Semoga dengan berjalannya acara ini, seluruh hadirin dapat memetik ilmu serta manfaat yang bisa diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Aamiin ya rabbal’alamin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.