Benchmarking MT Al-Khawarizmi bersama Salam UI

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillahirabbil ‘alamin, puji syukur tak hentinya kami ucapkan karena Benchmarking 2020 yang bertemakan Improve Our Quality and Make it Changes yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Google Meet pada hari Ahad, 20 September 2020 pada pukul 13.00 hingga 15.36 bersama dengan Salam UI telah terlaksana dengan baik serta diikuti dengan antusiasme yang besar dari peserta yang merupakan pengurus MT Al Khawarizmi dan pengurus Salam UI.

 

Pembukaan

Gambar 1: Sesi Tilawah dan Sari Tilawah

 

Pada hari Ahad pukul 13.00 WIB, kegiatan Benchmarking Bersama Salam UI dimulai. Di awali dengan berdoa kepada Allah SWT supaya diberikan kelancaran selama berjalannya acara. Kemudian, pembacaan tilawah dan sari tilawah dibawakan oleh Dimas Aditya Nugraha.

 

Sambutan dari Ketua MT Al-Khawarizmi dan Salam UI

Gambar 2: Sambutan Oleh Ketua MT Al-Khawarizmi

 

Usai dibawakan tilawah, selanjutnya sambutan diberikan oleh Ahmad Baihaqy selaku Ketua Salam UI. Dilanjutkan sambutan oleh Muhammad Iqbal Sidiq selaku Ketua MT Al Khawarizmi BINUS. Keduanya sama-sama menyampaikan ucapan terima kasih satu sama lain karena sudah bersedia menghadiri acara Benchmarking ini dengan antusias dan tepat waktu.

 

Presentasi oleh Ketua MT Al-Khawarizmi dan Salam UI

Gambar 3: Presentasi Materi oleh Ketua LDK Salam UI

 

Dilanjutkan dengan materi presentasi tentang pengenalan Salam UI oleh Ahmad Baihaqy. Ia menjelaskan secara jelas dari mulai awal mula berdirinya Salam UI dari dulu hingga sekarang serta memberikan fakta-fakta seputar kinerja Salam UI di lapangan. Kemudian dilanjutkan dengan materi presentasi tentang pengenalan MT Al Khawarizmi oleh Muhammad Iqbal Sidiq. Serupa dengan Ahmad Baihaqy, Iqbal juga menjelaskan segala hal tentang MT Al Khawarizmi dengan komprehensif. Setelah sesi penyampaian materi tersampaikan, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab seputar pertanyaan mengenai materi yang telah disampaikan.

 

Sesi Focus Group Discussion (FGD)

Gambar 4: Sesi FGD per Divisi

 

Selanjutnya, sekitar pukul 13.55 WIB MC memberikan memberi imbauan untuk sesi FGD (Forum Group Discussion). MC mengarahkan peserta untuk masuk ke room FGD sesuai divisi masing-masing dengan memakai link Google Meet. Tiap FGD terdapat pengurus perdivisi dari MT Al Khawarizmi maupun Salam UI. Di FGD para peserta dapat saling sharing dan tanya jawab seputar program kerja, tugas-tugas, dan pengetahuan yang lainnya. Sesi FGD diberlangsungkan pada pukul 13.57-15.21.

 

Sesi Kesan dan Pesan

Gambar 5: Sesi Kesan dan Pesan

 

Setelah sesi FGD selesai para peserta diminta untuk masuk kembali ke Room Utama serta mengadakan sesi sharing singkat dengan Metro Retro kesan dan pesan selama sesi FGD berlangsung tadi. Banyak dari peserta yang mengatakan sangat puas dengan acara yang diadakan. Selain itu, banyak pula yang mengatakan kalau mereka mendapatkan banyak sekali ilmu selama sesi sharing per divisi. Banyak dari peserta juga yang saling memberi kontak masing-masing supaya bisa terus menyambung tali silaturahim.

 

Penyerahan Sertifikat

Gambar 6: Sesi Penyerahan E-Sertifikat Oleh MT Al Khawarizmi

 

Selanjutnya, sekitar pukul 15.26 masuk ke sesi penyerahan e-sertifikat untuk Salam UI dari MT Al Khwarizmi dan begitupun sebaliknya, dilanjutkan sesi terakhir, yaitu sesi dokumentasi. Kemudian, pada pukul 15.30-15.36 acara diakhiri dengan doa dan penutup.

 

Sesi Dokumentasi

Gambar 7: Sesi Dokumentasi

 

Selesai sudah seluruh rangkaian acara Bencmarking MT Al Khawarizmi 2020. Semoga dengan berjalannya acara ini, MT Al Khawarizmi dan Salam UI dapat meningkatkan Ukhuwah Islamiyyah dan sama-sama saling meningkatkan dakwah Islam di lingkungan Universitas masing-masing. Aamiin ya rabbal’alamin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.